Pengertian Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Serta Contoh

Pengertian Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif – Kali ini kita akan membahas apa itu penelitian kualitatif dan kuantitatif lengkap beserta contohnya. Karena mungkin beberapa orang diantara kita masih belum mengetahui akan pengertian kualitatif dan kuantitatif.

Pengertian dari penelitian kualitatif dan kuantitatif itu memiliki perbedaan yang mencolok. Tidak usah panjang lebar mari bersama-sama kita simak pengertian, perbedaan dan contoh penelitian kulitatif dan kuantitatif berikut ini:

penelitian kualitatif dan kuantitatif

A. Pengertian Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Dalam penelitian pada ilmu pendidikan, juga dikenal suatu metode penelitin yang digunakan dalam pembelajaran, yaitu metode peneltian kualitatif dan kuantitatif. Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif merupakan suatu metode penelitian secara definisi dan pelaksanaannya saling bertolak belakang. Pengertian dari ke dua metode penelitian tersebut yaitu:

Pengertian Penelitian Kualitatif

Pengertian Kualitatif adalah metode penelitian yang menekankan pada aspek suatu pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah daripada melihat permasalahan untuk penelitian generalisasi.

Metode penelitian kualitatif lebih suka menggunakan teknik analisis yang mendalam ( in-depth analysis ). Yaitu mengkaji suatu masalah secara satu persatu, dari kasus perkasus.

Karena dalam metodologi kulitatif yakin bahwa sifat suatu masalah satu berbeda dengan sifat masalah lainnya. Tujuan dari metodologi kualitatif ini bukan suatu generalisasi tetapi pemahaman yang secara mendalam terhadap suatu masalah.

Penelitian kualitatif sendiri berfungsi untuk memberikan kategori substantif dan hipotesis penelitian kualitatif.

Pengertian Penelitian Kuantitatif

Penelitian Kuantitatif adalah metode penelitian yang lebih menekan pada aspek pengukuran dengan cara yang obyektif terhadap fenomena social. Untuk bisa melakukan pengukuran, pada setiap fenomena social di jabarkan kedalam beberapa komponen masalah, variable dan indikator.

Setiap variable yang ditentukan dan diukur dengan memberikan symbol-symbol dan angka yang berbeda – beda sesuai dengan kategori pada informasi yang berkaitan dengan variable tersebut. Dengan menggunakan symbol-symbol atau angka tersebut, teknik perhitungan secara kuantitatif matematik bisa di lakukan sehingga bisa menghasilkan suatu kesimpulan yang belaku umum di dalam suatu parameter.

B. Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Kuantitatif

Kualitatif

Tunggal, konkrit, teramatiGanda, holistik, hasil konstruksi dan pemahaman
IndependenInteraktif tidak dapat dipisahkan
Sebab-akibatTimbal balik/interaktif
Cenderung membuat generalisasiTransferability
Cenderung membuat generalisasiTransferability

C. Contoh Judul Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Penelitian Kualitatif adalah metode penelitian yang lebih untuk difokuskan pada pemahaman fenomena-fenomena sosial dari perspektif partisipan dengan lebih menitik beratkan pada gambaran yang lebih lengkap daripada merinci menjadi variabel yang saling terkait.
Contoh Judul Penelitian Kualitatif:

  1. Analisis Peran Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Manajemen Mutu Pendidikan
  2. Cara Belajar Siswa SD Dalam Menghadapi Ujian Nasional
  3. Eksploitasi Anak Jalanan
  4. Evaluasi Kebijakan Pendidikan Inklusif
  5. Kebiasaan Membaca Siswa Sekolah Dasar
  6. Kinerja Dan Profesionalisme Guru SD
  7. Kompetensi Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran
  8. Metode Pembelajaran Yang Efektif Dalam Membentuk Karakter
  9. Model Pembelajaran Yang Efektif Dalam Pembelajaran
  10. Pentingnya Keterampilan Membaca Bagi Siswa SD
  11. Peran Orang Tua Terhadap Anak Dalam Bidang Akademik
  12. Persepsi Dan Perilaku Merokok Mahasiswa PGSD
  13. Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Metode Inkuiri
  14. Pola Belajar Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional
  15. Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD
Penelitian Kuantitatif adalah metode penelitan yang bersifat deskriptif dan lebih banyak menggunakan analisis. Penelitan kuantitatif bertujuan mencari hubungan yang menjelaskan sebab-sebab dalam fakta-fakta sosial yang terukur, menunjukan hubungan variabel serta menganalisa.

Contoh Judul Penelitian Kuantitatif:

  1. Hubungan Antara Minat Baca Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar
  2. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar
  3. Pengaruh Bimbingan Belajar Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar
  4. Pengaruh Keluarga Dan Minat Baca Dengan Prestasi Belajar
  5. Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar
  6. Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar
  7. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar
  8. Pengaruh Motivasi Orang Tua Dan Intensitas Belajar Terhadap Hasil Belajar
  9. Perbandingan Hasil Belajar Antara Pemberian Tugas Kooperatif Dengan Tugas Individu
  10. Perbandingan Metode Pembelajaran Ditinjau Dari Minat Terhadap Hasil Belajar
  11. Perbedaan Metode Kerja Kelompok Dan Pemberian Tugas Individu Terhadap Hasil Belajar
  12. Perbedaan Model Konvensional Dengan Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar
  13. Perbedaan Model Membaca Bawah Atas Dan Interaktif Dalam Pemahaman Membaca
  14. Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatan Prestasi Belajar
  15. Perbedaan Pembelajaran Kontekstual dan Konvensional Ditinjau dari Motivasi Belajar

PERBEDAAN PENELITIAN KUALITATIF Dan KUANTITATIF – Dalam sebuah penelitian punya dua buah metode yakni kualitatif dan termasuk kuantitatif. Apakah perbedaan kualitatif dan kuantitatif didalam sebuah metode penelitian tersebut. Kedua metode penelitian selanjutnya pada dasarnya punya obyek yang sama, yakni sama-sama digunakan untuk mengumpulkan data.

Selain itu bersama dengan metode tersebut, peneliti termasuk sanggup mempertanggung jawabkan datanya yang telah dikumpulkan, serta segera lakukan penelitian dan observasi. Lalu, jika mempunyai sebuah obyek akhir yang sama dimanakah perbedaan keduanya? Agar lebih mengetahui berkenaan perbedaan ke-2 metode penelitian tersebut, Anda bisa langsung segera membaca ulasan dibawah ini.

Perbedaan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif

Perbedaan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif

Berikut ini beberapa perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif beserta contohnya dalam skripsi, serta contoh, menurut para ahli.

Perbedaan dari Segi Data

Dari segi data yang diambil ke-2 perihal ini punya perbedaan pada hasil data yang didapatkan. Pada metode kualitatif hasil yang didapat berbentuk penjelasan, catatan observasi, dokumen, dan termasuk wawancara atau angket. Sedangkan jikalau lakukan penelitian mengfungsikan metode kuantitatif data yang didapat biasanya berbentuk angka, koding, perhitungan, pemetaan dan lainnya.

Tujuan berasal dari ke-2 metode ini tentu saja untuk beroleh data yang valid untuk lakukan pengkajian pada sebagian perihal bersama dengan observasi secara langsung. Dengan data yang valid dan pasti, maka sanggup dihasilkan sebuah penelitian yang baik dan termasuk sanggup dipertanggungjawabkan.

Perbedaan dari Segi Obyek

Dari segi obyek penelitiannya, ke-2 metode ini termasuk punya perbedaan, pada metode kualitatif sebuah penelitian dilakukan untuk mengembangkan sebuah konsep yang di awalnya telah ada. Selain itu, penelitian kualitatif termasuk punya tujuan untuk memicu orang lebih mengetahui akan sebuah teori dan termasuk mengembangkan teori yang telah ada.

Sedangkan untuk penelitian kuantitatif punya obyek untuk lakukan pengujian akan sebuah teori. Selain itu, bersama dengan penelitian kuantitatif termasuk sanggup dihasilkan pemetaan untuk memberi tambahan uraian berbentuk angka dan termasuk statistik. Metode kuantitatif termasuk sanggup digunakan untuk meyakinkan sebuah fakta atau termasuk memicu prediksi akan sebuah teori yang dikeluarkan.

Perbedaan Sampling Dua Metode

Dari segi sampling pada dua metode ini punya perbedaan yang memadai mengetahui pula. Jika pada metode kualitatif sampling dilakukan bersama dengan metode non representatif jadi peneliti sanggup segera observasi sanggup termasuk melalui telpon atau perihal lainnya. Responden untuk penelitian kualitatif biasanya termasuk lebih sedikit supaya tidak terlalu sibuk didalam lakukan penelitian.

Sedangkan untuk penelitian kuantitatif sampling dilakukan menggunakan metode representatif yakni merupakan peneliti yang harus segera datang untuk lakukan observasi. Cakupan penelitian kuantitatif termasuk lebih luas bersama dengan jumlah responden yang jauh lebih banyak. Dengan demikianlah sanggup dihasilkan data yang valid untuk lakukan sebuah pemetaan.

Perbedaan yang Terakhir

Perbedaan kualitatif dan kuantitatif paling akhir sanggup diamati berasal dari segi pengumpulan data yang dilakukan. Karena metode penelitian kualitatif lebih berbentuk pengujian dan pengembangan maka pengumpulan data sanggup bersama dengan lakukan wawancara.

Selain itu metode kualitatif termasuk terlalu mungkin kami lakukan observasi partisipatif. Sedangkan untuk metode penelitian kuantitatif terbentuk karena pembuktian metode serta pengumpulan data biasanya mengfungsikan eksperimen. Selain itu, survey yang tepat digunakan didalam sebuah perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang ada.

Satu pemikiran pada “Pengertian Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Serta Contoh”

Tinggalkan komentar