10 Obat Batuk Alami Paling Manjur yang Bisa Kamu Coba

Batuk merupakan penyakit yang paling umum menyerang siapa saja, terutama ketika musim hujan dan pancaroba. Tentu bila terkena penyakit ini akan sangat mengganggu aktivitas yang kamu lakukan. Ada beberapa jenis batuk yang biasa menyerang seperti batuk kering, batuk berdahak, flu dan biasanya disertai dengan radang tenggorokan.

Batuk biasanya disebabkan oleh debu atau kuman yang merangsang selaput lendir pada tenggorokan. Hal inilah yang membuat tubuh bereaksi terhadap benda asing tersebut, tubuh akan mencoba mengeluarkan beda tersebut dengan cara batuk. Ada banyak cara untuk mengobati penyakit batuk, tetapi lebih baik menggunakan cara yang alami agar tidak menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Berikut 10 obat batuk tradisional dari bahan alami yang bisa kamu coba untuk mengobati penyakit batuk.

 

Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengobati Batuk
muslimahcorner.com

Sudah menjadi rahasia umum bila manfaat jeruk nipis salah satunya adalah untuk mengobati penyakit batuk berdahak. Batuk berdahak disebabkan oleh virus atau bakteri seperti influenza, tuberculusa dan campak. Untuk mengobati batuk berdahak dengan jeruk nipis bisa dilakukan dengan cara mencampur jeruk nipis dengan kecap manis.

Bila kamu tidak menyukai jeruk nipis maka bisa mencampur perasaan jeruk nipis dengan madu. Minum campuran air jeruk nipis tersebut 2-3 kali sehari.

Jahe

Jahe Untuk Mengobati Batuk Berdahak
kendimas.com

Tanaman jahe memiliki kandungan zat anti bakteri yang baik untuk tubuh. Selain bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh tanaman ini juga berkhasiat untuk mengobati batuk berdahak. Bila kamu terkena batuk berdahak bisa mengobatinya dengan mengkonsumsi jahe dengan cara dibuat minuman seperti wedang jahe.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan mengupas jahe lalu di geprek hingga gepeng. Setelah itu rebus jahe tadi dengan air campur sedikit gula merah lalu minum selagi hangat. Minumlah dua sampai tiga kali sehari.

Kencur

Kencur untuk Menobati Batuk Secara Alami
berbagi-kiat-sehat.blogspot.com

Kencur merupakan tanaman rempah yang banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman yang satu ini sangat ampuh untuk mengobati batuk bila dipadukan dengan jahe. Membuat obat batuk dari kencur bisa dengan cara memarut kencur dan jahe dengan perbandingan sama rata. Kemudian rebus parutan tadi pada air mendidih. Saring, buang ampasnya dan minum air hasil rebusan tersebut selagi masih hangat. Untuk hasil yang maksimal minum air rebusan kencur dan jahe setidaknya dua kali sehari.

Daun Sirih

Obat Batuk Alami dengan Daun Sirih
khasiatherba.com

Ternyata daun sirih tidak hanya baik buat wanita loe, tetapi juga bisa digunakan untuk mencegah penyakit batuk. Bagi kamu yang memiliki mobilitas yang tinggi tentu akan sangat terganggu dengan batuk sehingga tidak bisa menjalani semua aktivitas dengan normal.

Untuk itu batuk tersebut harus segera diatasi dengan membuat obatnya dari bahan tradisional seperti daun sirih. Cara membuat obat batuk dari daun sirih dengan merebus beberapa lembar daun sirih dan dicampur dengan sedikit irisan jahe. Minum hasil rebusan setiap hari satu kali agar tubuh tetap sehat dan hangat.

Belimbing Wuluh

Belimbing Wulu Sebagai Obat Batuk
wikimedia.org

Kamu pasti sudah tidak asing dengan buah yang satu ini bukan? Ya, rasanya yang sangat asam sering dipakai sebagai bumbu untuk membuat sayur masam atau kadang juga diolah menjadi manisan belimbing wuluh. Belimbing wuluh sangat ampuh untuk mengobati penyakit batuk.

Caranya, bersihkan 5-10 belimbing wuluh lalu parut hingga halus lalu peras. Saring air perasan tersebut untuk memisahkannya dari ampasnya. Masukan air hasil perasan belimbing tersebut ke dalam gelas lalu tambah sedikit garam. Agar batuk yang kamu derita cepat sembuh minum setiap pagi dan sore setiap hari.

Kunyit

Manfaat Kunyit Sebagai Obat Batuk Alami
mimunmedia.com

Kunyit termasuk tanaman rimpang yang memiliki banyak sekali manfaat. Kandungan anti-biotik pada kunyit bisa mengatasi radang pada saluran pernafasan yang mengakibatkan batuk kering. Untuk mengobati batuk dengan menggunakan kunyit bisa dengan cara haluskan kunyit dan teh bubuk merica.

Ambil setengah sendok teh bubuk merica dan satu sendok bubuk kunyit. Campur kedua bahan tersebut ke dalam segelas air mendidih, aduk hingga rata. Minum ramuan tersebut selagi masih hangat dua kali sehari.

Madu dan Cabe Jawa

Obat Batuk Tradisonal Cabe Jawa
guruilmuan.blogspot.com

Madu merupakan zat yang dihasilkan oleh lebah. Manfaat madu sangat banyak sekali yang digunakan untuk tubuh seperti untuk mengobati jerawat, memutihkan wajah serta baik untuk menjaga kesehatan seperti mengobati luka bakar, mencegah penyakit jantung dll. Selain itu madu juga sangat ampuh untuk mengobati penyakit batuk bila dipadukan dengan cabe jawa.

Caranya dengan menghaluskan 6 gram cabe jawa yang ditumbuk halus kemudian campur dengan satu sendok madu. Minum secara rutin setiap hari hingga sembuh.

Daun Kayu Putih

Daun Kayu Putih untuk Obat Batuk Tradisional
ayysa.com/

Kayu putih sudah terkenal sebagai salah satu obat untuk menghangatkan tubuh. Selain itu ternyata daun ini sangat mujarab untuk mengobati batuk secara alami. Caranya dengan cara merebus 10-15 gram daun kayu putih dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Kemudian minum air rebusan tersebut ketika masih hangat.

Asam Jawa dan Gula Merah

Asam Jawa Sebagai Obat Batuk
drdarman.ir/

Asam jawa biasanya digunakan untuk bumbu masakan. Selain digunakan sebagai bumbu masakan asam jawa juga bisa dipadukan dengan gula merah untuk mengobati penyakit batuk. Siapkan 10 daging asam jawa rebus dengan segelas air panas dan tambahkan gula merah secukupnya.

Aduk hingga rata dan tercampur sempurna lalu minum selagi masih hangat. Obat ini merupakan obat yang memiliki rasa asam manis sehingga sangat disukai oleh sebagian orang. Bagaimana tertarik untuk mencobanya?

Jahe Merah

Jahe Merah Obat Batuk Tradisional
infoagribisnis.com

Jika jahe biasa sangat cocok untuk mengobati batuk berdahak maka jahe merah memiliki fungsi yang sebaliknya, yaitu untuk mengobati batuk kering. Berbeda dengan batuk berdahak, batuk kering biasanya tidak disertai dengan dahak dan riak. Tetapi di tenggorokan akan terasa sangat sakit.

Untuk mengobati batuk kering dengan jahe merah bisa dengan cara mengupas jahe merah hingga bersih kemudian kunyah jahe tersebut. Telah air jahe merah dan buang ampasnya.

Satu pemikiran pada “10 Obat Batuk Alami Paling Manjur yang Bisa Kamu Coba”

Tinggalkan komentar