Inilah Tipe-tipe Pencontek pada Saat Ujian, Kamu yang Mana?

Sudah akhir tahun aja ni, biasanya anak sekolahan sudah masuk masa-masa ujian sekolah. Ujian itu kadang terasa aneh juga loh. Karena pada saat ujian ada aja yang nyontek. Mereka mencontek bukan tanpa alasan loh. Banyak banget alasannya, ada yang ngak belajar, malas, memang suka nyontek dll. Nah, ternyata ada juga loh tipe-tipe pencontek itu dan mungkin kamu diantara tipe-tipe pencontek berikut ini.

 

Pencontek Pemula

cnn.com

Pencontek pemula adalah orang yang sedang belajar mencontek. Tipe pencotek seperti ini, baru menyadari bahwa ketika dia belajar itu tidak gunanya dan akhirnya memutuskan untuk berpindah haluan ke sisi gelap, yaitu dunia percontekan. Terkadang pencontek pemula ini akan mempersiapkan banyak sekali contekan. Tetapi, pada saat datang untuk benar-benar mencontek dia akan terlihat gugup dan gerak-geriknya menjadi sangat mencurigakan dan akan gampang ketahuan.

Pencontek Kepepet

huffpost.com

Pencontek kepepet adalah orang yang biasanya tidak nyontek, namun karena super kepepet akhirnya memutuskan untuk mencontek. Alasan kepepetnya juga macam-macam, bisa karena nilai dia kali ini jelek dia ngak naik atau ngak lulus. Pencontek yang kepepet biasanya dia tidak mempersiapkan apa-apa ya namanya kepepet masa mempersiapkan segala sesuatunya. Nah, orang yang kayak begini biasanya dia akan menggunakan trik mencontek teman sebelahnya ataupun bisa juga berusaha ngambil buku yang ada di dalam tas.

Pencontek OMDO

slate.com

Pencontek OMDO atau ngomong doang adalah mereka yang paling ribut ketika mau nyontek pada saat sebelum ujian dimulai, namun kenyataannya dia sama sekali ngak nyontek. Bahkan dicontekin pun juga ngak mau. Biasanya orang kayaknya gini punya alasan sendiri ngumbar niatannya soal mencontek yaitu ingin terlihat asik di hadapan teman-temannya. Jadi intinya tipe yang kayak begini ngak bisa dibilang tukang nyontek.

Pencontek Nekat

popsci.com

Pencontek yang nekat biasanya adalah anak-anak yang jarang belajar ibarat nothing to lose. Biasanya anak-anak yang kayak gini pilihannya adalah kalau ngak nyontek udah pasti ngak lulus atau berusaha nyontek dapat kemungkinan buat lulus.

Walaupun kemungkinan ketauannya itu 60% dan bisa jadi dia ngak lulus juga. Binggung? Ya pokoklah anak-anak yang nekat untuk nyontek mereka nekat bangetlah. Anak-anak ini biasanya nyonteknya secara terang-terang, seperti pake buku atau terang-terang ngeliat jawaban teman disebelahnya.

Pencontek Professional

thewichitan.com

Pencontek professional adalah orang-orang yang selama dia mau ujian pasti dia melakukan pencontekan dengan elegan dan sungguh-sungguh. Pencontek yang tipe kayak begini biasanya adalah orang yang sangat tenang, cool, penuh akal dan pandai membaca situasi. Mereka juga melakukan persiapan yang sangat matang. Tidak jarang mereka membeli alat-alat yang dibutuhkan agar dapat mencontek dengan halus agar tidak ketahuan pengawas pada saat ujian berlangsung.

Tinggalkan komentar