James Watt, Penemu Mesin Uap

Dewasa ini industri  berkembang sangat pesat. Efek yang yang ditimbulkan dari perkembangan industri ini adalah lahirnya berbagai macam alat konstruksi, produk makanan maupun barang-barang tekstil.

Namun tahukah kamu siapa yang pertama kali yang meletakkan dasar terjadinya revolusi industri? Dia adalah James Watt, ilmuwan sains, penemu yang mengembangkan mesin uap. Karena jasa beliaulah sampai sekarang kita bisa merasakan teknologi yang cangggih saat ini.

James Watt lahir di Greenock, Skotlandia pada tanggal 19 Januari 1736. Lahir dari seorang ibu yang memiliki latar belakang pendidikan. Sehingga hari-harinya penuh dengan ilmu dan wawasan karena langsung dibawah asuhan ibunya.

Baca Juga: Michael Farday, Penemu Listrik Pertama Kali

Watt
dazeinfo.com

Setelah dewasa. James Watt melanjutkan studi ke kota London. Dalam kesehariannya James Watt disibuki dengan bisnis instrumen. Bersama dengan tiga orang profesor yanga da di Universitas Glasgow, James Watt pada akhirnya diberi kesempatan untuk membuka bengkel kecil di sudut univeristas.

Selama empat tahun dia menggeluti dunia perbengkelan. Hingga pada akhirnya melakukan percobaan dengan uap bersama dengan para temannya. Pernah pada suatu hari salah seorang profesor tertarik dengan mesin uap buatan mereka.

Ketertarikan tersebut membuat James Watt bersama dengan temannya terus melakukan pengembangan yang pada akhirnya mereka berhasil menemukan formula yang penting. Yaitu energi panas yang ditimbulkan dan diserap oleh berbagai objek.

Pada tahun 1765, James Watt berhasil membuat suatu model mesin yang dapat bekerja dengan baik dan benar. Atas jasanya inilah nama Watt diabadikan dalam satuan energi oleh Satuan Internasional (SI).

Tinggalkan komentar