Objek Wisata di Bandung yang Murah dan Memuaskan

Sudah menjadi rahasia umum, ketika weekend kota Bandung dipenuhi oleh kendaraan berplat nomor Jakarta. Memang kota yang dijuluki Paris Van Java ini memiliki udara yang sejuk karena lokasinya yang berada dipegunungan, sehingga sering menjadi tempat tujuan wisata favorit bagi warga Jakarta, Bekasi, Bogor dan sekitarnya.

Dikota ini pun banyak sekali wisata alam yang patut kamu untuk datangai, selain karena keindahan dan kesejukannya, tempat wisata alam inipun terbilang harga tiketnya cukup murah. Lantas apa saja wisata alam yang terdapat di kota Bandung ini? Yuk mari kita simak artikel dibawah ini.

 

Gunung Tangkuban Perahu

Wisata alam bandung, Gunung Tangkuban Perahu
warungwisata-bandung.blogspot.com

Salah satu tempat yang paling ramai dikunjungi para wisatawan adalah Gunung Tangkuban Perahu. Alasan banyak wisatawan banyak berkunjung ke tempat ini adalah karena keindahan pemandangannya serta kemudahan untuk mencapai lokasi. Gunung ini berlokasi sekitar 20km berada di utara bandung. Namun begitu, Gunung Tangkuban perahu pun merupakan salah satu penyebab seringnya terjadi kemacetan di daerah Lembang, ini tak lain karena banyaknya arus kendaraan yang sikih berganti memasuki area kawasan itu.

Nama Tangkuban Perahu ini sendiri diambil dari sebuah legenda menarik yang menceritakan tentang seorang pemuda yang bernama Sangkuriang, pemuda itu berusaha untuk menikahi Ibu kandungnya sendiri. Saat mengetahui bahwa pemuda itu adalah anaknya sendiri, sang ibu yang bernama Dayang Sumbi lalu membuat syarat yang berat kepada Sangkuriang jika ingin menikahinya, syarat itu adalah Sangkuriang harus bisa membuat sebuah danau dan perahu hanya dalam waktu satu malam saja.

Segala upaya telah dilakukan oleh Sangkuriang, namun ternyata syarat yang diberikan oleh Ibunya gagal dia tuntaskan, akhirnya dia menjadi marah dan menendang perahu yang dibuatnya. Perahu tersebut terbalik hingga akhirnya disebutlah sebagai Gunung Tangkuban Perahu. Coba lihatlah dari jauh, kamu akan menyadari bahwa Gunung Tangkuban Perahu itu persis seperti bentuk perahu yang terbalik.

Kawah Putih Ciwidey

Wisata Alam Bandung, kawah putih ciwidey
kawahputihciwidey.com

Kawah Putih Ciwidey terletak diselatan kota Bandung, berjarak kurang lebih sekitar 50 KM dari pusat kota. Untuk menuju ke lokasi, kamu bisa memakai kendaraan umum yang tersedia ataupun kendaraan pribadi.

Sejauh mata memandang, kamu akan disuguhkan dengan panorama alam yang tiada duanya, diantaranya dengan pemandangan kawah yang berwarna putih juga dengan udara yang dingin yang tentu semakin membuatmu nyaman. Selain itu, air kawah ini juga berwarna putih namun dapat berubah-rubah seiring dengan perunbahan cuaca dan suhu yang ada. Kamu akan semakin tercenga denga suasana kabut yang berubah-rubah setiap menitnya. Pokoknya, kamu tak akan menyesal mengunjungi tempat ini.

Bukit Moko

Wisata Alam Bandung, Bukit Moko
jalan2men.com

Mungkin belum banyak yang tau tempat wisata yang satu ini, Bukit Moko adalah salah satu tempat terbaik didaerah Bandung untuk bersantai dan menikmati panorama keindahakan kota Bandung. Tempat wisata alam ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam Bandung atau luar Bandung, apalagi ketika weekend tiba.

Ditempat ini pula terdapat sebuah warung yang cukup terkenal, yang bernama Warung Daweung. Warung ini bukanlah warung biasa karena diwarung ini kamu bisa mendapatkan pemandangan kota Bandung dari atas, serta semakin terasa nikmat karena disini juga udaranya sangat sejuk dan disediakan minuman hangat, sehingga menjadikan tempat ini salah satu tempat favorit warga Bandung untuk bersantai.

Untuk dapat mencapai Bukit Moko ini, kamu hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi karena tidak adanya kendaraan umum yang melintasi daerah ini. Oh iya, kamu pun harus berhati-hati  saat berkendara dijalur ini terutama ketika hujan tiba, karena jalan yang akan kamu lalui lumayan terjal dan berkelok-kelok.

Maribaya

Wisata Alam, Air Terjun Maribaya
infobdg.com

Tempat wisata yang satu ini berlokasi di daerah Lembang, kurang lebih jaraknya sekitar 21 KM dari kota Bandung. Maribaya ini dikenal sebagai tempat wisata alam yang didalamnyha terdapat sumber mata air panas belerang. Banyak orang yang percaya ketika berendam disini, dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan juga bisa menghaluskan kulit.

Selain sumber mata air panas, terkenal dengan air terjun dan tamannya yang indah. Kebanyakan wisatawan, selain berendam air mereka juga suka dengan kegiatan trekkin.

Situ Patenggang

Wisata Alam, Situ Patenggang
satriyaprayoga.deviantart.com

Untuk para pecinta Danau, tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi tempat wisata yang satu ini, yaitu Situ Patenggang. Nama Danau Situ Patenggang berasal dari bahasa Sunda yang berarti ‘saling mencari’. Kata ‘saling mencari’ ada maknanya, jadi ketika dahulu ada sebuah cerita dimana ada sebuah kekasih yang terpisah, mereka terus saling mencari sampai akhirnya saling bertemu ditempat ini.

Ada yang unik dari Situ Patenggang ini, karena ditengah danau terdapat sebuah pulau yang dinamakan dengan pulau Asmara karena bentuknya yang seperti hati. Selain itu, di Danau ini pun terdapat sebuah batu yang sering disebut dengan Batu Cinta.

Situ Patenggang ini berada di selatan kota Bandung, lokasinya yang tidak jauh dengan tempat wisata yang lainnya yaitu Kawah Putih Ciwidey membuat para wisatawan sering mengunjungi kedua tempat wisata itu dalam waktu sehari.

Satu pemikiran pada “Objek Wisata di Bandung yang Murah dan Memuaskan”

  1. Ingin rasanya berkunjung ke kawah putih tapi belum ada waktunya,,,,jarak kawah putih dengan masjid raya bandung berapa iya gan? thanks,,,

Tinggalkan komentar