Indahnya Pantai Parangtritis Yogyakarta, Wisata Bahari yang Menyejukkan Hati

Pantai Parangtritis Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata bagi para penikmat wisata bahari. Daya tarik alaminya yang mempesona membuat tempat wisata ini tak pernah sepi dikunjungi wisatawan setiap hari. Pantai Parangtritis sendiri terdapat di kecamatan Kretek, kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit informasi tentang Pantang Parangtritis ini. Yuk, simak dengan seksama.

 

Asal Usul Nama Pantai Parangtritis

zonalibur.com

Nama Parangtritis sendiri memiliki kisah tersendiri, di mana kisah tersebut bermula pada zaman kerajaan Majapahit. Konon di zaman tersebut, ada seorang pangeran yang melarikan diri dari kerajaan. Pangeran ini kemudian datang ke tempat ini dan berniat untuk bersemedi. Adapun nama pangeran tersebut adalah Pangeran Dipokusumo.

Setelah sang pangeran melakukan semedi, dia tak sengaja melihat tetesan air yang berasal dari cela-cela karang. Akhirnya karena kejadian ini, sang pangeran menamai kawasan ini menjadi Parangtritis.

Rute perjalanan ke Pantai Parangtritis

anekatempatwisata.com

Bagi kamu yang berasal dari luar kota Yogyakarta, untuk bisa mengunjungi tempat ini kamu bisa memilih jalur transportasi baik darat maupun udara. Jika kamu memilih jalur transportasi udara, kamu bisa transit terlebih dahulu di Bandara Internasional Adisucipto, Yogyakarta. Nah, dari sini perjalanan kamu akan dilanjutkan menuju terminal Giwangan yang kemudian diteruskan menuju Pantai Parangtritis.

Jika kamu menggunakan transportasi darat, kamu bisa transit di terminal Giwangan, Yogyakarta. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan naik transportasi umum menuju Pantai Parangtritis.

Alternatif lain jika kamu menggunakan transportasi kereta api, kamu bisa transit di stasiun Lempuyangan atau stasuin Tugu kemudian dilanjutkan perjalanan menuju Terminal Giwangan. Nah, dari sini kamu bisa langsung menuju Pantai Parangtritis mengendarai kendaraan umum.

Sedangkan untuk kamu yang memakai kendaraan pribadi, kamu bisa langsung mengikuti rute melalui Jl. Parangtritis, karena rute ini adalah rute yang paling cepat untuk dilalui khususnya untuk kamu yang baru mengunjungi Yogyakarta. Akan tetapi, jika kamu ingin merasakan suasana yang berbeda, kamu bisa mengambil rute melawati Jl. Imogiri kemudian Desa Siluk yang posisinya berada di sebelah tenggara Kota Yogyakarta.

Kegiatan Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Parangtritis

anekatempatwisata.com

Menikmati keindahan Pantai memang begitu mengasikan, terlebih jika kamu bisa menikmati suasana pantai dari atas tebing. Di Pantai Parangtritis juga tersedia fasilitas seperti delman, kereta kuda, dan  ATV yang bisa kamu sewa untuk menikmati suasana Pantai Parangtritis.

Menyusuri keindahan pantai dan melewati gundukan-gundukan pasir yang banyak terdapat di pantai ini menggunakan ATV pastinya akan menjadi sensasi tersendiri. Sensasi seperti ini mungkin jarang sekali untuk kamu peroleh, jadi sayang sekali jika kamu melewatkan fasilitas yang satu ini.

Selain fasilitas di atas, kamu juga bisa mencoba menikmati suasana pantai menggunakan airomodeling yang bisa kamu sewa di tempat wisata ini. Tentu fasilitas ini cocok bagi kamu yang memiliki keberanian besar. Dengan mencoba fasilitas ini dijamin kepuasan kamu akan semakin terasa dalam wisata kali ini.

Keindahan sunset juga bisa kamu nikmati di pantai ini, yang tentunya banyak ditunggu-tunggu oleh wisatawan yang datang ke Pantai Parangtritis. Bagi kamu yang belum puas menikmati sunset di sore hari, kamu bisa melanjutkan hingga malam hari sambil menikmati jagung bakar yang banyak dijajakan di malam hari.

Bagi kamu yang ingin menikmati mandi di pemandian air panas, di dekat lokasi Pantai Parangtritis juga terdapat pemandaian air panas yang bernama Parangwedang. Konon air dari pemandian ini dapat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, karena di dalamnya terdapat kandungan belerang.

Demikian sedikit penjelasan mengenai tempat wisata Pantai Parangtritis ini. Semoga bermanfaat ya. Lantas, apalagi yang membuatmu ragu untuk berwisata ke tempat ini?

Tinggalkan komentar