Niat Mandi Wajib Setelah Haid Beserta Lafadz Bacaan dan Amalan Sunnahnya

NIAT MANDI WAJIB SETELAH HAID – Hai sobat satujam! pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai niat mandi wajib setelah haid. Hal ini harus benar-benar diperhatikan oleh kaum wanita, yang mayoritas di setiap bulannya mengalami hal ini. Secara umum, haid atau menstruasi yang dialami wanita berjalan selama 3 sampai 7 hari.

Nah, kita tahu bahwa orang yang menjalani masa haid tidak boleh melakukan ibadah wajib, seperti sholat rowatib, puasa wajib maupun sunnah, dan lain sebagainya. Untuk itu, bagi wanita yang sudah selesai/berakhir dari masa haidnya, maka dia wajib hukumnya untuk membersihkan dan mensucikan dirinya dengan mandi wajib sesudah masa haid berakhir.

Supaya lebih jelas dalam pembahasan niat mandi wajib setelah haid, simak terus penjelasan di bawah ini sampai tuntas.

Bacaan/Lafad Niat Mandi Wajib Sesudah Haid

Niat Mandi Wajib
i2.wp.com

Sebagaimana yang sedikit dijelaskan di atas, bahwa wanita yang sudah berakhir dari mas haidnya, maka dia wajib hukumnya untuk mandi wajib. Nah, yang perlu diperhatikan dalam mandi wajib tersebut adalah niat sebelum melaksanakan mandi wajib. Setelah itu barulah membersihkan seluruh badan dengan menyiram semua seluruh badan dari ujung rambut sampai ujung kaki secara merata.

Adapun bacaan niat untuk mandi wajib sesudah masa haid sebagai berikut.

Niat Mandi Wajib
tuntunanshalat.info

Hal-hal yang Sunnah Sebelum Mandi Wajib

Niat Mandi Wajib
ak6.picdn.net

1. Amalan yang sunnah sebelum menjalankan yang rukun yaitu niat dan membasuh seluruh tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki, yang pertama adalah membersihkan badan terlebih dahulu dengan membasuh semua kotoran atau najis yang ada di tubuh.

2. Di saat mulainya mandi membaca “Bismillaahir rahmaanir rahiim” .

3. Membasuh dengan mendahulukan yang kanan serta menghadap kiblat.

4. Membasuh badan hingga 3 kali.

5. Membaca doa wudhu serta berwudhu sebelum mandi wajib.

Nah, seperti itulah penjelasan mengenai niat mandi wajib setelah haid. Sekarang kita sudah tahu bahwa wanita yang sudah selesai dari masa haidnya, maka dia wajib bersuci yaitu dengan mandi wajib. Untuk itu, bagi para wanita harus benar-benar memperhatikan akan hal ini, agar setelah haid bisa suci lagi.

Sekiranya pembahasan mengenai niat mandi wajib setelah haid cukup bisa dipahami. Dan semoga bisa menambah pengetahuan serta bermanfaat untuk kita semua, wassalam.

 

Tinggalkan komentar