Sejarah Penemuan Sistem Operasi Android

Di jaman sekarang kebanyakan orang pasti pernah mendengar istilah android. Bahkan mayoritas orang di dunia saat ini sudah sangat akrab menggunakan system ini pada smarthphone nya. Namun, kebanyakan mereka cuma tahu cara penggunaan tanpa tahu apa itu pengertian dan sejarah dari android itu sendiri.

sejarah sistem operasi android
www.cbronline.com

Pengertian Android

Android adalah nama dari sebuah sistem operasi yang memiliki sifat open source, maksudnya bebas untuk di modifikasi. Sistem android ini dikembangkan oleh Google dan saat ini paling banyak digunakan dalam perangkat smarthphone atau mobile phone. Secara umum android adalah sebuah robot yang dirancang dan diciptakan supaya terlihat serta memiliki tingkah laku seperti manusia. Jadi tidak heran jika logo dari sistem android ini adalah robot berwarna hijau.

sejarah sistem operasi android
www.slashgear.com

Sejarah Penemuan Sistem Operasi Android

Penemu dari sistem android adalah Andy Rubin, ia dijuluki sebagai “Bapak Android”. Andy Rubin juga merupakan pendiri Danger (perusahaan service software/perangkat lunak), bersama Rich Miner (pendiri Wildfire Communications, Inc.), Chris White (kepala desain dan pengembangan antarmuka WebTV) dan Nick Sears (Mantan VP T-Mobile), mereka mendirikan Android, Inc. pada bulan Oktober 2003 di Palo Alto, California.

Android, Inc. berfokus untuk menyediakan platform mobile yang mumpuni dan open source, sehingga dapat mendorong inovasi lebih baik dan lebih cepat demi keuntungan yang didapat pelanggan.

Awalnya Andy Rubin bersama teman-temannya tersebut mulai mengembangkan sebuah system operasi berbasis linux untuk ponsel dan perangkat mobile yang lain. Sasaran utama mereka yaitu untuk pengembang hanset dan operator. Kemudian bersama rekan-rekannya tersebut, Andy membuat sistem android yang hingga saat ini menjadi pusat perhatian serta digunakan oleh mayoritas orang di dunia.

Pada Juli 2005, raksasa Google membeli perusahaan Android, inc. dan Andy Rubin pun ikut bergabung ke Google. Bersama raksasa Google, Android diberikan kekuatan dan dana yang ekstra untuk pengembangan sistem Android nya. Sehingga Android memiliki berbagai inovasi yang akhirnya membuat sistem Android Berjaya mengalahkan Apple dengan sistem operasi iOS nya. Saat ini dari tahun ke tahun sistem Android berkembang sangat pesat.

Demikian sedikit penjelasan mengenai penemuan sistem operasi Android. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Tinggalkan komentar