Obat Alami yang Ampuh Mengatasi Diare

OBAT DIARE – Diare adalah salah satu penyakit yang menyerang saluran pencernaan yang disebabkan bakteri atau virus. Efek terkena penyakit ini akan membuat seseorang selalu buang besar berkali-kali dalam sehari. Selain itu feses juga hanya berupa cairan, hal tersebut disebabkan penyerapan usus mengalami ganguan sehingga tidak bisa bekerja sebagai mana mestinya.

Bila mengalami penyakit diare parah biasanya akan diikuti dengan mual dan muntah serta tumbuh akan merasa lemas karena kekurangan cairan. Bila penyakit ini terus-menerus menyerang tubuh kamu akan menyebabkan dehidrasi pada tubuh sehingga tubuh akan lemah dan pingsan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Oleh karena itu bila terkena penyakit ini kamu harus segera mengobatinya. Inilah obat diare atau mencret alami yang bisa kamu gunakan sebagai penanganan pertama apabila terkena diare.

 

Jambu Biji

viruspintar.blogspot.com
viruspintar.blogspot.com

Kamu bisa memanfaatkan jambu biji dan daun jambu biji sebagai obat untuk mengatasi penyakit diare. Sudah banyak orang yang telah membuktikan keampuhan dari obat ini. Caranya sangat mudah, kamu bisa langsung mengkonsumsi buah jambu biji secara langsung. Selain itu kamu juga bisa mengambil daun jambu yang masih muda lalu tumbuk dan beri sedikit garam.

Daun jambu ini akan menyembuhkan penyakit diare secara alami dan menghilangkan rasa sakit pada perut akibat diare. Kamu juga bisa mengunyah secara langsung pucuk daun jambu yang masih muda.

Akar Jeruk Nipis

Akar Jeruk Nipis
giardinaggio.it

Sebagian orang mungkin menganggap akar jeruk nipis tidak ada gunanya. Tapi ternyata akar jeruk nipis bisa dimanfaatkan sebagai obat diare yang alami. Ambil 8 akar jeruk nipis kemudian bersihkan dan cuci sampai bersih. Rebus akar tersebut dengan 12 gelas air putih sampai kira-kira tersisa 8 gelas air rebusan akar jeruk nipis.

Setelah air rebusan akar tersebut dingin gunakan untuk minum dua kali sehari yakni pada pagi dan sore hari. Lakukan hal tersebut secara rutin sampai penyakit diarenya sembuh.

Larutan Oralit

Larutan Oralit untuk Obat Diare
cara.media/

Salah satu obat alami yang paling ampuh untuk mengatasi diare adalah larutan oralit. Cairan oralit ini akan menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare sehingga badan tidak akan terlalu lemas. Kamu bisa membuat larutan oralit secara mandiri yakni dengan mencampur air putih dan garam.

Kalau tidak mau repot, kamu bisa mendapatkan obat ini di apotek terdekat. Cara meminum larutan ini tidak boleh langsung dihabiskan begitu saja. Caranya adalah dengan meminum 2 sampai 3 kali tegukan. Kemudian berhenti selama kurang lebih 3 menit. Lakukan langkah tersebut sampai larutan oralit habis.

Salah satu obat yang ampuh untuk mengatasi sakit diare dengan cepat adalah oralit. Oralit yang dikenal dengan larutan garam dan elektron ini ampuh untuk menekan frekuensi buang air besar yang tak wajar.

Kunyit

Manfaat Kunyit Sebagai Obat Batuk Alami
mimunmedia.com

Kunyit dikenal sebagai tanaman rempah yang memiliki khasiat untuk mengobati beberapa jenis penyakit diantaranya adalah diare. Untuk membuat obat diare alami dari kunyit sangat mudah. Ambil kunyit sekitar 1/2 jari dengan kapur sirih satu sendok teh dan satu gelas air putih.

Bersihkan kunyit kemudian cuci sampai bersih. Setelah itu rebus kunyit dalam satu gelas air sampai tersisa sekitar 1/3 air di dalam panci. Tambahkan kapur sirih kemudian aduk sampai merata. Setelah air rebusan kunyit dingin, saring air kemudian konsumsi 3 kali sehari. Minumlah beberapa kali sampai diare kamu sembuh.

Kunyit termasuk dalam salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran yang begitu luas seperti ke daerah Malaysia, Australia dan indonesia.

Hampir setiap orang indonesia dan India serta bangsa Asia lainnya pernah mengkonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan.

Selai itu kunyit merupakan ramuan alami yang bisa mengobati sakit diare. Cara pembuatannya yaitu, sangrai kunyit (goreng tanpa minyak) beras ketan sebanyak 100gram. Lalu, bakar 1 jari kunyit sampai hangus. Kemudian tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus dan seduh dengan air panas.

Aturan pakainya yaitu satu sendok makan untuk satu kali seduh. Minum ramuan ini 3 kali sehari untuk mengobati diare anda. Sebaiknya lakukan secara rutin sampai diare yang Anda derita benar-benar dirasa sembuh.

Daun Cabe

Red Savina Habanero
wikipedia.org

Ternyata cabe tidak hanya buahnya yang bermanfaat tapi daunnya juga. Kamu bisa membuat ramuan tradisional untuk mengobati diare secara alami. Ambil sekitar 10 lembar daun cabe besar yang telah dibersihkan sebelumnya kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu peras airnya dan tambahkan sedikit garam.

Minumlah ramuan alami ini secukupnya untuk membantu mengobati diare. Biasa satau sampai dua hari setelah meminum ramuan ini diare akan sembuh. Sehingga kamu bisa beraktivitas kembali dengan normal.

Air Kelapa

Air Kelapa
pohroh.desa.id

Air kelapa juga bisa digunakan sebagai obat alternatif untuk mengobati diare. Di dalam air kelapa banyak terkandung zat elektrolit yang bisa membantu menggantikan cairan tubuh serta membunuh bakteri penyebab penyakit diare.

Caranya juga mudah, kamu cukup minum air kelapa murni tanpa tambahan bahan apapun. Minumlah secara rutin sampai diare kamu sembuh dengan sempurna.

Yogurt

yogurt untuk diare
today.com

Yogurt adalah salah satu makanan yang banyak dijual dipasaran, tetapi masih banyak orang yang belum tahu bahwa makanan yang satu ini dapat menyehatkan pencernaan bahkan menjadi obat diare alami. Karena yogurt mempunyai kandungan bakteri baik (probiotik), terutama bakteri Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium yang berguna untuk menyehatkan pencernaan tubuh kita.

Bakteri baik dalam yogurt akan membantu memulihkan bakteri baik yang ada di dalam usus kita dan membunuh bakteri buruk yang menyebabkan diare. Sebuah studi pada tahun 2009 yang kemudian diterbitkan dalam buku Journal of American Medical Association, para ilmuwan menemukan bahwa probiotik bisa membantu mengurangi diare yang disebabkan oleh penggunaan antibiotik berlebih. Dan yogurt juga bisa mengobati diare yang disebabkan infeksi bakteri.

Cukup dengan 2 gelas kecil yogurt perhari, kamu sudah bisa merasakan khasiat yogurt untuk mengobati diare.

Pisang

pisang baik untuk diare
surabayastyle.com

Ketika seorang pasien mengalami diare, dokter akan menganjurkan untuk makan pisang matang, tujuannya adalah agar diare cepat sembuh. Kok bisa? karena pisang mengandung pektin tinggi.

Pektin adalah serat larut dalam air yang berguna untuk memadatkan feses sehingga dapat mengurangi diare. Selain itu, pisang juga mengandung kalium, elektrolit yang mendukung sejumlah fungsi penting dalam tubuh, termasuk sistem pencernaan.

Apple Cider Vinegar (Cuka Apel)

cuka apel untuk diare
penting.id

Obat diare alami lainnya yang mudah di dapat yaitu sari cuka apel. Di dalam cuka apel terkandung zat yang efektif untuk melawan bakteri penyebab diare. Dengan cara menambahkan satu sendok teh cuka apel ke dalam segelas air, cuka apel sudah bisa mengurangi rasa sakit dari diare. Minum larutan sekali atau dua kali sehari sampai diare reda.

Jahe

jahe untuk obat diare
obatherbalibuhamil.com

Tumbuhan jamu ini sudah sangat lazim digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk untuk mengobati penyakit diare. Jahe juga dapat digunakan dalam pengobatan keracunan makanan dan juga dapat membantu menyingkirkan kram dan nyeri perut. Dalam mengobati diare, Anda dapat menggunakan jahe ini dengan cara sebagai berikut:

  • Sediakan sepotong kecil jahe bersih kemudian parut. Lalu tambahkan satu sendok teh madu. Kemudian bisa langsung di konsumsi.
  • Hindari minum air segera setelah memakannya. Anda juga bisa minum teh jahe dua sampai tiga kali sehari untuk menyembuhkan diare.
  • Siapkan beberapa potong jahe ukuran sedang, iris-iris dengan ukuran sesuai selera kemudian rebuslah dengan air secukupnya sampai mendidih, saring, tunggu hingga hangat dulu lalu tambahkan madu sebelum diminum. Jika Anda tidak memiliki jahe segar, maka dapat menggunakan bubuk jahe.

Sup Wortel

sup wortel jagung
www.fayettevillemontessori.com

Sup wortel adalah makanan sehat yang diyakini memiliki efek antiseptic. Sup wortel sangat baik untuk anak-anak yang sedang memulihkan diri dari diare, karena memberikan nutrisi penting yang hilang selama diare. Untuk dapat menggunakan wortel sebagai obat diare alami, lakukan dengan cara di bawah ini:

  • Siapkan wortel sebanyak 500 gram, cuci, kupas, potong-potong sesuai selera.
  • Masaklah wortel seperti biasanya yakni dengan menambahkan satu-setengah cangkir air kemudian rebus sekitar 15 menit.
  • Tambahkan sedikit garam secukupnya. Makan sup wortel ini setiap hari selagi segar selama beberapa hari ketika Anda menderita diare.

Minyak Habbatussauda

habbatussauda untuk diare
attibminyaksauda.blogspot.com

Obat yang satu ini bukan hanya bisa mengobati diare, tetapi jintan hitam atau yang lebih dikenal sebagai habbatussauda ini juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit lainnya seperti asma dan sembelit. Untuk mengobati diare, kamu bisa menggunakannya dengan cara berikut:

  • Campurkan satu sendok teh minyak habbatussauda dalam secangkir yogurt.
  • Makan campuran ini dua kali sehari sampai gejala diare benar-benar hilang.

Teh Herbal

Untuk meredakan diare, terdapat dua jenis teh herbal, yaitu:

Teh Peppermint. Peppermint bisa menenangkan sekaligus juga meregangkan otot-otot yang terdapat di saluran pencernaan kita, seperti saluran usus, sehingga dapat mengurangi kejang.

Teh Chamomile. Chamomile ini lebih cocok kalau diberikan pada tubuh ketika diare sedang sering-seringnya. Efek yang diberikan oleh Chamomile adalah menenangkan usus-usus yang sedang kejang, serta dapat menurunkan risiko akan serangan radang usus.

Blueberry

Blueberry yang kering dapat kita gunakan untuk mengatasi diare. Tapi, tidak hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan. Akar blueberry pun memiliki manfaat sebagai salah satu obat untuk mengatasi diare. Caranya yaitu dengan merebus akar blueberry yang sudah kering dengan air dan garam.

Kaldu dan Garam

Untuk mengatasi diare, kita dapat menggunakan kaldu dengan campuran garam. Caranya yaitu dengan mencampurkan air kaldu tersebut bersama dengan garam, lalu aduklah hingga rata. Sebelum kita meminumnya, sebaiknya hirup dahulu dalam-dalam aroma kaldu-nya, baru setelah itu diminum.

Rebusan Daun Jambu

Daun jambu mempunyai kandungan yang bernama flavonoid yang dapat mengatasi penyakit diare. Cairan di dalam feses dapat dikurangi sedikit demi sedikit dengan zat flavonoid pada daun jambu.

Berikut ini cara membuat ramuannya:

  1. Siapkanlah 15 lembar daun jambu, lalu cucilah sampai bersih.
  2. Siapkanlah setengah liter air bersih.
  3. Siapkan juga satu sendok teh garam.
  4. Rebus daun jambu tadi bersamaan dengan air dan garam.
  5. Sisakanlah hanya setengahnya saja.
  6. Minumlah tiga kali sehari.

Sereal

Makanan sereal yang dibuat dari tepung tapioka dapat bermanfaat untuk mengatasi diare. Tepung tapioka lebih bisa diserap oleh penderita diare kalau dibandingkan dengan jenis makanan lainnya. Sereal pun dapat diberikan kepada anak sebagai makanan ketika diare.

Salak

Salak dapat membuat orang terkena sembelit. Kandungan rendah serat yang dikandungnya membuat salak dapat mengeraskan feses yang cair sehingga cocok kalau dikonsumsi oleh penderita diare. Dengan memakan salak, penderita diare akan mengalami sembelit sehingga feses tidak akan cair kembali. Salak dengan rasa sepat adalah salak yang direkomendasikan untuk mengatasi diare.

Kulit Jeruk

Kulit jeruk organik tanpa pestisida dapat digunakan untuk mengatasi diare. Caranya adalah dengan merebus kulit jeruk yang sudah dibersihkan, lalu meminum air rebusannya. Bisa juga ditambahkan dengan madu kalau mau.

Biji Fenugreek

Penelitian menemukan fakta bahwa biji fenugreek memiliki bermanfaat untuk mengatasi diare. Tapi pengobatan diare dengan memanfaatkan biji ini hanya cocok untuk orang dewasa saja. Anak-anak belum diperbolehkan untuk melakukan pengobatan dengan menggunakan biji ini. Caranya adalah dengan merebus biji fenugreek, lalu meminum air rebusannya. Minumlah air rebusan tersebut secara teratur yaitu tiga kali dalam sehari.

Sawo Muda

Sawo muda juga memiliki manfaat untuk mengatasi diare. Rasa sepat yang ada pada sawo muda sama halnya dengan rasa sepat pada jambu biji dan juga salak.

Cara membuat ramuan dengan memanfaatkan sawo muda adalah sebagai berikut ini :

  1. Siapkanlah satu buah sawo muda
  2. Siapkan juga satu sendok teh garam.
  3. Sediakan juga air matang secukupnya.
  4. Haluskan buah sawo tersebut hingga benar-benar halus.
  5. Setelah sawo menjadi halus, campurkanlah dengan garam dan air matang secukupnya.
  6. Aduklah sampai semua bahan-bahan tercampur dengan rata.
  7. Minumlah air ramuan tersebut sampai diare berhenti.

Kompresan Air Hangat

Penderita diare akan merasakan sakit perut yang teramat sangat. Untuk menghilangkan dan meredakan sakit perut tersebut, penderita dapat menggunakan kompresan air hangat. Caranya adalah dengan mengkompres perut dengan air hangat sambil berbaring.

Minum Air Hangat

Minum air hangat setiap pagi dapat membantu anda mengurangi sakit diare
RoseDiana Diary.com

Mengenai air sendiri adalah jenis senyawa yang sangat penting bagi semua kehidupan di bumi. Air hampir menutupi 71% permukaan bumi. Terdapat triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di bumi ini.

Air sebagian besar terdapat di laut dinamakan air asin dan pada lapisan-lapisan es tepatnya di kutub dan puncak-puncak gunung.namun juga dapat hadir sebagai hujan, awan uap dll.

Dari pandangan Biologi air mempunyai peran penting dalam adanya kehidupan. Air dapat menimbulkan reaksi yang bisa membuat senyawa organik. Semua makhluk hidup yang diketahui mempunyai ketergantungan terhadap air yang begitu tinggi.

Air merupakan zat pelarut yang penting untuk hidup dan bagian penting dalam proses metabolisme. Air juga dibutuhkan bagi tumbuhan untuk fotosintesis dan respirasi.

Dari sekian banyak manfaat air ternyata air (air hangat) juga bermanfaat untuk mengobati diare, hal ini karena pada saat diare, tubuh akan mengeluarkan banyak cairan sehingga anda perlu menambah pasokan cairan dengan banyak minum air.

Konsumsi Lah air yang cukup dapat mengurangi sekaligus menghindarkan anda dari dehidrasi, Kamu juga bisa meminum air putih, jus buah yang kaya akan kandungan air.

Hindari Konsumsi Alkohol

hindari minum alkohol saat anda menderita sakit diare
organicdetox.web.id

Alkohol sering digunakan untuk menyebut etanol yang juga disebut grain alcohol. Dan kadang juga digunakan untuk menyebut minuman yang mengandung alkohol. Hal tersebut karena memang etanol yang digunakan sebagai bahan dasar pada minuman tersebut, bukan mentol, atau kelompok etanol lainnya.

Begitu juga dengan alkohol yang dipakai dalam dunia farmasi, alkohol yang dimaksudkan dalam dunia farmasi adalah etanol sebenarnya alkohol dalam ilmu kimia mempunyai arti yang lebih luas lagi pembahasannya.

Untuk masalah diare alkohol dapat menganggu pencernaan sehingga usus tidak dapat bekerja sebagaimana seharusnya dan mengakibatkan diare. Jadi jika anda sedang sakit diare usahakan jangan minum alkohol dulu dan tunggu hingga diare anda sembuh, baru jika sudah sembuh anda dapat minum alkohol.

Istirahat yang Cukup

Dengan beristirahat dengan cukup dapat meredakan sakit diare yang berlebihan
waktuku.com

Setelah anda berusaha dan meminum beberapa obat maka beristirahatlah anda dapat mengatasi sakit diare dengan beristirahat yang cukup. Hindari tidur terlalu malam. Karena sistem pencernaan pun juga perlu  istirahat sehingga dapat pulih seperti sedia kala. Tidur dengan cukup bisa membantu anda meringankan gejala diare yang anda alami.

Obat dari Bahan Tanaman Obat

tanaman obat untuk menyembuhkan diare
sostavproduktov.ru

Jika diare dalam kondisi ringan dan belum sampai tingkatan kronis, langkah penanggulangannya cukup dengan memperbanyak minum air putih untuk mengganti cairan yang hilang, karena diare menyebabkan dehidrasi. Lebih baik dila dicampur dengan oralit untuk menyumbang sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ada juga obat diare alami yang terbuat dari bahan tanaman obat yang sudah terbukti membantu banyak orang terbebas dari diare.

Namun alangkah baiknya, sebelum mengkonsumsi obat herbal kita mengetahui dahulu jenis diare yang sedang dialami, agar proses penyembuhan dapat berjalan maksimal. Diare dalam kondisi akut masih bisa mengkonsumsi obat-obat herbal.

Apabila tidak kunjung pulih, kunjungilah dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Berikut adalah daftar tanaman obat yang bisa kamu jadikan obat diare :

Daun Kayu Putih

Bahan:

  • Daun kayu putih kering 6-10 gram
  • Air tawar 2 gelas

Cara mengolah :

  • 2 gelas air tawar di didihkan, setelah itu masukkan daun kayu putih kering
  • Tunggu hingga air tersisa sampai 1 gelas, minumlah 1 hari 1 gelas yang rutin hingga sembuh

Daun Sendok

Bahan :

  • Daun sendok segar 30 gram
  • Air tawar 3 gelas

Cara mengolah :

  • 3 gelas tawar dididihkan, kemudian masukkan daun sendok
  • Tunggu hingga air rebusan daun sendok tersisa 1 gelas
  • Minumlah 2 kali sehari masing-masing ½  gelas

Daun Prasman

Bahan :

  • Sediakan daun prasman secukupnya
  • Air panas 1 gelas

Cara mengolah :

  • Seduhlah daun prasman dalam gelas air panas yang sudah disediakan, lalu tunggu beberapa saat sembari diaduk
  • Kemudian saringlah airnya dan minum sehari satu kali

Daun Kesumba Keling

Bahan :

  • Daun kesumba keeling setengah genggam
  • Air tawar 2 gelas

Cara mengolah :

  • Cucilah daun kesumba keeling hingga kotorannya hilang
  • Rebuslah daun kesumba keeling bersama 2 gelas air sampai tersisa 1 ½ gelas
  • Bagilah menjadi 2 bagian untuk diminum pagi dan sore
  • Untuk hasil yang maksimal tambahkan madu sebelum diminum

Daun Komfrey

Bahan :

  • Daun komfrey segar 4 lembar
  • Air tawar 4 gelas
  • Garam halus secukupnya

Cara mengolah ke 1 :

  • Lemaskan daun komfrey dengan menggunakan garam halus, kemudian cucilah daun komfrey
  • Makanlah 2 kali sehari daun komfrey yang sudah dicuci sebagai lalapan sayur atau bisa juga dengan mengunyahnya tanpa nasi

Cara mengolah ke 2 :

  • Masukkan daun komfrey yang sudah dicuci bersih ke dalam blender
  • Tuangkan 1 ½  gelas air tawar
  • Kemudian saring dan minumlah sari dari daun komfrey 2 kali sehari

Cara mengolah ke 3 :

  • Daun komfrey yang sudah dicuci bersih direbus dengan 4 gelas air tawar sampai mendidih
  • Tunggu sampai air didihan tersisa 3 gelas
  • Saring air didihan daun komfrey dan minumlah 3 kali sehari masing-masing 1 gelas

Bubuk Kulit Kayu Manis

Bahan :

  • Bubuk kulit kayu manis 1 ½ gram
  • Air panas secukupnya

Cara mengolah :

  • Seduhlah bubuk kulit kayu manis di dalam air panas, setelah itu saring airnya
  • Tunggu hingga dingin dan minumlah 2 kali sehari masing-masing 1 gelas

Tanaman Anting-anting

Bahan :

  • Tanaman anting-anting kering 40 gram
  • Air tawar 2 gelas

Cara mengolah :

  • Cucilah sampai bersih tanaman anting-anting, kemudian rebus bersama 2 gelas air matang tawar
  • Tunggu sampai air rebusan tersisa 1 gelas
  • Kemudian minumlah air rebusan ini 2 kali sehari masing-masing ½ gelas

Tinggalkan komentar