Lafadz Bacaan Niat Shalat Istikharah Beserta Pengertiannya

NIAT SHALAT ISTIKHARAH – Hai sahabat satujam! Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai niat shalat istikharah. Sebelum lanjut mengenai pembahasan inti, tahukah anda apa itu shalat istikharah? Nah,, bagi anda yang belum tahu dan penasaran untuk lebih mengetahui dan memahaminya lebih mendalam, mari simak ulasan-ulasan berikut ini.

Pengertian Shalat Istikharah

Niat Shalat Istikharah
wajibbaca.com

Shalat istikharah adalah suatu shalat yang dilakukan di lain shalat wajib, yang biasa dilakukan dengan 2 rakaat. Shalat ini dilakukan jika salah seorang muslim kebingungan dalam perkara-perkara yang mengharuskannya untuk memutuskan sesuatu yang pantas dan lebih baik untuknya dengan mengharap pertolongan Allah Ta’ala.

Bahkan, shalat ini sering dilakukan oleh seorang muslim yang dia itu kesulitan dalam memilih calon/jodoh. Selain itu juga banyak yang melaksanakan shalat ini jika seseorang mendapat masalah dalam pekerjaannya, dan lain sebagainya. Pada intinya, seorang muslim melakukan shalat ini sedang mengalami kebingungan ataupun keraguan dalam hal sesuatu.

Yang mana dengan melaksanakan shalat itu, mereka berharap agar amalan yang akan dilakukannya mendapat ridho dari Allah Ta’ala serta diberi kemudahan.

Dalam melaksanakan shalat istikharah ini bisa kapan saja baik itu waktu siang ataupun malam, yang terpenting bukan di waktu shalat lima waktu/shalat rowatib. Dan yang lebih baik/bagus, shalat ini dilakukan di pertiga malam/di malam hari. Sebab, di waktu itu anda bisa melaksanakan shalat dengan khusu’ dan tenang.

Lafadz Bacaan Niat Shalat Istikharah

Niat Shalat Istikharah
wikidakwah.blogspot.co.id

Lafadz bacaan niat istikharah ini jika ditulis dengan bahasa latin : “Usholli Sunnatal Istikhooroti Rok’ataini Lillaahi Ta’aala.” Adapun artinya adalah : “Aku berniat shalat sunnah istikharah 2 rakaat karena Allah Ta’ala.”

Sebagaimana yang dijelaskan di atas bahwa melakukan shalat ini dengan 2 rakaat saja, dan pelaksanaannya pun juga sebagaimana shalat sunnah biasa. Dari Al-Fatihah, kemudian membaca surat-surat yang lain, lebih ditekankan surat Al-Kafirun dan rakaat kedua membaca surat Al-Ikhlas. Kemudian lanjut sampai salam.

Nah, begitulah penjelasan mengenai niat shalat istikharah yang harus benar-benar kita niatkan karena ¬†mengharap ridho dari Allah Ta’ala. Sekiranya dengan ulasan diatas sudah cukup bisa dipahami dan semoga dengan ulasan ini bisa menambah ilmu serta bermanfaat untuk kita semua, sampai jumpa lagi, wasalam.

Tinggalkan komentar