Mengenal Pakian Adat Provinsi Lampung

Indonesia merupkan negara yang memiliki banyak sekali suku dan budaya yang beraneka ragam. Salah satunya yang akan dibahas dalam artikel kali ini adalah pakaian adat tradisional dari daerah Lampung. Karena setiap daerah atau provinsi memiliki adat atau budaya masing-masing.

Lampung merupakan suatu provinsi yang terdapat di sebuah pulau Sumatera bagian yang paling selatan. Di daerah lampung terkenal dengan hasil kain tapisnya yang dari kain tersebut tercipta pakain adat Lampung yang sangat indah. Kain tapis tersebut berupa semacam kain tenun yang disulam dengan benang emas.

Kegunaan pakain adat Lampung ini biasanya digunakan seperti ada upacara adat Lampung, acara perkawinan, dan acara-acara yang biasa dilakukan oleh orang-orang asli Lampung. Bagian kelengkapan pada busana adat daerah Lampung dipenuhi dengan sulaman benang emas dan memiliki motif yang sangat indah pada kain tapis tersebut.

Pakaian adat Lampung juga merupakan kekayaan dari busana adat Indonesia yang sangat indah. Dan yang pastinya semua adat dan budaya di Indonesia merupakan kekayaan  milik Indonesia dan seluruh masyarakat Indonesia sejahtera cinta damai. Selain pakain adat, Lampung juga memberikan keindahan melalui wisata objek wisata yang tidak kalah menarik dan indah.

www.ulunlampung.blogspot.com
www.ulunlampung.blogspot.com

Secara mendetail, pakaian adat untuk busana keseharian pada laki-laki lampung adalah mengikat kepalanya dengan menggunakan kikat. Kikat tersebut merupakan kain yang terbuat dari bahan kain batik.

Ketika akan menghadiri sebuah rapat adat akan dipadukan dengan pakaian teluk belanga serta kain. Dan ketika akan mengiringi pengantin, akan dikenakan kekat akin, yaitu semacam destar terdapat bunga-bunga terbuat dari benang emas pada bagian tepinya dan ditengah berhiaskan siger.

Kemudian pakaian adat ubuk perempuan mengenakan kanduk atau kakambut yang berupa kadung untuk menutupi kepala dengan cara dililitkan. Bahan yang digunakan oleh kanduk atau kakambut berupa kain halus yang tipis atau dari bahan sutera. Penutup badan lawai kurung yang bentuknya seperti baju kurung.

Pada busana adat perempuan dibuat dengan menggunakan bahan tipis atau berupa kain sutera pada bagian tepi muka. Dan pada bagian lengan secara umumnya dihiasi dengan rajutan renda yang halus dan terlihat lebih indah.

Tinggalkan komentar