Menapak Kisah Balik Antonio Meucucci, Sang Penemu Telepon Sejati

Karena jasa seorang Antonio Santi Giuseppe Meucci lah hingga kita sekarang bisa merasakan kemudahan berkomunikasi, yaitu telepon.

Ia lahir di San Frediano, pada 13 April 1808 dan meninggal pada tanggal 18 Oktober 1889 ketika umur 81 tahun.

Meucucci adalah seorang penemu berkebangsaan Italia yang salah satu penemuannya merupakan alat komunikasi modern yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat pada saat ini.

Memang pada umumnya penemu telepon yang lebih luas dikenal masyarakat adalah Alexander Graham Bell.

Namun sepertinya sejarah masa lalu memang harus ditulis ulang, karena adalah seorang imigran yang berasal dari Firenze-Florence, Italia lah yang berhasil menciptakan telepon pada tahun 1849, dan mematenkan hasil karyanya pada tahun 1871, yaitu Antonio Meucci.

Antonio Meucci lahir di kota San Frediano, dekat dengan kota Firenze pada tahun 1808.

 

fitriawulandari12.blogspot.com
fitriawulandari12.blogspot.com

Ia adalah seorang lulusan Akademi Kesenian Firenze, yang kemudian bekerja di Teatro della Pergola sampai pada tahun 1835. Setelh itu ia ditawarkan pekerjaan di Teatro Tacon in Havana, Kuba dan berimigrasi ke sana bersama istrinya.

Ketika ia memiliki waktu luang, terkadang Antonio Meucci suka melakukan penyelidikan terhadap suatu hal, dan menciptakan barang-barang baru tanpa sedikitpun rasa putus asa.

Sampai ketika dimana Antonio telah mengembangkan suatu penemuan hebat, yaitu bagaimana cara menggunakan setrum listrik untuk menyembuhkan penyakit, ia pula penyebab penemuan ini menjadi populer pada ketika itu dan diapaki sampai saat ini.

Namun, Pada tahun 1850 ia pindah ke Staten Island, yang terletak di kota New York.

Ketika itu Meucci menjadi jatuh miskin, akan tetapi semangat nya terus membara dan masih terus menyempurnakan alat yang telah diciptakannya tersebut, yaitu telepon komunikasi.

Penyebab kesulitan ekonomi dan sakit keras, akhirnya istrinya terpaksa menjual beberapa alat-alat ciptaannya hanya seharga enam dolar untuk biaya pengobatan ketika itu.

Setelah berhasil sembuh, Meucci bekerja keras siang dan malam terus menerus demi untuk membuat kembali alat-alat hasil karya ciptaannya.

Tepat pada tahun 1871, yang mana disebabkan tak cukupnya uang untuk membayar paten telepon, dan ia hanya membayar hak paten nya untuk sementara, yang hanya berlaku untuk satu tahun,serta harus diperpanjang ketika datng tahun selanjutnya.

i-tech-41111014.blogspot.com
i-tech-41111014.blogspot.com

Antonio Meucci mencoba untuk mendemonstrasikan potensi dari teknologi alat “telegraf berbicara” ini, dengan membawa model dan segala keterangannya pada wakil ketua perusahaan telegraf Western Union.

Setiap kali Antonio hendak menemui wakil ketua ini, Edward B.Grant selalu mengatakan kepadannya bahwa dia tak memiliki waktu.

Dua tahun kemudian, ketika Meucci meminta kembali semua materi telepon yang ada pada di perusahaan tersebut, ternyata mereka hanya mengatakan kepadanya semua barangnya telah hilang.

Setelah itu, pada tahun 1876 Alexander Graham Bell mengakuisi penemuan tersebut dengan cara menyandang nama sebagai penemu telepon.

Namun, setelah Antonio mengetahuinya, ia memanggil seorang pengacara untuk protes kepada Kantor Paten Amerika Serikat di Washington, malangnya Meucci mengalami kekalahan untuk kasus tersebut.

Setelah adanya permusuhan antara Alexander Graham Bell dengan Western Union, baru terungkaplah bahwa Bell sebelumnya telah menyetujui untuk membayar dua puluh persen keuntungan komersil atas penemuan telepon selama 17 tahun kepada perusahaan Western Union.

Tinggalkan komentar