Ini Dia Daftar Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat

Asam urat adalah merupakan peradangan yang sangat menyakitkan pada sendi yang terjadi karena penumpukan kristal asam urat. Bagian tubuh yang paling sering terkena asam urat adalah jempol kaki. Namun asam urat juga bisa menyerang kaku, lutut, pergelangan kaki dan tangan. Saat asam urat terasa, gejalanya bisa sampai berhari-hari bahkan jika sudah parah bisa sampai berbulan-bulan. Orang gemuk mengalami resiko lebih besar mengalami asam urat.

Jika kamu ingin terhindar dari asam urat, maka jauhilah makanan-makanan yang bisa memicu asam urat. Jangan terlalu sering makanannya. Sebagus apapun obat asam urat yang dikonsumsi, namun jika pola makanannya tidak dijaga, sama saja masih bisa terkena asam urat. Lantas apa sajakah pantangan makanan bagi penderita asam urat? Berikut pantangan makanan bagi penderita asam urat.

 

Kerang

abiummi.com

Makanan laut terutama kerang dapat menyebabkan asam urat jika terlalu berlebihan mengkonsumsinya. Hal ini sesuai dengan pendapat Lona Sondon, yang merupakan asisten profesor nutrisi klinis di University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas. Di dalam kerang banyak terdapat purin yang akan terurai menjadi asam urat. Oleh karena itu, batasilah konsumsi kerang, jangan terlalu berlebihan.

Ikan Asin, Teri dan Tuna

judycole.blogspot.com

Makanan laut lainnya yang dapat pemicu terjadinya sam urat adalah ikan teri, tuna dan ikan asin. Boleh saja memakannya, namun jangan berlebihan sampai melewati batas wajar. Hal ini sesuai dengan pernyataan seorang profesor klinis kedokteran di UT Southwestern, yaitu Scott Zashin, MD. Baiknya makanan laut yang bisa dikonsumsi yakni belut, lobster, udang dan kepiting.

Minuman Beralkohol

anekainfounik.blogspot.com

Menurut Dr Zashin, bahaya yang berlipat mengancam bagi penerita asam urat yang mengkonsumsi minuman ini. Bukan hanya meningkatkan tingkat asam urat, minuman beralkohol juga bisa membuat tubuh sulit untuk membersihkan kelebihan asam urat yang ada dalam tubuh. Selain bahaya yang tadi sudah disebutkan, minuman alkohol juga haram untuk dikonsumsi bagi umat Islam. Oleh karena itu janganlah sesekali untuk mencobanya.

Daging Kalkun

resepkalkun.wordpress.com

Daging kalkun dang angsan mempunyai kandungan purin yang begitu tinggi. Oleh sebab itu, jika sedang tekena asam urat, lebih baik jangan mengkonsumsi daging ini sama sekali. Namun jika ingin sekali memakan daging, mungkin daging ayam dan bebek adalah pilihan yang tepat.

Soft Drink

abc.net.au

Hindari minuman manis yang memiliki kandungan fruktosa yang tinggi seperti soda, sirup dan yang lainnya. Minuman-minuman itu sangat tidak bagus untuk penderita asam urat. Mengapa begitu? Karena pemanis bisa merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak asam urat. Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa pria yang banyak mengkonsumsiĀ fruktosa lebih besar peluangnya menderita asam urat.

Demikian daftar pantangan makanan bagi penderita asam urat. Semoga dengan menjauhi segala makanan itu, kita bisa terhindar dari asam urat. Semoga bermanfaat.

 

 

Tinggalkan komentar