5 Macam Olahraga Untuk Mengecilkan Perut Ini Terbukti Ampuh!

Kegemukan merupakan hal yang tidak disukai oleh Allah SWT. Oleh sebab itu, sebagai seorang mukmin hendaknya kita menghindari diri kita dari kegemukan. Adapun kegemukan yang dibenci oleh Allah adalah kegemukan yang disebabkan oleh terlalu banyak memikirkan dunia atau akhiran=tnya, atau terlalu banyak berfoya-foya, makan berlebihan, dan sebagainya.

Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk menjauhkan kita dari kegemukan. Salah satu cara yang paling sehat yaitu dengan cara berolahraga. Dalam artikel ini, kita akan mengulas mengenai olahraga yang dapat dilakukan untuk mengecilkan perut.

Setidaknya, ada 7 jenis olahraga untuk mengecilkan perut buncit yang dapat kamu lakukan. Olahraga apa sajakah itu?

Berjalan Kaki atau Jogging

olahraga untuk mengecilkan perut

Kita dianjurkan untuk berjalan kaki sejauh 10.000 langkah setiap harinya untuk menjaga kesehatan metabolisme tubuh. Anjuran tersebut tidaklah salah, sebab berjalan kaki merupakan olahraga untuk mengecilkan perut yang paling ampuh. Sementara itu, jogging atau berjalan cepat juga dapat membakar kalori dalam tubuh dengan lebih cepat.

Bukan hanya lemak pada tubuh saja yang dapat berangsur-angsur menghilang saat melakukan jogging, tapi juga lemak pada seluruh tubuh. Mengapa demikian? Karena ketika kalori dalam tubuh terbakar, maka lemak akan menggantikan energi yang terbuang. Paling tidak, jogging atau jalan kaki dilakukan selama 30 menit per harinya.

Bersepeda

Hampir sama dengan berjalan kaki atau jogging, mengayuh sepeda juga sangat baik untuk mengecilkan perut. Pada intinya, olahraga bersepeda juga olahraga untuk mengecilkan perut yang melibatkan gerak kaki, sama seperti jogging. Baik itu sepeda alat transportasi ataupun sepeda fitness. Sama saja.

Yang terpenting adalah, lakukan kebiasaan tersebut secara rutin. Misalnya, bersepeda keliling kompleks setiap pagi, atau kalau amu punya sepeda fitness, kamu bisa melakukannya sambil menonton film di rumah. Kata siapa menjadi sehat tak bisa dengan cara yang menyenangkan?

Back Up

Olahraga ini sering dilakukan oleh mereka yang hendak membentuk otot perut agar terlihat seperti roti sobek. Istilahnya, six packs. Namun teknik ini juga bisa kamu gunakan untuk mengecilkan perutmu. Asal kamu melakukannya secara rutin meski tidak banyak. Bukan tidak mungkin jika suatu hari nanti perutmu bukan hanya bertambah kecil, tetapi juga bertambah kekar.

Vertical Leg Crunch

Sebetulnya, olahraga untuk mengecilkan perut yang satu ini agak mirip tekniknya dengan teknik olahraga sit up, hanya saja tekniknya sedikit lebih kompleks.

Untuk melakukan vertical leg crunch, kamu harus berbaring layaknya ingin melakukan sit up. Kemudian, angkat kedua kakimu ke atas (bisa dengan menyandarkannya pada dinding) secara menyilang, lalu angkat sedikit kepalamu ke atas disertai dengan setengah badanmu. Ya, memang mirip seperti sit up, tapi yang ini kakinya di atas.

Sit Up

olahraga untuk mengecilkan perut

Sit up merupakan cara yang populer untuk membuat perut menjadi berbentuk six packs. Namun ternyata, kalau urusan membakar lemak, olahraga sit up tidaklah seampuh dan seberpengaruh jogging. Ya, jogging lebih ampuh sebenarnya. Tapi kalau kamu tidak memiliki waktu untuk sekadar jogging, olahraga sit up ini bisa kamu lakukan.

Kelebihan olahraga sit up adalah, olahraga ini bisa dilakukan di mana saja. Di taman, di rumah, di kasur, di sekolah, di kantor, bahkan di dalam mobil. Kalau misalnya kamu sibuk banget nih, dan nggak punya waktu buat olahraga, kamu bisa curi-curi waktu di kantor untuk sekadar sit up sebanyak 5 kali.

Selain olahraga-olahraga di atas, yang tak kalah pentingnya adalah tetap menerapkan pola hidup sehat, makan selagi lapar, dan berhenti sebelum kenyang. Makan makanan terlalu kenyang juga bukan cuma menyebabkan kegemukan, tapi juga tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Tinggalkan komentar