Jenis Pakaian Adat Masyarakat Jawa Tengah yang Perlu Kamu Ketahui

Pakaian adat merupakan jenis pakaian yang memiliki ciri yang unik dan biasanya dijadikan identitas dari daerah tempat pakaian adat tersebut. Ciri uniknya biasanya terletak pada motif pakaian, warna, bahan dan lain-lain.Di negeri Indonesia ini, hampir di semua daerahnya memiliki pakaian adat masing-masing dan menjadi identitas bagi masyarakatnya.

Di artikel ini kita akan memfokuskan untuk membahas salah satu pakaian adat daerah Jawa Tengah. Pakaian adat Jawa Tengah dibedakan tergantung jenis kelamin si pemakai. Berikut ini jenis-jenis pakaian adat Jawa Tengah :

  1. Pakaian adat untuk wanita. Pakaian adat ini merupakan pakaian yang umum dipakai oleh wanita Jawa Tengah. Jenis busana dan aksesoris yang dipakai oleh wanita Jawa Tengah adalah baju kebaya, kemben, dan kain tapih pinjung dengan stagen.
    busanaadatjawa.blogspot.com
    busanaadatjawa.blogspot.com

    Baju kebaya biasanya dipakai oleh masyarakat secara umumnya baik yang dari kalangan bangsawan maupun yang dari kalangan rakyat biasa. Baju kebaya bisa dipakai untuk pakaian sehari-hari maupun busana untuk upacara adat.
    Tapi pada umumnya, wanita Jawa Tengah biasanya hanya memakai kemben yang dipadukan dengan stagen dan kain jarik. Kemben digunakan untuk menutupi bagian dada wanita, ketiak dan punggung. Sedangkan stagen dililitkan di perut untuk mengikat tapihan pinjung agar tidak mudah lepas.

  2. Pakaian adat lelaki Jawa Tengah. Pakaian adat untuk lelaki Jawa Tengah disebut beskap.Pakaian tersebut dilengkapi dengan blankon di kepala, jarik untuk bagian bawah dan diikat dengan stagen. Dan biasanya juga dilengkapi dengan aksesoris berupa keris yang diselipkan di bagian belakang punggung.

Itulah pakaian adat daerah Jawa Tengah. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan komentar