Pahami 3 Jenis Cinta Ini dalam Menjalin Persahabatan

Dua sisi yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Ya, antara Cinta dengan Persahabatan.Mampukah anda membayangkan Persahabatan tanpa Cinta?

Persahabatan dan Cinta adalah teman terbaik kerana dimana ada Cinta, Persahabatan selalu berada disampingnya. Dan dimana Persahabatan berada, Cinta selalu tersenyum ceria dan tidak pernah meninggalkan Persahabatan.
Rendah hati dan tidak sombong adalah bagian dari cinta. Persahabatan kita dengan seorang karib akan dapat membuahkan kebahagiaan apabila didasari cinta. Filsuf yunani membagi cinta dalam tiga tahapan : eros, philos, dan agape.

Cinta sensual adalah eros. Cinta ini ditandai oleh keinginan memiliki, menuntut, merengek, mendesak. Eros ingin mengambil, bukan memberi. Orang romawi menggambarkannya sebagai cupid (dewa cinta romawi, ia digambarkan sebagai anak kecil bersayap), yang melepaskan anak panah beracun kejantung manusia. Eros bukannya tanpa manfaat, melalui eros ada kerinduan untuk selalu memandangi wajah yang dicintai. Melalui eros, kita pun dapat memasuki philos.

Philos adalah cinta yang tumbuh dari persahabatan mendalam. Kita sudah bergerak ke dalam “kami” dan “kita”. Kita bukan hanya menuntut, melainkan berbagi. Kita berempati dengan semua orang. Keindahan tidak lagi dalam hal-hal bendawi, melainkan hubungan kekariban. Yang menarik pada philos bukan sesosok pribadi melainkan kebersamaan; bukan senyuman, melainkan keakraban, bukan pemberian melainkan kebersamaan.

Agape adalah tahap yang paling tinggi. Cinta ini ditandai dengan perhatian yang aktif pada orang-orang yang kita cintai, keinginan untuk diterima disisinya, dambaan untuk memberikan segalanya tanpa syarat. Agape adalah cinta spiritual, yang sudah jauh menyelam dari daratan badaniah ke kedalaman ruhaniah.

Ada satu kata baru yang sering di kemukakan yaitu sinergi “kau mengangkatku, aku mengangkatmu, lalu kita akan bangkit dan naik bersama-sama.” Bersahabatlah dengan cara sinergi, cara persahabatan yang apabila satu orang mengucapkan salam maka yang lain akan membalas dengan seimbang. Salam dibalas salam, doa dibalas doa.

Persahabatan merupakan bentuk hubungan yang indah antara manusia, di mana Cinta hadir untuk memberikan senyumnya dan mewarnai Persahabatan. Tanpa Cinta, Persahabatan mungkin akan diisi dengan Kecewa, Benci, Marah dan berbagai hal yang membuat Persahabatan tidak lagi indah, dan sebaliknya dengan cinta, persahabatan akan membuahkan kebahagiaan.

Tinggalkan komentar