Inilah 7 Obat Batuk Kering Alami yang Paling Mujarab

Batuk adalah masalah yang sering dialami oleh setiap orang. Batuk bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik itu secara internal dan eksternal di dalam tubuh. Biasanya gejala batuk datang diawali oleh gejala pilek, namun ada juga yang disebabkan oleh virus yang menyerang.

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, banyak juga tersedia obat-obatan yang dapat digunakan. Namun, dikarenakan harga yang relatif mahal dan bahaya bahan-bahan kimia. Sering kali orang-orang lebih cenderung memilih obat alami dan tradisional yang juga tidak kalah ampuhnya dibandingkan obat tersebut.

Seperti telah diketahui bersama, negara Indonesia ini kaya akan rempah-rempah dan tanaman obat. Maka dari itu sebagai masyarakat yang kaya akan rempah-rempah tadi tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kekayaan alam tersebut. Nah, oleh karena itu bagi kamu yang sedang menderita penyakit batuk kering, dapat memanfaatkan tanaman obat di bawah ini untuk dijadikan sebagai obat. Mari disimak ya.

 

Bubuk Kunyit

theearthdiet.org

Bubuk Kunyit ternyata ampuh juga loh untuk menghilangkan batuk kering. Caranya pun sangat mudah, kamu hanya perlu memanaskan air di dalam panci, kemudian masukkan satu sendok teh bubuk kunyit dan satu sendok teh black pepper, serta kayu manis. Rebuslah bahan-bahan tadi selama kurang lebih 2-3 menit dan tambahkan madu murni kedalamnya. Setelah jadi, minumlah ramuan tadi dua kali dalam sehari hingga batuk kamu benar-benar hilang.

Teh Jahe

healthyfoodteam.com

Karena Indonesia memiliki rempah yang sangat melimpah termasuk jahe. Kamu pun dapat memadukan teh dengan jahe loh, untuk mengobati batuk yang kering. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengris 2-3 jahe yang telah dibersihkan sebelumnya. Kemudian campurkan pada gelas teh hangat. Minumlah campuran ini 2-3 kali dalam sehari secara teratur hingga batuk kamu reda.

Jeruk Lemon

huffpost.com

Jeruk lemon juga bisa menjadi pilihan andalan ketika kamu sudah bosan untuk mengonsumsi ramuan obat dari jahe ataupun bubuk kunyit. Kamu juga dapat membuat obat batuk sirup alami dari jeruk lemon. Cara membuatnya sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurkan 2 sendok makan perasaan air lemon dan satu sendok makan madu murni. Kunsumsilah sirup alami ini setiap hari hingga batuk yang kamu alami reda dan hilang.

Jahe Merah

Jahe Merah Obat Batuk Tradisional
infoagribisnis.com

Ternyata jahe merah pun juga ampuh mengatasi batuk kering loh. Cara membuatnya adalah siapkan jahe merah sebanyak besar ibu jari. Kemudian kunyah-kunyah hingga halus lalu telan airnya dan buang ampasnya.

Umbi Bidara Upas

indonesianplants.blogspot.com

Bidara Upas adalah salah satu jenis umbi-umbian. Bidara Upas ini enak juga kalau dimakan, seperti singkong rebus ternyata umbi yang satu ini juga sangat berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit, salah satunya batuk kering. Untuk membuat ramuan ini kamu hanya perlu mengambil umbi bidara upas sebanyak satu jari saja. Lalu dipotong-potong tipis, kemudian kunyah dan telah airnya. Sementara ampasnya kamu buang ya.

Asam Jawa dan Gula Merah

thebrazilianfoodie.wordpress.com

Asam jawa dan gula merah yang sering ditemui di dapur-dapur orang Indonesia sebagai bahan memasak. Selain untuk bahan masakan, ternyata asam jawa juga bisa loh untuk mengobati batuk kering. Caranya, kamu dapat mempersiapkan 10 daging buah asing. Lalu seduh dengan segelas aiir panas dan tambahkan beberapa gula secukupnya. Setelah itu aduk hingga rata dan tunggu hinggu tercampur seluruhnya, minumlah campurannya selagi hangat.

Kencur

1001budidaya.com
1001budidaya.com

Untuk mengobati batuk, kencur juga sangat manjur untuk mengobati batuk kering jika dipadukan dengan jahe. Caranya juga sangat mudah, kamu siapkan beberapa jahe dan kencur secukupnya. Lalu parutlah keduanya hingga halus lalu campur hingga merata. Rebus campuran kencur dan jahe tadi pada segelas air mendidih. Kemudian saring, buang ampasnya dan minum hasil rebusan tadi selagi masih hangat. Minumlah setidaknya dua atau tiga kali dalam sehari.

Tinggalkan komentar