Pemain Bola Muslim Paling Top dalam Starting XI

Sepak bola lahir dan berkembang di benua Eropa. Wajar jika semua yang terbaik tentang sepak bola, mulai dari kompetisi, klub, hingga pemain, ada di benua biru Eropa.

Karena Islam adalah agama minoritas di Eropa, maka tidak banyak pemain sepak bola muslim yang berkarir di sana. Ketika ada pemain muslim yang mengorbit di daratan Eropa, tentu saja muslim lain yang mengemari sepak bola akan respek terharap mereka.

Apalagi jika perilaku kehidupan mereka di dalam lapangan maupun di luar lapangan merepresentasikan keluhuran agama Islam.

Dewasa ini, tercatat ada beberapa pemain muslim yang bersinar dan bermain di klub-klub besar. Kebanyakan dari mereka berdarah Afrika utara dan Turki yang lahir di negara seperti Prancis dan Jerman.

Membayangkan bagaimana jika para pemain bintang yang muslim itu dikumpulkan menjadi satu kesebelasan, pastinya jadi tim yang sangat hebat.

Berikut ini telah kita pilihkan 11 pemain muslim terbaik yang masih aktif bermain sampai dengan saat ini. Siapa saja yang masuk starting XI pemain muslim itu? Ini dia daftarnya

Samir Handanović – Penjaga Gawang

hitamandbiru.blogspot.com

Jarang ditemui pemain muslim hebat yang berposisi sebagai penjaga gawang. Samir Handanovic adalah pemain muslim terbaik pada posisi tersebut.

Menjadi pemain inti Inter Milan pada beberapa tahun terakhir, tentu kemampuan pemain kelahiran Slovenia ini tidak sembarangan. Selain bagus di klub, Handanovic juga bagus saat tampil bersama timnas Slovenia.


Mamadou Sakho – Bek Tengah

theguardian.com

Cemerlang saat tampil bersama PSG, Sakho tidak butuh lama untuk menjadi pemain utama saat dia direkrut Liverpool. Dengan kekuatan dan kecepatan fisik, ditopang postur tubuh yang kekar, akan sulit bagi striker manapun melewati pemain yang satu ini.

Sakho yang sudah membela timnas prancis semenjak dari U-16, kini juga menjadi pemain andalan timnas senior Prancis.


Adil Rami – Bek Tengah

theguardian.com

Bagi pecinta liga Spanyol pasti tidak asing lagi dengan nama ini. Bersinar bersama klub Prancis Lille, Rami langsung menjadi salah satu bek tengah terbaik di Liga Spanyol bersama Valencia.

Sempat berpindah ke AC Milan, kini Rami kembali ke Spanyol dan membela klub Sevilla.


Bacary Sagna – Bek Kanan

gettyimages.com

Bermain dan menjadi andalan di dua klub raksasa Inggris, Arsenal dan Manchester City, Bacary Sagna boleh disebut sebagai pemain muslim terbaik di posisi bek kanan.

Bersama timnas Prancis, Sagna sampai sekarang sudah mencatatkan 49 caps pertandingan


Aly Cissokho – Bek Kiri

bleacherreport.com

Sulit mencari pemain muslim terbaik menggantikan Eric Abidal di posisi bek kiri. Urutan kedua terbaik mungkin ada pada pemain berkebangsaan Pancis ini.

Aly Cissokho mulai bersinar saat membela Lyon dan Valencia. Ia lalu mencoba peruntungan di Liga Inggirs bersama Liverpool dan Aston Villa.

Kini Cissokho kembali ke Porto, klub yang pernah membesarkan namanya.


Fellaini – Gelandang Tengah

width=”full-size

Mungkin tidak banyak yang menyangka kalau Fellaini adalah seorang pemeluk agama Islam. Tapi kalau melihat nama lengkapnya Marouane Fellaini-Bakkioui, latar belakang Islamnya baru terlihat.

Pemain berkebangsaan Belgia ini mulai mencuat saat membela klub Inggris Everton. Moncer bersama Everton, membuat MU kepincut dan merekrutnya pada tahun 2013.

Pemain ini dianggap ideal di posisinya, punya kecepatan dan postur tinggi, bagus dalam bertahan serta bagus juga dalam menyerang.


Sami Khedira – Gelandang Tengah

theepochtimes.com

Sesuatu yang sudah diketahui banyak orang, bahwa hanya pemain bintang yang direkrut oleh Real Madrid. Artinya stempel pemain bintang itu juga disandang oleh pemain kelahiran Jerman ini.

Sami Khedira tidak hanya mampir di Real Madrid. Khedira adalah pemain inti Madrid dalam beberapa tahun, sebelum akhirnya memilih hijrah ke Juventus.

Bersama timnas Jerman, Khedira sukses mengatarkan negaranya menjuarai Piala Dunia pada tahun 2014 silam.


Yaya Toure – Gelandang Serang

thetrentonline.com

Yaya Toure adalah aktor dibalik kesukesan Manchester City meraih dua gelar Premier league. Posisinya sebagai jendral lapangan tengah yang mengatur serangan City.

Dengan teknik tinggi, kecepatan, serta postur tingginya, Toure sangat ditakuti oleh lawan-lawannya.


Riyad Mahrez – Penyerang Sayap

therakyatpost.com

Semua pasti sepakat tentang siapa pemain yang paling fenomenal pada musim 2015/2016. Salah satunya adalah Riyad Mahrez. Pemain kelahiran Prancis yang lebih memilih membela timnas Aljazair ini sukses membawa Leicester City memimpin klasemen hingga pekan sekarang.

Kehebatannya dalam menggocek bola dan umpan-umpan mematikannya, membuat Barcelona tergoda untuk merekrtnya tahun depan.


Mesut Ozil – Penyerang Sayap

youtube.com

Sama seperti Khedira, status bintang Ozil bisa dilihat dari pengalamannya membela Real Madrid. Berbekal pengalamannya di Madrid dan keberhasilan menjuara piala dunia bersama Jerman, Mesut Ozil kini berusaha membawa Arsenal menjuarai Premier League.


Karim Benzema – Penyerang Tengah

football-talk.co.uk

Di posisi striker mungkin akan banyak yang bermunculan, mulai Edin Dzeko, Demba Ba, Kalou, Kanoute, hingga Chamack. Tapi diantara semuanya, mungkin belum ada yang bisa menggeser posisi Karim Benzema.

Ya, membela dan menjadi andalan Real Madrid selama beberapa musim tentu saja bukan kemampuan sembarangan. Tercatat kini Benzema sudah mencetak 106 goal selama 6 musimnya di Real Madrid.


Tinggalkan komentar