Betapa Bahagianya Menjadi Orang yang Bisa Menghargai Ilmu

Kamu sadar ngga sih, kalo belakangan ini terjadi sebuah degradasi yang sangat mencolok terhadap perilaku pelajar dan mahasiswa kita terkait dengan bentuk penghargaan mereka terhadap ilmu?

Untuk kasus yang pernah saya tangani saja, saya melihat dengan mata kepala sendiri begitu beraninya seorang pelajar mengolok dan merendahkan gurunya sendiri baik di dalam maupun di luar kelas.

Kalau kamu termasuk orang yang dulunya pernah berbuat jahil seperti itu, sekarang saatnya membenahi diri. Berikut 6 tips yang akan mengajarkan kamu betapa ilmu itu harus dihormati dan diharga, yang salah satu caranya adalah dengan menghormati para pembawa ilmu.

Bersabar Sekuat Tenaga

bricket.net

Sesekali memaksa diri untuk tidak larut pada kebiasaan merendahkan (ilmu) orang lain. Pada awalnya pasti susah. Bagaimana sebuah kebiasaan negatif (kata-kata kotor) sudah terucap setiap hari, tiba-tiba berhenti.

Perilaku negatif itu candu.

Semakin sering menghina orang lain maka akan menganggap hal itu sebagai sesuatu yang biasa. Dan tertantang untuk melakukan sesuatu yang lebih.

Bersabar untuk tidak lagi melakukan hal-hal tersebut, niscaya kamu akan temukan ketenangan jiwa.

Berkumpul dengan Mereka yang Juga Cari Ilmu

Photo by Firman Maulana

Kalau sedari awal kamu udah berkecimpung dengan orang-orang yang tidak menghargai ilmu, tentu kamu akan terkena imbasnya. Penyakit negatif itu juga bisa menular.

Untuk itu, cobalah bersungguh-sungguh untuk mendekatkan diri pada orang-orang yang sangat peduli terhadap ilmu.

Ilmu Mengangkat Derajat Manusia

pexels.com

Sudah umum bahwa orang-orang yang mempunyai ilmu selalu mendapat tempat yang spesial, mendapat pekerjaan yang layak, mempunyai penghasilan yang tinggi, dan menjadi sosok yang disegani oleh masyarakat sekitar.

Derajat manusia yang berilmu akan terangkat bukan hanya di mata manusia, tapi juga di mata Allah.

Tinggalkan komentar