8 Sifat yang Membuktikan Bahwa Kamu Akan Jadi Orang Tua yang Hebat Kelak

Kamu pernah memikirkan atau membayangkan akan jadi orang tua seperti apa kamu kelak? Apakah seperti ibu dan ayahmu? Atau barangali kamu punya inpian dan rencana sendiri?

Apapun yang kamu bayangkan, tentu kamu ingin menjadi orang tua yang sempurna untuk anak – anak kamu bukan? Jika benar begitu, barangkali kamu bisa mempertimbangkan untuk memiliki sifat – sifat kedewasaan di bawah ini.

Menikah Dengan Orang yang Tepat

muslimahcorner.com

Buat kamu yang laki – laki, kamu memiliki kewajiban untuk memilihkan ibu yang tepat untuk anak – anak kamu kelak. Pun berlaku sama, untuk kalian para perempuan, terimalah hanya lelaki yang baik untuk menjadi dari ayah anak – anak kamu nanti.

Maka satu kriteria pasti adalah memilih pasangan yang taat agamanya. Percayalah, mereka yang taat agamanya telah melatih diri dengan sungguh – sungguh untuk berlaku adil dan bersikap lembut serta disiplin pada hidupnya.

 

Berkomunikasi Menyelesaikan Konflik

unsplash.com

Mampukah kamu ikut terlibat dalam menyelesaikan konflik yang tidak ada hubungannya denganmu? Kemauanmu untuk terlibat adalah bukti bahwa kamu peduli dan bersepakat pada kedamaian.

Maka itulah yang akan dirasakan anak – anak kamu kelak, kedamaian.

 

Menahan Diri Meski Seharusnya Marah

unsplash.com

Kemarahan adalah hak, jika kamu memang benar dan diperlakukan secara tidak baik. Namun kamu juga punya pilihan untuk menahan diri dan bersikap lembut, karena itulah yang akan dilakukan orang tua saat anaknya salah dan penuh amarah.

 

Antusias dan Penuh Penghargaan

gamification.co

Menghargai orang lain dalam berbicara serta bersikap antusias adalah sifat orang tua yang hebat. Bayangkan, kamu rela menurunkan kualitas, wawasan dan pemahaman kamu untuk memahami orang lain, untuk memahami anakmu kelak.

 

Mandiri dan Tidak Bergantung

unsplash.com

Tentu saja kamu adalah pribadi yang mandiri bukan? Kamu bisa mengurus banyak hal yang memang harus kamu urus. Bahkan, kamu sering membantu meringankan banyak beban orang tua kamu.

Mungkin kamu tidak pandai berbisnis atau berdagang, namun kamu mengerti bagaimana meringankan beban. Kamu bisa berhemat, kamu bisa memberikan tenaga. Dan kamu mau melakukan apapun untuk menjadi mandiri.

 

Bijak Menyikapi Masalah

unsplash.com

Banyak konflik tentang benar dan salah, banyak juga permasalahan yang jelas mana yang benar dan siapa yang salah. Namun, dengan sikap bijak kamu, kamu bisa menenangkan orang yang benar agar tidak sewenang – wenang dalam kebenarannya.

Tentu saja kamu juga bisa membesarkan hati pihak yang kalah dan salah supaya percaya dan yakin dalam memperbaiki diri. Maka kebijakan semacam inilah yang membuat kamu menjadi orang tua yang hebat kelak.

 

Paham Skala Prioritas

unsplash.com

Kamu dapat membedakan mana yang prioritas. Kamu mengerti apa yang kamu butuhkan dan apa yang kamu inginkan. Lantas kamu lebih cenderung dan tegas untuk memilih sesuatu yang kamu butuhkan ketimbang kesenangan yang kamu inginkan.

Lewat ketegasan dalam menyikapi prioritas ini, kamu akan mengajarkan anak kamu untuk bersikap sabar dan penuh pertimbangan. Dari didikanmu sebagai orang tua yang bijak, akan tumbuh anak – anak yang hebat.

 

Peka Secara Sosial

unsplash.com

Kamu mudah iba pada lingkungan sekitar, lantas tidak hanya berhenti pada sekedar iba. Kamu memikirkan banyak hal untuk berkontribusi dan memperbaikinya, lalu kamu menawarkan ide demi kemajuan sosial.

Itulah yang akan dilihat oleh anak kamu dengan jelas. Ia melihat betapa orang tuanya mencurahkan banyak daya dan upaya untuk sesuatu yang bukan menjadi kewajiban utamanya.

Dari situ, anak kamu akan belajar untuk berkontribusi secara sosial, bukan antipati atau malah antisosial. Jadi, kamukah itu? Kamukah calon orang tua yang hebat?

Tinggalkan komentar