Beginilah Cara Mengobati Telat Datang Bulan Secara Alami

Siklus mentruasi sudah menjadi rutinitas setiap bulan yang dialami oleh wanita dewasa. Siklus yang terjadi pada wanita tidak selalu sama antara wanita satu dengan lainnya. Ada yang rutin dengan tanggal yang sama pada saat mentruasi, ada pula siklus bulannya maju ataupun mundur. Namun, terkadang ada juga siklus mentruasinya terlambat hingga 3 bulan lamanya.

Normalnya seorang wanita akan mengalami masa suci atau masa setelah mentruasi. Masa setelah mentruasi terjadi minimal 15 hari setelah mentruasi pertama selesai untuk menstruasi kembali. Namun, jika lebih dari 15 hari bahkan lebih kamu perlu periksa siklus bulanannya ke dokter.

Sebenarnya kamu tidak perlu khawatir dengan siklus mentruasi yang tidak teratur, karena di zaman modern seperti ini banyak sekali pengobatan alami. Beberapa di antaranya adalah penjelasan di bawah ini, mari disimak ya.

 

Hindari Stres dan Aktifitas Berlebihan

kipmi.or.id
kipmi.or.id

Stres dapat dipastikan selalu menyerang setiap orang, baik itu stres karena banyaknya pekerjaan ataupun yang lainnya. Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan terhambatnya siklus menstruasi, hal ini disebabkan oleh kinerja otak yang berlebihan.

Selain stres, aktifitas yang berlebihan juga dapat mempengaruhi siklus mentruasi kamu loh. Sebaiknya untuk menjaga siklus mentruasi tetap normal, hindari stres dan jangan melakukan aktifitas yang membuat kamu lelah.

Konsumsi Buah dan Daun Pepaya

Daun pepaya
kertasvanilla.com

Mengonsumsi buah yang kaya akan serat adalah salah satu cara untuk mengatasi terlambatnya datang bulan. Kandungan serat yang tinggi dapat membantu melancarkan mentruasi pada dinding rahim, sehingga dapat mempercepat siklus mentruasi.

Nah, salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi terlambat datang bulan adalah buah Pepaya. Dengan mengonsumsi 250 gram buah pepaya setiap pagi dan setelah makan, maka siklus mentruasi kamu akan lancar setiap bulannya.

Tidak hanya buah yang dapat melancarkan haid, daun pepaya juga dapat melancarkan haid. Kamu dapat membuat ramuannya dengan cara ambil beberapa helai daun pepaya yang masih mudah dan segar, kemudian cuci hingga bersih. Rebuslah dengan air dengan perbandingan 2 helai daun pepaya untuk satu gelas air.

Setelah airnya mendidih, tambahkan asam dan garam, setelah semua tercampur rata minum ramuan ini ketika masih hangat.

Perbanyak Minum Jamu Kunyit Asam

konsultasiusaha.com

Ramuan jamu ini sudah sangat terbukti dan terpercaya untuk membantu mengtasi terlambatnya datang bulan. Kamu bisa membuatnya ataupun membeli racikan yang sudah jadi. Dengan mengonsumsi ramuan jamu ini secara teratur, baik itu sebelum atau sesudah mentruasi. Jamu ini mampu memperlancar dan mengatasi masalah terlambat datang bulan. Jamu ini juga memberikan manfaat lainnya loh, yaitu dapat melangsingkan tubuh kamu secara alami dan membantu menjaga kesehatan pada kulit.

Olahraga dan Istirahat yang Cukup

lighthouse-indonesia.com
lighthouse-indonesia.com

Salah satu pola hidup sehat adalah dengan menjaga rutinitas olahraga. Selain mendapatkan kebugaran bagi tubuh, olahraga yang teratur juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi terlambatnya datang bulan yang ampuh dan aman. Selain berolahraga, porsi istirahat dan tidur yang cukup juga bisa mengatasi terlambatnya datang bulan yang kamu alami.

Jeruk Nipis

Membersihkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis
www.bbcgoodfood.com

Buah jeruk nipis juga sangat bagus loh untuk melancarkan haid. Hail ini disebabkan karena kandungan jeruk nipis seperti vitamin, fosfor, mineral, kalsium, kalori, asam karbonat, lemak, dll. Sangat membantu sekali dalam memperlancar siklus mentruasi.

Hal ini juga disampaikan oleh Dr. Setiawan Dalimartha bahwa jeruk nipis sangat bagus untuk memperlancar haid. Kamu juga dapat mengolahnya, caranya siapkan perasan jeruk nipis sebanyak tiga sendok makan, campur dengan satu sendok madu dan dua gelas air hangat. Kemudian, aduk campuran tersebut hingga rata dan minum selagi masih hanat. Minum ramuan ini sebanyak tiga kali dalam sehari.

2 pemikiran pada “Beginilah Cara Mengobati Telat Datang Bulan Secara Alami”

  1. Rasanya kurang lengkap sb banyak yg memakai pembalut daur ulang yg mengandung clorin dan dioksin yg sangat berbahaya bagi rahim. Sebaiknya ganti pembalut anda dgn yg aman, bebas dioksin dan bkn daur ulang. Coba liat disini : CremeCollection.BisnisSaya.com

  2. Selain dengan cara yang sudah di jelaskan di atas juga bisa menggunakan ramuan jahe yang juga di percaya ampuh untuk mengatasi telat datang bulan,

Tinggalkan komentar