Ternyata 6 Obat Alami ini Ampuh untuk Menghilangkan Panas Dalam

Salah satu penyakit yang sering menyerang ketika terjadi perubahan musim adalah panas dalam. Penyakit ini sering tiba-tiba menyerang ketika perpindahan musim hujan ke kemarau atau sebaliknya. Panas dalam bisa menimbulkan penyakit lainnya seperti sariawan dan tenggorokan kering. Panas dalam dapat menyerang siapapun, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Panas dalam juga dapat dipicu dari kegemaran kamu makan makanan yang pedas. Selain itu, kurangnya minum air putih dan konsumsi buah-buahan juga bisa menyebabkan penyakit ini menyerang. Intinya, panas dalam terjadi ketika kamu kekurangan vitamin C.

Gejalanya biasanya muncul pecah-pecah di bibir, tenggorokan kering dan sakit, serta bau nafas tidak sedap. Beberapa hal tersebut akhirnya membuat kondisi badan kita terasa tidak fit. Namun kamu tidak perlu khawatir, beberapa obat berikut ini dapat membantu kamu untuk mengatasi panas dalam.

Kencur

scarrymo.wordpress.com
scarrymo.wordpress.com

Kamu tidak perlu buru-buru ke dokter untuk periksa dan minta obat kimia. Coba dulu pengobatan alami yang tidak memiliki resiko efek samping. Salah satunya adalah kencur, kencur dipercaya dapat mengobati panas dalam. Caranya adalah dengan menyeduh parutan kencur kemudian campurkan dengan madu. Minum 2 kali sehari agar penyembuhanya dapat maksimal.

Cincau

hmf.fa.itb.ac.id
hmf.fa.itb.ac.id

Cincau sering kita jumpai pada sebuah minuman yang banyak dijual di pasar atau pinggir jalan. Selain enak dan menyegarkan, cincau ternyata juga bisa dijadikan sebagai obat panas dalam. Namun perlu kamu tahu, untuk dijadikan obat, sebaiknya cincau jangan dicampurkan dengan es, bisa jadi panas kamu malah semakin menjadi-jadi.

Konsumsi secara rutin cincau secukupnya agar panas dalam segera hilang.

Air Garam

www.wisegeek.org
www.wisegeek.org

Mungkin obat yang satu ini adalah yang paling simpel dan mudah dicari. Hanya dengan air garam, ternyata kamu bisa segera sembuh dari panas dalam yang menyebalkan. Caranya cukup mudah, campurkan air dengan garam secukupnya.

Secara rutin berkumurlah dengan menggunakan air garam tersebut. Hal ini bisa meredakan iritasi karena udara kering dan alergi yang timbul karena panas dalam.

Madu dan Lemon

www.lifehack.org
www.lifehack.org

Madu memang sangat kaya akan manfaat, walaupun rasanya manis, madu ternyata tidak menimbulkan penyakit gula yang sering diderita orang tua. Selain itu, madu ternyata bisa menyembuhkan panas dalam.

Kombinasikan madu dengan lemon agar khasiatnya lebih mantab. Caranya adalah dengan campurkan madu dan perasan lemon, kemudian seduh menggunakan air hangat. Konsumsi secara rutin dan panas dalam kamu akan segera hilang.

Jeruk

ayorange.wordpress.com
ayorange.wordpress.com

Selain lemon, untuk mengobati panas dalam kamu juga bisa menggunakan jeruk. Kamu tahu bahwa penyebab utama panas dalam adalah kurangnya vitamin C. Jeruk adalah solusi mudah untuk menutupi kekurangan tersebut, kandungan vitamin C pada jeruk sangat ampuh untuk mengobati panas dalam kamu.

Konsumsi jeruk secara rutin, dan rasakanlah hasilnya. Mana ada obat panas dalam yang rasanya enak tapi khasiatnya ampuh selain jeruk?

Makanan Laut

www.errigalseafood.com
www.errigalseafood.com

Selain jeruk, sesuatu yang enak namun bisa menjadi obat adalah makanan laut. Makanan laut kaya akan turin yang mengurangi sakit pada perut. Rasa sakit pada perut tersebut bisa jadi indikasi adanya panas dalam. Sehingga ketika gejala tersebut muncul, segeralah konsumsi makanan laut yang sesuai dengan selera kamu.

Makanan laut memang enak dan sangat ampuh untuk dijadikan obat panas dalam, namun ingat, beberapa orang alergi dengan makanan laut. Jadi bagi kamu yang alergi makanan laut, kamu bisa mencoba obat lain seperti beberapa daftar di atas.

Tinggalkan komentar