Pantangan Makanan dan Minuman untuk Penderita Asam Lambung

Penyakit asam lambung merupakan penyakit yang menyerang lambung dan bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Asam lambung yang dalam dunia medis disebut dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) umumnya sering dialami banyak orang. Kalau dibiarkan, penyakit ini dapat berakibat fatal.

Keadaan tersebut biasanya diakibatkan oleh naiknya kadar asam lambung menuju esofagus. Sehingga hal ini mengakibatkan rasa terbakar dan rasa nyeri pada dada. Selain mengonsumsi obat, kamu juga sebaiknya menghindari makanan-makanan ini untuk mencegah terjadinya asam lambung naik kembali. Lantas apa saja pantangan makanan tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

 

Minuman Bersoda

klcbs.ne
klcbs.ne

Pantangan makanan yang pertama untuk penderita asam lambung adalah minuman bersoda. Memang mengonsumsi minuman bersoda ditengah terik panasnya matahari sangatlah nikmat. Namun jika mengonsumsi makanan ini secara terus menerus dengan berlebihan bisa mengakibatkan masalah kesehatan salah satunya adalah asam lambung. Dampak yang akan diakibatkan dari minuman berkarbonasi ini adalah perut menjadi tidak nyaman dan kembung. Selain itu, minuman bersoda memiliki kandungan gula tinggi yang dapat memicu obesitas.

Sayuran dan Buah-buahan

Buah-buahan dan Sayuran
jamu.com.vn

Buah dan sayuran merupakan salah satu makanan yang banyak mempunyai manfaat untuk kesehatan. Namun ternyata tidak semua jenis buah bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Buah dan sayur seperti pisang ambon, kedondong, sawi, kol dan nangka sebaiknya kamu hindari. Hal ini dikarenakan buah-buahan dan sayuran tersebut bisa memicu naiknya asam lambung.

Makanan Berlemak

Resep Ayam Goreng Kremes Mbok Berek
resephariini.com

Makanan berlemak merupakan salah satu makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung. Selain bisa menyebabkan naiknya kolestrol dan berat badan, makanan berlemak juga bisa memicu naiknya asam lambung. Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena makanan berlemak merupakan salah satu jenis makanan yang susah dicerna oleh tubuh yang bisa memperlambat pengosongan lambung. Kalau dibiarkan, hal ini bisa menyebabkan peningkatan peregangan pada lambung yang pada akhirnya bisa memicu naiknya kadar asam di dalam lambung. Bukan hanya makanan berlemak saja, kamu juga sebaiknya harus menghindari makanan seperti keju, coklat, kue tart dan juga gorengan.

Makanan Pedas

Cabai
wsj.com

Siapa sih yang tidak menyukai makanan pedas? Hampir semua orang pasti menyukainya. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa makanan pedas adalah salah satu pantangan makanan untuk penderita asam lambung. Mengapa bisa begitu? Karena makanan pedas yang kamu konsumsi bisa secara langsung merusak dinding lambung.

Minuman Beralkohol

anekainfounik.blogspot.com
anekainfounik.blogspot.com

Minuman beralkohol merupakan salah satu hal yang harus dihindari oleh penderita asam lambung. Minuman seperti wine, bir dan minuman keras dapat memicu naiknya asam lambung secara drastis. Kalau kamu sering mengonsumsi minuman beralkohol, maka bisa jadi kamu akan terkena asam lambung. Selain minuman beralkohol, kopi juga harus dihindari karena bisa merangsang naiknya asam lambung yang tentu semakin membahayakan buat kesehatan.

Mie Instan dan Makanan Berbumbu Pedas

Mie Goreng Pedas
remehtemeh.com

MIe instan serta makanan berbumbu pedas harus dihindari oleh para penderita asam lambung. Mengapa begitu? karena makanan tersebut bisa merusak permukaan dinding lambung yang pada akhirnya akan memperparah penyakit asam lambung kamu.

Makanan yang Digoreng

Gorengan
indonesia.travel

Kamu perlu mengurangi makanan yang diolah dengan cara digoreng ketika sedang menderita asam lambung. Hal ini dikarenakan dalam gorengan terdapat lemak yang dapat memicu naiknya asam lambung. Oleh karena itu, jangan sekali-kali mencoba gorengan ya kalau sedang mengalami asam lambung.

Demikian beberapa pantangan makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share ya artikelnya. Terima kasih.

Tinggalkan komentar