6 Obat Tradisional yang Ampuh untuk Menurunkan Asam Lambung Berlebih

Asam lambung yang berlebih akan menyebabkan gangguan di lambung kita sehingga menyebabkan perut kembung, mual dan mulas yang sangat mengganggu aktifitas sehari-hari kita.

Apabila hal ini terjadi dalam jangka waktu yang panjang, ia akan mengakibatkan penyakit-penyakit lainnya pada organ penting dalam tubuh. Oleh karena itu, masalah ini perlu diselesaikan sedini mungkin.

Kalau kamu mempunyai dana yang banyak, kamu bisa pergi ke dokter untuk menyembuhkannya. Tapi kalau kiranya uang yang ada sangat terbatas untuk kepentingan lainnya, kamu bisa membuat ramuan obat tradisional yang ampuh dengan budget minim yang akan kami bagikan sebentar lagi.

Kamu tidak perlu khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena biayanya murah, karena ramuan tradisional berikut ini sudah terbukti ampuh sejak zaman dahulu tanpa menimbulakn efek samping yang berbahaya karena terbuat dari bahan alami.

 

Meniran

obatalamiherbalsehat.blogspot.com
obatalamiherbalsehat.blogspot.com

Tanaman yang mempunyai nama latin Phillanthus Urinaria ini merupakan jenis tanaman yang batangnya bulat dan tinggi rata-rata setengah meter.

Meniran sudah terkenal sebagai salah satu tanaman obat yang mampu mengobati berbagai masalah organ dalam tubuh.

Cara menggunakan meniran sebagai obat cukup mudah. Siapkan 1 genggam batang dan daun meniran yang sudah dicuci bersih. Kemudian rebus batang dan daun meniran tadi di air panas dengan takaran sekitar 3 gelas standar. Biarkan mendidih dan menguap sampai tersisa sekitar 1 gelas air untuk dikonsumsi. Setelah tersisa 1 gelas, maka matikan api dan biarkan minuman tadi dingin. Ketika sudah dingin kamu bisa saring batang dan daun meniran, lalu minum dengan dicampur sedikit madu agar tidak terlalu pahit. Minum 3x sehari.

Cincau

v1olet.blogspot.com
v1olet.blogspot.com

Cincau merupakan agar-agar yang dihasilkan dari perendaman daun cincau. Pembentukan agar-agar bisa terjadi karena daun tanaman ini mengandung zat karbohidrat yang bisa mengikat molekul air.

Apabila kamu tidak menjumpai tukang es cincau yang bisa diminta cincaunya sajau, kamu bisa membuat agar-agar cincau sendiri dengan langkah-langkah berikut.

Siapkan 80 gr daun cincau yang sudah dicuci, lalu tumbuk hingga halus. Tumbukkan halus daun cincau ini bisa direbus dengan air matang hingga mendidih. Apabila air daun cincau sudah mendidih, pindahkan ke wadah yang cukup untuk menampungnya sembari disaring agar air cincau bersih dari daunnya. Tambahkan sedikit air kapur sirih agar agar-agar menjadi lebih kental. Biarkan hingga cairan tadi menggumpal seperti agar-agar.

Apabila sudah berbentuk agar-agar, kamu bisa memotongnya sesuai selera, kemudian dimakan dengan ditambah madu. Makanlah cincau dengan takaran 1 cangkir sebanyak 3x sehari.

Kunyit

kunyit
Tanaman obat yang juga biasa disebut kunir ini adalah tanaman asli dari Asia Tenggara. Sepertinya, hampir semua orang Indonesia sudah pernah mengonsumsinya baik dalam bentuk bumbu makanan maupun obat.

Untuk digunakan sebagai obat penurun asam lambung, kamu hanya perlu menyiapkan 2 buah kunyit sebesar jari jempol. 2 kunyit tadi kemudian dikupas dan diparut. Parutan kunyit lalu ditambahkan dengan setengah gelas air matang untuk diambil air perasannya. Nah, air perasan inilah yang bisa kamu konsumsi 2x sehari setiap sebelum sarapan dan sebelum tidur.

Mentimun

informasiteraktual.com
informasiteraktual.com

Mentimun yang dalam bahasa Inggris disebut dengan cucumber adalah tanaman yang biasa dipakai untuk tambahan lalapan makanan. Mentimun juga bisa kita manfaatkan kandungannya untuk menurunkan asam lambung yang berlebih.

Untuk memanfaatkannya, kamu harus menyiapkan terlebih dahulu buah timun yang segar. Ciri-ciri timun yang masih segar adalah warnanya hijau tua dan hanya memiliki sedikit garis-garis kuning, apabila sudah berwarna kekuningan itu menandakan timun sudah agak layu. Mentimun segar ini bisa kamu konsumsi setiap 2 jam sekali dengan takaran, 2 potong mentimun dengan panjang masing-masing 1 cm.

Pisang

cambon.id
cambon.id

Pisang mengandung zat yang dapat mengontrol asam pada lambung, sehingga apabila lambungmu mengalami kekurangan asam, kamu bisa memenuhi kebutuhan asam lambung dengan mengonsumsi pisang. Demikian pula sebaliknya, jika terlalu banyak asam di lambung, pisang bisa menurunkannya.

Cara penggunaannya adalah pertama, pilih pisang yang tidak terlalu matang. Pisang ini kemudian diiris tipis-tipis seperti keripik, lalu keringkan dengan menjemurnya di bawah terik matahari atau di-oven. Setelah kering, haluskan pisang dengan ditumbuk sampai benar-benar halus seperti tepung. Tepung pisang ini digunakan dalam campuran air madu yang bisa kamu minum 2x sehari pada pagi dan sore dengan takaran 2 sendok makan setiap pemakaiannya.

Lidah Buaya

1000macammanfaat.com
1000macammanfaat.com

Lidah buaya sudah dimanfaatkan untuk berbagai macam obat kecantikan dan kesehaan karena berbagai macam zat yang terkandung di dalamnya.

Salah satu zat yang terkandung di dalam lidah buaya adalah zan magnesium laktat. Menurut identifikasi para ahli, zat ini dapat difungsikan untuk menghambat serta mengurangi asam lambung yang kelebihan.

Kamu hanya perlu meminum selembar gel yang ada di dalam lidah buaya untuk sekali pemakaian. Kalau terasa terlalu pahit atau agak aneh, kamu bisa meminumnya disertai dengan madu. Kalau kamu sedang hamil, tidak dianjurkan memakai ramuan ini.

Tinggalkan komentar