Pengertian Opini dan Fakta beserta Contoh Kalimatnya

OPINI ADALAH – Suatu istilah yang sering kita pakai di dalam menilai sesuatu. Kata opini biasanya selalu bersanding dengan fakta, artinya ada opini dan ada juga fakta. Dalam perbincangan sehari-hari tentunya kita tidak terhindar dari kedua istilah ini.

Kebanyakan orang tahu dan kenal dengan kedua istilah tersebut, namun jika disuruh untuk menjelaskan apa itu opini dan apa itu fakta, kemungkinan besarnya adalah banyak yang tidak bisa. Oleh karena itu, pada artikel ini akan membahas pengertian dari kedua istilah tersebut, yaitu pengertian dari opini dan fakta.

Pengertian Opini dan Fakta

opini adalah
Sumber: 3.bp.blogspot.com

Opini

Banyak pendapat yang mengemukakan arti dari kata opini. Salah satu yaitu Leonardo W. Dood Via Sumirat, menurutnya opini adalah suatu sikap atau pendapat yang dikeluarkan seseorang tentang sebuah persoalan atau keadaan yang sedang terjadi ataupun sudah terjadi.

Secara umum, opini adalah suatu pendapat, ide, atau pikiran seseorang yang bertujuan untuk menjelaskan kecendrungan preferensi tertentu terhadap prespektif dan ideologi yang bersifat tidak objektif dikarenakan belum ada kepastian dan pengujian kebenarannya.

Contoh kalimat opini:

  • Minuman itu akan terasa lebih nikmat apabila ditambah sedikit gula.
  • Jika saya hidup di Papua pasti akan menyenangkan.
  • Jika tidak keramas seharian kepala akan terasa gatal.

Fakta

Fakta adalah suatu yang hal, peristiwa, atau keadaan yang sudah terjadi dan ada bukti kebenarannya. Biasanya fakta digunakan untuk memastikan kebenaran dalam sebuah informasi. Secara bahasa fakta merupakan pernyataan yang sudah tidak bisa terbantahkan lagi kebenarannya. Pernyataan yang dimaksud berupa kalimat tertulis yang berdasarkan pada peritiwa atau keadaan yang benar-benar terjadi.

Contoh Kalimat Fakta:

  • Presiden pertama Indonesia adalah Ir. Soekarno.
  • Matahari terbit dari sebelah timur dan terbenam di sebelah barat.
  • 1 menit terdiri dari 60 detik.

Itulah pengertian dari opini dan fakta, pada intinya suatu opini adalah suatu yang belum bisa dipastikan kebenarannya, sedangkan fakta adalah suatu yang sudah dipastikan kebenarannya. Demikian informasi tentang opini dan fakta, semoga artikel ini bisa membantu anda dan bisa bemanfaat.

Tinggalkan komentar