in

Pasar Persaingan Tidak Sempurna (Monopoli): Kelebihan dan Kekurangan

Kekurangan Pasar Persaingan Tidak Sempurna
kiplinger.com

PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA – Coba pahami ilustrasi contoh berikut. Pada suatu perusahaan minyak yang mempunyai karyawan yang cukup banyak. Hal tersebut ikut memengaruhi harga minyak di pasar.

Ilustrasi atau contoh kasus tersebut memberikan gambaran sebuah bentuk pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competition market). Jadi pasar persaingan tidak sempurna akan terjadi kalau salah satu syarat dari pasar sempurna tidak terpenuhi.

Pasar persaingan tidak sempurna kalau diperhatikan dari segi pembeli dan penjualnya dapat dipisahkan menjadi pasar monopoli, pasar persaingan monopolistik, pasar oligopoli, pasar oligopsoni, dan pasar monopsoni. Di pembahasan ini, kami akan memaparkan mengenai pasar persaingan tidak sempurna pasar monopoli.

Pasar monopoli adalah keadaan pasar dimana hanya ada satu penjual (single firm) barang atau komoditi ini tidak memiliki pengganti (subtitusi) yang menyerupai (close subtitute). Oleh sebab itu pada pasar monopoli hanya ada satu penjual, di pasar ini tidak ada pesaing menyebabkan penjual (monopolis, berasal dari bahasa Yunani mono = satu dan polist = penjual) memiliki kuasa untuk mengubah harga dan jumlah barang di pasaran. Saat ini model pasar monopoli sudah jarang ditemui. Di Indonesia pasar monopoli dikenal pada PLN (perusahaan Listrik Negara), KAI (Kereta Api Indonesia), PDAM (Perusahaan Air Minum).

Kelebihan Pasar Persaingan Tidak Sempurna (Monopoli)

Kelebihan Pasar Persaingan Tidak Sempurna (Monopoli)
mediasulsel.com

Beberapa hal positif dari pasar persaingan tidak sempurna monopoli di antaranya;

  • Di Indonesia, monopoli yang dilakukan negara terhadap cabang-cabang produksi yang penting dan menguasai hajat hidup orang banyak telah memberikan manfaat yang besar terhadap masyarakat. Misalnya transportasi kereta api bagi masyarakat, listrik, bus kota, dan PDAM (kebutuhan air bersih).
  • Hak paten yang diberikan dan hak penjualan tunggal (exclusif franhise) bisa mendorong pengusaha untuk menemukan produk-produk inovatif yang diperlukan masyarakat.
  • Dengan keberadaan monopoli alamiah, harga sebuah produk bisa lebih murah.
  • Monopoli akan memacu perusahaan untuk terus meningkatkan daya saing, baik secara lokal maupun global.

Kekurangan Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Kekurangan Pasar Persaingan Tidak Sempurna
kiplinger.com

Ada beberapa kekurangan dari monopoli, yakni sebagai berikut.

  • Harga dikendalikan sepenuhnya oleh pihak monopoli (perusahaan), menyebabkan kemungkinan terjadinya permainan harga yang bisa saja merugikan konsumen.
  • Konsumen tidak mempunyai pilihan lain (alternatif) yang lebih baik berkaitan dengan harga maupun kualitas produk.
  • Keberadaan hak monopoli yang diberikan pemerintah mengakibatkan etos kerja perusahaan bisa jadi tidak maksimal, proses produksi ┬átidak efisien, serta bisa saja layanan terhadap konsumen tidak begitu diperhatikan sehingga kurang memuaskan.
  • Adanya monopoli memperbesar peluang terjadinya kebijakan harga yang diskriminatif (price discrimination).

Nah itulah kelebihan dan kekurangan pasar persaingan tidak sempurna, semoga menambah wawasan kita.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Prinsip Demokrasi Pancasila Beserta Penjelasannya

pengertian tata surya

Pengertian Tata Surya | Susunan Planet dan Bumi