5 Gejala Ini Akan Muncul Jika Kamu Terkena Paru-Paru Basah

Gejala dari penyakit paru-paru basah tentunya harus kamu ketahui karena penyakit ini dalam istilah kedokteran dikenal dengan sebutan “pneumonia”.¬†Artinya termasuk dalam kategori penyakit berbahaya. Menurut para dokter, penyakit ini dikarenakan infeksi paru-paru. Lebih tepatnya disebabkan oleh bakteri pneumonia.

Biasanya infeksi tersebut dikarenakan oleh bakteri, jamur, dan virus. Namun sebagian besar penyebabnya adalah bakteri. Jika bakteri pneumonia ini sudah menyerang, maka dapat mengakibatkan peredaran oksigen ke paru-paru berjalan tidak normal. Oleh karena itu, pentingnya kamu mengetahui gejala dari penyakit paru-paru basah ini.

Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai gejala penyakit paru-paru basah. Yuk, simak dengan seksama.

 

Batuk

Rokok elektrik mengakibatkan batuk
topgreekgyms.g

Kebanyakan orang terkadang sering mengangap remeh penyakit batuk sebab dianggap penyakit yang sederhana atau penyakit musiman. Mungkin anggapan mereka ada benernya juga. Tetapi, jika batuk yang kamu derita tidak kunjung sembuh, bisa jadi batuk tersebut merupakan gejala awal paru-paru basah.

Penderita paru-paru basah biasanya akan mengalami batuk kering terlebih dahulu yang disusul dengan batuk berdahak. Oleh karena itu, jangan anggap remeh ya ketika mengalami batuk.

Keringat Dingin pada Telapak Tangan dan Kaki

penabiru.com

Keringat dingin merupakan gejala dari penyakit paru-paru basah yang paling dikenali. Lantas, kenapa sih orang yeng menderita paru-paru basah seringkali mengalami hal tersebut? Jadi gini, keringan dingin tersebut keluar karena oksigen yang ada dalam tubuh tidak mengalir sempurna. Akibatnya, sebagai bentuk protes yang dilakukan tubuh, keringat dingin dikeluarkan dengan sengaja.

Alangkah baiknya jika kamu sering mengalami keringat dingin, maka periksakanlah dengan segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sakit Kepala Ringan

pasberita.com
pasberita.com

Walaupun penyakit paru-paru basah merupakan penyakit yang menyerang paru-paru, namun hal tersebut dapat mempengaruhi pada organ tubuh lainnya. Hal tersebut terbukti karena kebanyakan orang yang menderita paru-paru basah seringkali mengalami sakit kepala ringan.

Gejala awal penyakit paru-paru basah ini disebabkan pasokan oksigen ke otak berjalan tidak normal dan bahkan mungkin berkurang. Jadi, saat sakit kepala menyerang, bukan berarti otak kamu yang sakit, namun bisa jadi hal tersebut merupakan pertanda bahwa kamu sedang mengalami penyakit paru-paru basah.

 Cepat Lelah

www.radiopostki.com
radiopostki.com

Lelah merupakan efek yang kamu terima karena sudah menjalani sebuah aktivitas. Tentunya yang kamu butuhkan ketika lelah melanda adalah beristirahat dengan cukup supaya lelah bisa segera menghilang. Tetapi, apa jadinya jika kamu tidak merasa mengerjakan banyak aktivitas namun yang ada kamu sering merasa lelah? Bisa jadi lelah seperti ini merupakan gejala awal penyakit paru-paru basah.

Adapun lelah yang merupakan gejala awal penyakit paru-paru basah ini diakibatkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh tidak berjalan dengan normal. Sehingga mengakibatkan tubuh sering mengalami cepat lelah dan kurang bertenaga.

Nafsu Makan Berkurang Dan Berat Badan Turun

Obesitas
healthydunia.com

Gejala penyakit paru-paru basah yang satu ini seringkali tidak disadari oleh penderitanya. Adapun penyebab dari nafsu makan dan berat badan berkurang adalah adanya infeksi pada paru-paru. Jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Biasanya gejala ini diderita jika penyakit paru-paru basah sudah dalam keadaan yang cukup parah.

Demikiam penjelasan mengenai gejala paru-paru basah. Dengan mengetahui gejala paru-paru basah, semoga kita semua bisa terhindar dari penyakit yang satu ini. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar