Pantai Jogan, Wisata Alam dengan Dua Keindahan

Siapa sih yang nggak kenal sama Yogyakarta? Kota dengan sejuta pesona yang bikin orang ingin selalu mengunjunginya. Mulai dari orang-orangnya yang manis-manis, ramah, dan bersahaja. Sampai makanan pengisi perut yang menggoda, semua bikin Jogja penuh dengan kenangan yang indah.

Kalau ke Jogja, selain kamu bisa menikmati suasana yang tentu saja berbeda dari kota-kota lainnya, kamu juga harus mengunjunggi tempat wisata di sana. Ada banyak banget tempat yang bisa kamu kunjungi, tapi, biar kamu nggak selalu terbawa rutinitas di tengah kota, mending wisatanya di alam aja.

Ada banyak banget wisata alam yang ditawarkan di Jogja. Mau di gunung, dalam goa, main air di sungai, menikmati pamandangan dari atas pohon, melihat kelip lampu Jogja di bukit, atau wisata pantai. Semua bisa kamu nikmati di Jogja.

Buat kamu yang masih bingung ada satu referensi buat kamu nih, wisata pantai yang keren abis. Wisata alam yang sayang banget kalau kamu lewatkan. Namanya, Pantai Jogan, pantai yang ada di Gunung Kidul.

 

Lokasi Pantai Jogan

kompas-vencialo.mywapblog.com
kompas-vencialo.mywapblog.com

Pantai Jogan terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Kamu tinggal menuju alamat itu aja tuh, kalau masih bingung tempatnya, kamu bisa pakai GPS, koordinatnya ada di -8.1800747,110.6763631.

Pantai dan Air Terjun

rentalmobiljogja.id
rentalmobiljogja.id

Dari banyaknya pantai yang ada di Gunung Kidul, Pantai Jogan merupakan pantai paling unik. Ada yang membedakan antara Pantai Jogan dengan pantai-pantai lainnya. Pantai Jogan memiliki sebuah air terjun yang langsung jatuh dari atas tebing ke laut. Sungguh pemandangan yang nggak biasa dilihat.

sewamobildijogja.biz

Air terjun yang ada di Pantai Jogan memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Sumber air dari air terjun tersebut berasal dari mata air yang ada di perbukitan kapur di sebelah utara.

Nah, kalau kamu mau menikmati pemandangan yang kayak gitu, langsung aja datang ke Pantai Jogan. Letaknya nggak jauh kok dari Pantai Siung, tepatnya ada di barat Pantai Siung.

Menuju Pantai Jogan

youtube.com
youtube.com

Untuk dapat menikmati pemandangan air terjun dan pantai yang jadi satu tersebut, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Pantai Jogan ini jaraknya sekitar 70 km dari Kota Jogja, jadi nggak jauh lah kalau kamu mau ke sana, waktu yang dibutuhkan kira-kira 2 jam.

Buat kamu yang mau pergi ke sana menggunakan kendaraan pribadi, langsung saja menuju Wonosari, kemudian lewat Tepus, lalu Purwodadi. Setelah itu cari deh di mana Pantai Jogan berada.

panoramio.com
panoramio.com

Nah, kalau kamu naik kendaraan umum, kamu bisa mencari bus jurusan Jogja-Wonosari di Terminal Giwangan. Setelah sampai di Wonosari, ganti angkutannya, pakai angkutan jurusan Wonosari-Tepus. Setelah sampai Terminal Tepus, kamu cuma bisa menggunakan ojek untuk bisa sampai ke Pantai Jogan.

Perjuangan Belum Selesai

telusurindonesia.com
telusurindonesia.com

Kalau kamu sudah sampai ke lokasi, masih ada usaha ekstra yang harus kamu lakukan agar bisa melihat air terjunnya. Kamu harus menuruni jalan yang licin dan basah. Tapi tenang, di sana sudah ada kayu-kayu yang akan membantu kamu menuruni jalanan yang licin.

Setelah sampai di bawah, kamu bisa menikmati guyuran air terjun yang jatuh dari atas. Seru deh pokoknya, pengalaman yang luar biasa. Menikmati air terjun dengan udara lautan, jarang banget tuh kamu temuin tempat kayak gini.

Gimana? Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi pantai sekaligus air terjun ini? Kalau iya, buruan tentukan jadwalnya dan nikmatilah keindahan pemandangannya.

Tinggalkan komentar