Ngeri, Proses Pengobatan Orang Sakit Jaman Dulu

Apakah kamu termasuk orang yang merindukan masa lalu dimana belum banyak teknologi secanggih saat ini. Saat dimana semua hal dilakukan dengan cara tradisional. Pada zaman dahulu alam masih terjaga dimana udara masih bersih terbebas dari polusi dan kondisi alam yang masih terjaga dengan baik. Oleh karena itulah banyak orang yang berangan-angan kembali pada masal lalu.

Tapi kamu pasti akan berpikir ulang mengenai keinginan tersebut setelah selesai membaca artikel ini. Hal tersebut berkenaan dengan dunia pengobatan yang dilakukan pada zaman dahulu dimana ilmu kesehatan masih terbatas. Kalau masa sekarang ilmu pengobatan sudah berkembang pesat, banyak alat dan obat telah ditemukan untuk memudahkan proses pengobatan.

Hal tersebut sangat bertolak belakang dengan pengobatan zaman dahulu yang masih menggunakan peralatan dan pengetahuan yang terbatas. Ingin tahu bagaimana orang zaman dahulu melakukan pengobatan? Yuk, lihat penjelasannya di bawah ini.

 

Suntikan Tembakau ke Anus

Suntikan Tembakau ke Anus
happysmoke.ru

Karena minimnya pengetahuan tentang pengobatan, pada zaman dahulu tembakau dianggap sebagai salah satu obat yang dipercaya bisa mengobati banyak penyakit. Metode yang digunakan untuk pengobatannya juga sangat mengerikan. Kalau hal itu terjadi saat ini pasti tidak akan ada orang yang mau berobat lagi.

Pada zaman dahulu proses penyembuhan penyakit dengan tembakau dilakukan dengan cara menyuntikan tembakau lewat anus. Hal tersebut dilakukan karena meraka percaya hal tersebut bisa mengobatai sakit perut dan hernia. Tapi metode ini berlahan-lahan menghilang setelah orang mulai sadar tentang bahaya tembakau.

Sirup Penenang untuk Anak

Sirup Penenang untuk Anak
photobucket.com

Saat ini ada banyak jenis obat yang bisa digunakan untuk membuat anak-anak agar bisa tenang ketika diobatai. Seperti yang diketahui, anak-anak biasanya akan menangis karena takut dengan obat dan jarum suntik. Oleh karena itu sebelum diobati biasanya dokter menggunakan obat penenang pada anak.

Pengobatan pada zaman dahulu juga menggunakan obat penenang. Obat itu biasanya berupa sirup yang diberikan kepada anak-anak. Tapi jangan bayangkan obat sirup yang digunakan sama seperti obat zaman sekarang, karena bahan dari sirup tersebut adalah minuman yang mengandung opium, heroin dan morfin.

Melubangi Kepala

Melubangi Kepala
pixabay.com

Teknik pengobatan yang satu ini tergolong sangat ekstrem yakni dengan melubangi tengkorak kepala. Teknik pengobatan dengan melubangi tengkorak kepala ini disebut dengan trepanasi atau kraniotomi. Hanya dengan peralatan sederhana, para ahli bedah pada zaman dahulu menguliti kemudian melubangi tengkorak pasien.

Teknik pengobatan ini masih digunakan sampai saat ini oleh beberapa ahli bedah. Meskipun sudah menggunakan peralatan canggih trepanasi memiliki resiko yang sangat tinggi yakni terjadinya komplikasi infeksi. Jadi kamu bisa membayangkan betapa ngerinya orang zaman dahulu yang menggunakan teknik pengobatan ini hanya dengan peralatan sederhana dan tanpa obat bius.

Penggunaan Merkuri Berlebih

Penggunaan Merkuri Berlebih
photobucket.com

Merkuri atau air raksa merupakan salah satu jenis logam yang banyak ditemukan di alam. Biasanya cairan logam ini digunakan pada termometer untuk mengukur suhu panas. Tapi tahukah kamu? Tenyata pada zaman dahulu zat beracun ini digunkan untuk mengobati luka pada tubuh.

Biasanya bila ada yang terluka mereka akan segera membasuh luka tersebut dengan merkuri. Ahli pengobatan zaman dahulu meyakini bahwa cairan ini bisa menyembuhkan luka. Mereka tidak menyadari bahwa merkuri merupakan zat yang bisa menimbulkan kerusakan pada saraf.

Sirup Obat Batuk dai Heroin

Sirup Obat Batuk dai Heroin
pixabay.com

Pada abad ke-19 heroin digunakan sebagai obat batuk. Obat dari bahan berbahaya ini merupakan obat yang paling direkomendasikan karena dianggap ampuh untuk mengatasi batul membandel.

Tetapi saat ini metode ini sudah ditinggalkan mengingat sangat bahayanya obat ini karena bisa menyebabkan ketergantungan.

Tinggalkan komentar