Siapakah Perintis Terciptanya Komputer?

Penemu komputer pertama Charles Babbage. Dikenal sebagai satu di antara pelopor atau penemu dari komputer pertama kalinya. Charles Babbage yaitu salah seorang ilmuwan di dunia yang tercatat sebagai penemu komputer pertama, yang telah banyak berikan karyanya pada kehidupan manusia, terlebih sisi komputer.

Mesin penghitung (Difference Engine no. 1) yang diketahui oleh Charles Babbage (1791-1871) yakni satu di antara icon yang paling popular dalam histori pergantian komputer dan yaitu kalkulator otomatis pertama. Babbage juga populer dengan julukan bapak komputer. The Charles Babbage Foundation memakai namanya untuk menghormati kontribusinya pada dunia komputer.

www.charlesbabbage.net
www.charlesbabbage.net

Charles Babbage lahir di daerah yang sekarang ini dikenal dengan nama Southwark, London, 26 Desember 1791, anak dari Benjamin Babbage, seseorang Banker. Kelebihannya dalam matematika demikian menonjol. Saat masuk Trinity College di Cambridge th. 1811, dia rasakan bila kemampuan matematikanya jauh lebih baik, bahkan daripada tutornya sendiri.

Di usia 20 tahunan Babbage bekerja sebagai seorang ahli matematika terutama dibagian faedah kalkulus. Th. 1816, dia diambil sebagai anggota ” Royal Society ” (organisasi sains dan akademis berdiri dengan sendiri Inggris Raya, masih tetap aktif hingga sekarang ini) dan memainkan peran paling utama di yayasan ” Astronomical Society ” (organisasi Astronomi dan geofisika Inggris raya, masih tetap aktif hingga sekarang ini) pada th. 1820. Ketika itu┬áBabbage mulai tertarik pada mesin hitung, yang berlanjut hingga akhir hayatnya.

www.quotesofthelife.com
www.quotesofthelife.com

Charles Babbage juga seorang ahli cryptanalysis yang berhasil memecahkan vigenere cipher (polyalphabet cipher) . Kepandaiannya ini sesungguhnya sudah dimilikinya sejak mulai th. 1854, setelah dia berhasil mengalahkan tantangan Thwaites untuk memecahkan ciphernya. Walaupun itu penemuannya ini tidak dia terbitkan sampai baru ketahuan di masa 20 waktu sebagian ahli mengecheck notes-notes (tulisan, catatan) Babbage.

Dibalik semuanya kesuksesannya, kegagalan dalam pembuatan mesin perhitungan dan kegagalan pertolongan pemerintah kepadanya, meninggalkan Babbage dalam kecewaan dan rasa sedih di akhir waktu hidupnya. Babbage meninggal dunia ditempat tinggalnya di London pada tanggal 18 Oktober 1871.

Tinggalkan komentar