Otonomi Daerah Adalah? Cari Jawabannya Disini

Otonomi daerah adalah suatu wewenang hak serta kewajiban daerah atau wilayah otonom dalam mengelola dan memerintah secara sendiri kepentingan pemerintah dan kepentingan masyarakat setempat dengan berdasarkan peraturan undang-undang yang berlaku.

Menurut harfiah, otonomi daerah asalnya dari kata otonomi dan daerah sedangkan dalam bahasa Yunani otonomi berasal dari kata autos dan namos. Autos sendiri artinya adalah sendiri sedangkan namos artinya adalah undang-undang atau aturan.

Pengertian Otonomi Daerah Adalah

otonomi daerah adalah
detik.com

Jadi bisa disimpulkan bahwa otonomi daerah adalah suatu kewenangan mengelola sendiri maupun kewenangan dalam menerapkan aturan untuk mengatur rumah tangga sendiri. Daerah ialah gabungan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas Daerah atau wilayah.

Penerapan otonomi daerah di samping sesuai dengan acuan hukum, sekaligus menjadi penerapan tuntutan globalisasi yang mesti diupayakan dengan langkah-langkah seperti daerah kewenangan yang lebih luas nyata serta bertanggung jawab khususnya pada mengatur mengelola memanfaatkan dan mengekspor sumber-sumber peluang yang tersedia di masing-masing daerah.

Tujuan Otonomi Daerah

otonomi daerah adalah

Berikut ini adalah beberapa tujuan otonomi daerah sebagaimana berikut ini

  1. Mengembangkan pelayanan masyarakat untuk menjadi lebih baik
  2. Mewujudkan keadilan nasional
    Melindungi dan menjaga hubungan yang selaras di antara pusat dengan daerah dan juga antardaerah demi rangka menjaga kesatuan NKRI
  3. Menopang pemberdayaan masyarakat
  4. Meningkatkan kreativitas dan prakarsa serta menumbuhkan fungsi Keterlibatan Masyarakat memperdayakan peran serta fungsi dewan perwakilan rakyat daerah.

Ditinjau dari konseptual ada tiga tujuan penting yang melandasi Indonesia diantaranya ialah tujuan ekonomi, tujuan administratif, serta tujuan politik. Perihal yang akan direalisasikan lewat tujuan politik melalui penerapan otonomi daerah ialah usaha dalam merealisasikan demokratisasi politik lewat partai politik dan dewan perwakilan rakyat daerah.

Realisasi tujuan administratif yang akan diraih lewat penerapan otonomi daerah ialah diadakannya pengelompokan kepentingan atau urusan antara pemerintah pusat dengan daerah meliputi sumber keuangan dan pembaharuan manajemen birokrasi pemerintahan di daerah.

Sementara tujuan ekonomi yang hendak ditargetkan melalui penerapan otonomi daerah di Indonesia ialah terealisasikan pertumbuhan indeks pembangunan manusia sebagai indikator pertumbuhan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Demikianlah otonomi daerah adalah, semoga membantu tugas belajar kamu.

Tinggalkan komentar