Penemu Internet Beserta 40 Tokoh yang  Berperan Besar untuk Kemajuan Teknologi Ini

Dunia sudah menjadi sangat terhubung sejak ditemukannya internet. Teknologi ini sudah menggantikan cara kita membaca majalah dan koran. Kita sekarang berkomunikasi dengan email, bukannya surat menyurat. Kita menonton film online. Bahkan sekarang kita membeli barang dan membayar tagihan melalui internet. Jejaring ini juga sudah mengubah cara pertemanan kita melalui media sosial. Saking berpengaruhnya internet bagi kehidupan abad ke-21 ini, sulit bagi kita untuk membayangkan dunia tanpa internet.

Namun, tahukah kamu siapa penemu internet? Siapa saja yang berperan besar dalam perkembangan internet sampai sekarang ini. Berikut ini 40 lebih tokoh yang paling berperan dalam pembentukan teknologi yang membuatmu bisa membaca artikel dari kami ini.

Leonard Kleinrock: Penemu Internet

malahayati.ac.id
malahayati.ac.id

Leonard Kleinrock ini menciptakan fondasi untuk teknologi internet, yang bernama ARPANET. Pada September 1969. omputer di laboratoriumnya di UCLA menjadi komputer pertama yang terhubung di jaringan ARPANET. Bersama Vint Cerf, Bob Kahn, dan Larry Roberts, Leonard Kleinrock mendapat gelar bapak internet.

Vint Cerf dan Bob Kahn: Bapak Internet

livemint.com
livemint.com

Vint Cerf dan Bob Kahn menciptakan protokol komunikasi TCP/IP, bahasa yang digunakan oleh komputer untuk bisa saling mengirimkan informasi di dalam satu jaringan. Vint Cerf pernah berkata bahwa internet hanyalah cerminan dari masyarakat dan spam adalah efek samping dari layanan gratis.

Tim Berners-Lee: Penemu www

http://grupobcc.com/
http://grupobcc.com/

Tim Berners-Lee menemukan World Wide Web. Ia menuliskan web client dan server pertama serta mendesain cara untuk membuat tautan, alias link atau hypertext. Sekarang dia menjadi direktur World Wide Web Consortium (W3C) yang berperan untuk menjaga standar web dan memperbaiki desainnya.

Ray Tomlinson: Bapak Email

Ray Tomlinson adalah seorang programmer yang membuat kita bisa bertukar pesan antarmesin di lokasi yang berbeda, bahkan dari belahan dunia mana pun. Tomlinson yang memberi ide format simbol @ untuk alamat email. Sekarang ini, lebih dari satu milyar orang di seluruh dunia mengetikkan tanda @ setiap harinya.

Michael Hart: Bapak eBook

Michael Hart adalah tokoh yang melahirkan eBook  ppertama kalinya. Ia membuat Project Gutenberg, perpustakaan elektronik pertama di dunia. Koleksi yang ia sebarkan lewat situsnya adalah karya milik publik dan karya berhak cipta yang sudah mendapat izin.

Gary Thuerk: Spam Email yang Pertama

Spamming merupakan satu teknik marketing tua. Gary Thuerk mengirimkan satu email ke seluruh pelanggannya llewat Arpanet. Isi email tersebut mempromosikan sistem VAX T-Series yang baru. Namun saat itu dia tidak sadar kalau sedang mengirimkan spam pertama di dunia.

Scott Fahlman: Emoticon Pertama

Scott Fahlman adalah orang pertama yang mengirim pesan berisi emoticon pertama, yakni emoticon senyum berbasis ASCII. Emoticon ini ia pakai untuk membantu membedakan tulisan yang perlu dianggap lelucon dan tulisan yang lebih serius. Saat ini, semua orang menggunakan emoticon untuk chat dan email.

Marc Andreessen: Netscape Navigator

Marc Andreessen merevolusi navigasi internet. Dia yang menciptakan browser web yang pertama kali banyak digunakan, yang ia sebut Mosaic. Browser ini kelak dikomersialisasi dengan nama Netscape Navigator. Marc Andreessen juga menjadi co-founder dan chairman Ning, perusahaan yang memberikan platform untuk situs social network. Dia juga menjadi investor di beberapa start up seperti Facebook, Groupon, Twitter, dan Zynga.

Jarkko Oikarimen: Internet Relay Chat, IRC

Pengguna internet tahun 90-an sampai awal 2000-an pasti kenal karya tokoh yang satu ini. Jarkko Oikarinen mengembangkan alat online chat real time yang pertama, yakni Internet Relay Chat. IRC menjadi terkenal pada tahun 1991, yakni saat Iraq menyerang Kuwait. Pada saat itu sinyal radio dan TV mati. Lewat IRC-lah, informasi yang palig up-to-date bisa tersebar  secara luas.

Robert Tappan Morris: Virus Worm yang Pertama

Konsep virus worm ini unik dibanding cara hacking yang konvensional. Virus worm bukan beredar di jaringan, namun meningirimkan program kecil yang sudah dia rumuskan kodenya untuk melakukan hal tersebut. Lewat konsep inlah, Robert Tappan Morris menciptakan Morris Worm. Virus ini menjadi virus worm pertama yang disebarkan ke internet,  yakni pada tahun 1988. Untuk menghilangkan virus ini, tiap pemilik sistem perlu menghabiskan 200 sampai 53.000 dolar Amerika Serikat.

David Bohnett: GeoCities

David Bohnett, bersama John Rezner, mendirikan GeoCities pada tahun 1994. GeoCities tumbuh menjadi komunitas internet terbesar.Bohnett adalah pionir dari konsep menyediakan home page untuk semua orang secara gratis. Perusahaan ini tutup pada 27 Oktober 2009 dan meninggalkan 38 juta penggunanya.

Ward Cunningham: Wiki Pertama

Programmer Amerika, Ward Cunningham, mengembangkan wiki pertama untuk membuat orang-orang berkolaborasi dalam menciptakan dan mengedit halaman online. Cunningham menamainya wiki, dari bahasa Hawaii yang berarti cepat.

Sabeer Bhatia: Hotmail

Sabeer  Bhatia mendirikan Hotmail, pelafalan dari HTML—bahasa yang digunakan untuk menulis halaman web. Bhatia menjadi terkenal saat dia menjual layanan email gratis, Hotmail, ke Microsoft sebesar 400 juta dolar Amerika Serikat pada tahun 1997. Dia mendapat penghargaan “Entrepreneur of the Year” oleh Draper Fisher Jurvertson pada tahun 1998 dan masuk daftar “People to Watch” majalah Times pada tahun 2002.

Matt Drudge: The Drudge Report

Matt Drudge mendirikan situs pengumpul berita, The Drudge Report. Situs ini mulai populer setelah menjadi yang pertama mengeluarkan berita skandal Monica Lewinsky.

Larry Page dan Sergey Brin: Google

Larry Page dan Sergey Brin mengubah cara kita mencari dan menggunakan internet. Page dan Brin mulai mendirikan Google dengan modalnya sendiri. mulainya situs pencari ini dibuat untuk proyek riset di kampus mereka. Situs ini terus tumbuh sampai-sampai dana yang mereka miliki tak cukup  untuk mengoperasikannya. Setelah itu mereka mendapat investasi privat yang dihubungkan oleh kampus mereka, Stanford. Sampai saat ini, Page, Brin, dan Google terus memprioritaskan engineering daripada bisnisnya.

Bill Gates: Microsoft

Bersama Paul Allen, Bill Gates mendirikan perusahaan piranti lunak bernama Micro-Soft, singkatan dari microcomputer software. Setelahnya, Bill Gates mengembangkan GUI (Graphic User Interface) baru untuk sistem operasi disk. Dia menyebutnya Windows. Dia punya misi yang sangat terkenal, “komputer di setiap meja kerja dan di setiap rumah.”

Steve Jobs: Apple

Steve Jobs telah merevolusi industri piranti keras dan lunak komputer. Pendiri Apple ini mengubah cara kita bekerja, bermain, dan berkomunikasi. Jobs membuat desain web lebih sederhana dan rapi serta berkelas.

David Filo dan Jerry Yang: Yahoo

David Filo dan Jerry Yang memulai Yahoo! untuk mengisi waktu luangnya. Keisengan mereka berevolusi menjadi perusahaan besar yang mengubah cara orang berkomunikasi, mencari, dan mengakses informasi serta membeli berbagai hal. Nama Yahoo! sendiri merupakan akronim dari Yet Another Hierarchical Officious Oracle. Namun Filo dan Yang bersikeras bahwa mereka memilih nama itu karena suka akan definisi umum  yahoo: “kasar dan tidak rumit.”

Brad Fitzpatrick: LiveJournal

Brad Fitzpatrick menciptakan LiveJournal, salah satu platform blogging pertama. Ia dikenal di dunia internet dengan nama bradfitz. Dia juga membuat beberapa proyek software gratis, seperti memcached, yang digunakan di LiveJournal, Facebook, dan YouTube. Walau tidak terkenal di Indonesia, LiveJournal terus ada sampai sekarang menjadi komunitas online yang membuat orang-orang bisa berbagi via diari dan blog.

Shawn Fanning: Napster

Shawn Fanning mengembangkan Napster, program berbagi file yang dibuat agar fans musik bisa mencari dan bertukar musik. Pengguna memasukkan file-file yang mau mereka bagi ke direktori khusus di hard drive mereka. Pengguna layanan ini mencapai 25 juta pada tahun 2001, namun ditutup setelah ada beberapa tuntutan hukum.

Peter Thiel: Paypal

Peter Thiel adalah salah satu tokoh yang mengembangkan Paypal, layanan yang memungkinkan saling transfer uang antar pengguna dengan instan. Paypal memberikan developer akses terhadap kode yang ia punya sehingga mereka bisa bekerja dengan framework transaksi yang sangat rumit. Peter Thiel mendirikan Paypal pada usia 31 dan menjualnya senilai 1,5 milyar dolar ke eBay 4 tahun kemudian.

Pierre Omidyar: eBay

Pierre Omidyar mendirikan marketplace online yang merevolusi cara mengumpulkan pembeli dan penjual, eBay. Dia juga menjadi pionir dalam konsep mengukur kepercayaan dari pengguna anonim. Dalam membangun kerajaan lelangnya, Omidyar bergantung pada kekuatan individu. Kemampuan terbesar Omidyar ada pada melihat sifat manusia. Dia paham bahwa orang akan membeli apa saja. Sampah bagi satu orang, bisa jadi harta karun untuk orang lain.

Jimmy Wales: Wikipedia

Jimmy Wales mendirikan ensiklopedia terbesar di dunia, berisikan artikel-artikel yang bisa diedit dengan mudah oleh siapa pun. Wikipedia diluncurkan pada tahun 2001 dan kini menjadi referensi paling poluler di internet.

Stewart Butterfield dan Caterina Fake: Flickr

Situs berbagi foto sudah menjadi keseharian jutaan orang. Stewart Butterfield dan istrinya, Caterina Fake, menciptakan Flickr yang lahir dari game online yang berisikan semua hal yang orang ingin lakukan di internet. Flickr memiliki gagasan bahwa kamu tidak lagi punya album foto, yang ada adalah aliran foto. Pada tahun 2005, Flickr diakuisisi oleh Yahoo.

Jonathan Abrams: Friendster

Bersama Cris Emmanuel, Jonathan Abrams membangun Friendster untuk membantu orang-orang bisa berkencan. Idenya diambil dari match.com. friendster menjadi social network pertama yang menjadi populer. Anggotanya bisa membuat profil berisikan buku dan fillm favorit lalu dihubungkan dengan teman-temannya. Friendster ditutup sejak 14 Juni 2015.

Niklas Zennstrom: Skype

Niklas Zennstrom mendirikan tren komunikasi dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah, Skype. Layanan ini menawarkan software gratis untuk bisa menelepon ke seluruh dunia dengan kualitas yang bagus dengan menggunakan komputernya.

Bram Cohen: Bit Torrent

Kalau Napster menjadi file sharing generasi pertama, Bram Cohen mengubah wajah file sharing dengan mengembangkan BitTorrent, yang memiliki pertumbuhan pengguna yang sangat cepat. BitTorrent memiliki konsep: semakin cepat kamu mengunggah, semakin cepat pula kamu bisa mengunduh. BitTorrent memecah file menjadi bagian-bagian kecil. Begitu satu pengguna memiliki satu bagian, dia akan langsung mulai mengunggahnya agar bisa diunduh pengguna lain. Dengan BitTorrent, semua pengguna mengunggah dan mengunduh bagian file yang sama secara bersamaan.

Reid Hoffman: LinkedIn

Reid Hoffman, mantan wakil presiden Paypal, membuat LinkedIn untuk menjadi  social network profesional. Dalam LinkedIn, pengguna  bisa mendapat detail kontak orang-orang yang ia kenal dan percayai. Pengguna bisa mencari pekerjaan, menukarkan CV, dan mencari calon rekan kerja.

Matt Mullenweg: WordPress

Matt Mullenweg mendirikan WordPress, situs blogging open source yang paling banyak digunakan. Beberapa situs terkenal yang menggunakan wordpress adalah Techcrunch, Huffingtonpost, Mashable, dan Satu Jam :D.

Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim: Youtube

Ketiga orang ini pertama kali bertemu saat bekerja di PayPal. Setelah itu mereka mendirikan situs berbagi video paling populer di internet, YouTube. Saat ini YouTube menyiarkan lebih dari 100 juta video setiap harinya. Saat menciptakan YouTube, mereka membagi pekerjaan berdasarkan kemampuan yang mereka punya: Chad Hurley mendesain antarmuka dan logo situss. Steve Chen dan Jawed Karim membagi tugas teknikal dalam membuat situs bekerja. Setelah itu mereka membagi tugas manajemen berdasarkan minat dan kekuatan: Chad Hurley menjadi CEO, Streve Chen menjadi  CTO. Satu setengah tahun setelah pertama dibuat, Google mengakuisisi YouTube dengan saham senilai 1,65 milyar dolar AS.

Craig Newmark: Craiglist

Craig Newmark membuat situs yang mengubah dunia periklanan bernama Craiglist. Situs ini ditakuti oleh surat kabar karne memberikan iklan gratis untuk semua orang. Craiglist dimulai  dari daftar email teman-teman Newmark di Bay Area. Sejak saat itu, situs ini telah tumbuh menjadi database online untuk iklan dari berbagai topik, mulai dari perumahan sampai cari jodoh.

Julian Assange: Wikileaks

Julian Assange membuat situs yang mempublikasikan dokumen rahasia hasil curian. Assange merancang software canggih agar Wikileaks bisa menutupi identitas “maling” yang mencuri dokumen-dokumen ini lewat menghapus identitasnya sebelum menyebarkannya ke seluruh dunia. Sebagai hasilnya, tidak ada satu orang pun yang bisa melacak siapa dan kapan “maling” ini mengirimkan datanya. Situs ini mendeklarasikan dirinya sebagai Wikipedia tanpa sensor untuk pembocoran dan analisis dokumen yang tidak bisa dilacak.

Dick Costolo: FeedBurner

Sebelum ada FeedBurner, orang suka mengunjungi situs yang mereka sukai hanya untuk mencari tahu apa ada update terbaru. Dick Costolo membuat pengumpul beriita yang secara otomatis mengunduh update. Sebuah RSS, Really Simple Syndication, mengirimkan update dari pemilik website ke komputermu. FeedBurner diakuisisi oleh Google pada tahun 2007.

Mark Zuckerberg: Facebook

Mark Zuckerberg membuat Facebook untuk membantu mahasiswa bisa tetap kontak dengan teman-temannya. Update status lahir di Facebook, satu fitur  yang pengguna gunakan untuk memberi tahu orang lain apa yang sedang ia lakukan. Facebook juga memiliki fitur untuk pamer foto, unggah video, mengobrol,  dan lain-lain. Situs ini sekarang sudah memiliki 1,65 milyar pengguna. Hanya ada 4 negara lagi yang masih belum Facebook taklukkan: Rusia, Cina, Jepang, Korea.

Jack Dorsey: Twitter

Jack Dorsey membuat Twitter agar  teman-teman dan keluarganya bisa tahu apa yang sedang ia lakukan. Media komunikasi dengna pertumbuhan tercepat ini memungkinkan pengguna membroadcast isi pikirannya lewat 140 karakter yang disebut tweet dan juga memposting ulang tweet orang lain lewat fitur Retweet. Sebelum ada witter, tidak ada yang mengira kalau orang-orang mau memfollow orang asing, selebritis menggunakannya untuk memberi tahu aktivitasnya ke fans-fansnya, dan juga perusahaan akan menggunakannya untuk memberi update ke pelanggannya.

Christopher Poole: 4chan Message Board

Christopher Poole alias Moot memulai  papan pengumuman 4chan agar orang-orang bebas untuk salah. Tidak seperti forum web lainnya, 4chan tidak punya sistem registrasi, sehingga pengguna bisa memposting secara anonim. Moot percaya akan nilai dari identitas ganda, termasuk anonimitas. Ini tidak seperti situs social network lainnya yang menggabungkan identitas dunia nyata dan online.

Jeff Bezos: Amazon

inc42.com
inc42.com

Jeff Bezos mendirikan toko online terbesar di dunia, Amazon. Situs yang mulanya bernama Cadabra Inc. ini membuat orang-orang bisa belanja lebih cepat daripada pergi ke toko. Amazon juga membuat Kindle, gadget yang membuat kita bisa mengunduh buku dan membacanya langsung di alat tersebut.

Satu pemikiran pada “Penemu Internet Beserta 40 Tokoh yang  Berperan Besar untuk Kemajuan Teknologi Ini”

Tinggalkan komentar