Obat Alami untuk Sakit Gigi

Kalau kamu sakit gigi, melakukan kegiatan pasti akan terasa tidak nyaman. Saat makan jadi terasa tidak enak, berbicara terganggu, bahkan bekerja pun jadi tidak konsentrasi gara-gara sakit gigi. Ada banyak hal yang menjadi penyebab gigi menjadi berlubang dan terasa sakit, contohnya seperti sering memakan makanan yang manis, salah ketika menyikat gigi, jarang sikat gigi dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

Sakit gigi terutama gigi berlubang, biasanya menyerang gigi geraham. Padalah, gigi geraham merupakan gigi yang kita gunakan untuk mengunyah, jadi kita akan kesulitan saat makan. Nah, kalau gigi kamu lubangnya sudah terlalu besar, lebih baik langsung bawa ke dokter gigi. Tapi sebelum pergi ke dokter, kamu bisa mencoba menyembuhkan sakit gigi dengan cara alami nih.

 

Cengkeh

Cengkeh kering
desagebang.wordpress.com

Menggunakan cengkeh sebagai obat untuk sakit gigi sudah dilakukan oleh orang-orang dari zaman dulu. Cengkeh mempunyai senyawa antioksidan, anti inflamasi, anti bakteri dan bersifat sebagai anestesi yang dapat menyembuhkan luka dan membunuh bakteri pada gigi yang berlubang.

Cara menggunakan cengkeh untuk mengobati sakit gigi adalah dengan meneteskan minyak cengkeh pada satu gelas air, kemudian gunakan untuk berkumur. Selain itu, kamu juga bisa meneteskan langsung minyak cengkeh atau dengan menggunakan kapas pada gigi yang berlubang.

Jeruk Nipis

caramenghilangkanjerawatalananospray.blogspot.com
caramenghilangkanjerawatalananospray.blogspot.com

Jeruk nipis ternyata dapat dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi sakit gigi. Cara menggunakannya cukup mudah, tinggal teteskan saja perasan jeruk nipis pada gigi yang berlubang. Pertama kali memang terasa perih, tetapi kemudian rasa sakit giginya akan cepat hilang.

Di dalam jeruk nipis terdapat banyak kandungan vitamin C. Nah, kandungan vitamin C itulah yang dapat menyembuhkan sakit gigi karena gigi berlubang.

Bawang Putih

Sayuran Bawang Putih
thelucidnutritionist.net

Bawang putih mempunyai sifat antibiotik yang dapat digunakan untuk membunuh bakteri pada gigi berlubang. Penggunaan bawang putih akan meredakan sakit gigi sehingga tidak terasa nyeri lagi.

Cara menggunakan bawang putih untuk mengatasi sakit gigi adalah dengna mengambil satu siung bawang putih kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu tambahkan sedikit garam dan campur sampai rata. Oleskan tumbukan bawang putih dan garam tadi pada gigi yang terasa sakit. Lakukan secara rutin sampai sakit gigi yang kamu rasakan sembuh.

Bawang Merah

Sayuran Bawang Merah
amazing-seeds.com

Selain bawang putih, bawang merah ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati sakit karena gigi berlubang. Bawang merah juga mempunyai sifat anti mikrobia dan antiseptik yang dapat meredakan sakit gigi.

Cara menggunakan bawang untuk mengobati sakit gigi adalah dengan mengambil satu buah bawang merah yang sudah dikupas kulitnya. Kemudian kunyah bawang merah tersebut menggunakan gigi yang berlubang.

Garam

carapedia.com
carapedia.com

Sudah dari zaman dahulu garam digunakan untuk mengobati gigi yang berlubang. Garam yang digunakan untuk mengobati sakit gigi adalah garam beryodium.

Cara menggunakan garam untuk mengobati sakit gigi adalah dengan mencampur sedikit garam kedalam air panas. Setelah itu, gunakan air garam tersebut untuk berkumur. Lakukan beberapa kali, lama-lama sakit gigi kamu akan menghilang.

Daun Jambu Biji

viruspintar.blogspot.com
viruspintar.blogspot.com

Selain dipercaya untuk mengobati diare, daun jambu biji ternyata juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi yang alami. Kamu cukup mengambil daun jambu biji, kemudian bersihkan, lalu kunyah. Atau bisa juga ditumbuk dahulu kemudian oleskan pada gigi yang sakit.

Biji Asam Jawa

Asam Jawa Sebagai Obat Batuk
drdarman.ir

Biji asam jawa ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Cukup ambil beberapa biji asam jawa. Kemudian sangrai sampai agak kering. Lalu tumbuk sampai halus, kemudian oleskan pada gigi yang terasa sakit.

Lada

Lada atau Merica
ongkics.wordpress.com

Lada atau merica juga dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Caranya cukup mudah, ambil beberapa butir lada dan garam, kemudian haluskan. Tambahkan sedikit air sampai bentuknya menjadi seperti pasta. Oleskan pasta lada pada bagian gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit, setelah itu berkumurlah menggunakan air bersih. Lakukan beberapa kali sampai rasa sakit pada gigi hilang.

Tinggalkan komentar