Masa-Masa Pahit Mochtar Riady Sebagai Pendiri Lippo Bank

Mochtar Riady dilahirkan di kota Malang pada tahun 1929, tepatnya pada tanggal 12 Mei 1929.  Mochtar Riady merupakan seorang pengusaha ternama di Indonesia, karena beliaulah yang mendirikan Lippo Group.

Selain berstatus sebagai pendiri Lippo Group, Mochtar Riady juga sekaligus menjabat sebagai CEO atau presiden konglomerat Lippo Bank ini. Pria yang merupakan keturunan Indonesia-Tionghoa ini telah menyebarkan bisnisnya ke berbagai negara.

eddyleks.blog.kontan.co.id
eddyleks.blog.kontan.co.id

Di tahun 2011 silam, Mochtar Riady menduduki peringkat ke 38 sebagai orang terkaya di Indonesia. Kala itu, total kekayaan yang dimiliki oleh Mochtar Riady menembus angka hingga 650 juta dolar Amerika.

Kisahnya dalam mendirikan bisnis perbankan ini tidaklah berjalan mulus tanpa rintangan. Beliau juga pernah merasakan masa-masa pahit dalam hidupnya. Namun karena kesabarannya, beliau bisa menjadi pengusaha sukses seperti saat ini.

Mochtar Riady sudah tertarik dengan usaha yang ia jalani saat ini sejak umurnya masih 10 tahun. Setiap kali berangkat ke sekolah, ia selalu melewati Nederlandsche Handels Bank (NHB) dan melihat para pegawainya yang berpakaian rapih.

Namun ternyata keinginannya tidak sesuai dengan pendapat orang tuanya. Orang tua Mochtar Riady berpendapat bahwa profesi tersebut hanya berlaku untuk orang kaya saja, sedangkan kala itu ekonomi keluarganya tergolong miskin.

Selain itu, Mochtar Riady juga sempat ditangkap oleh pemerintahan Belinda pada tahun 1947. Beliau ditangkap karena tidak menyetujui adanya pembentukan Negara Indonesia Timur. Tak lama setelah itu, ia diasingkan ke Cina.

Sekian kisah singkat tentang Mochtar Riady sebagai seorang pendiri sekaligus presiden konglomerat Lippo Bank. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar