11 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

PENGERTIAN ADMINISTRASI MENURUT PARA AHLI – Kebanyakan orang mengetahui bahwa administrasi merupakan sesuatu hal yang berhubungan dengan perhitungan angka-angka. Padahal administrasi sebenarnya administrasi adalah keseluruhan dari rangkaian-rangkaian aktivitas yang mempunyai aturan.

Didalamnya juga terdapat sejumlah orang yang terlibat di situ. Kebanyakan sumber belajar memang memakai istilah administrasi itu, seperti menggunakannya pada istilah Administrasi Perkantoran dan manajemen perkantoran. Administrasi sendiri sebenarnya dari bahasa Yunani yakni administrare maknanya ialah pelayanan atau pengabdian.

Pada pengertian administrasi secara sempit terdapat dua pengertian yaitu administrasi merupakan sebuah aktivitas penyusunan. Pengertian kedua adalah pencatatan suatu data dan informasi secara sistematis yang memiliki tujuan untuk menyediakan bermacam-macam keterangan.

Kedua hal itu dilakukan untuk mempermudah dalam memperolehnya kembali baik secara keseluruhan atau sebagian. Sementara itu arti administrasi Dalam pengertian yang luas ialah sebuah aktivitas yang berhubungan dengan kerjasama yang dilaksanakan oleh sebuah kelompok berdasarkan tugas atau kerja setiap orang.

Hal tersebut dilakukan dengan memanfaatkan semua sumber daya yang dipunyai demi mencapai tujuan tertentu. Agar anda lebih jelas memahami apa yang dimaksud dengan administrasi simak artikel mengenai pengertian administrasi menurut para ahli di bawah ini.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

pengertian administrasi menurut para ahli
deweezz.com

Agar Anda lebih mudah memahami pengertian administrasi, berikut kami sediakan pengertian administrasi menurut para ahli. Orang-orang dibawah ini merupakan orang yang memiliki kredibilitas yang bagus dalam segi keilmuan dan pengalaman. Sehingga pengertian administrasi yang mereka sampaikan dapat dipercaya.

Sondang P. Siangan

Menurut beliau, Administrasi ialah semua proses kerjasama 2 atau lebih orang manusia yang

adalah keseluruhan proses kerja sama antara dua orang manusia atau lebih yang ditumpukan pada pikiran dan pertimbangan yang logis demi menggapai tujuan yang sudah diputuskan.

Munawardi Reksohadiprowiro

Dalam artian sempit administrasi ialah sistem usaha yang meliputi segala pengaturan yang rapi dan terorganisir serta pemutusan fakta-fakta yang tertulis demi tujuan mendapatkan pandangan yang lengkap serta hubungan timbal balik antara sebuah fakta dengan fakta lainnya.

Wijana

Menurut Wijana, administrasi merupakan “Kumpulan seluruh organ-organ Negara baik rendah dan tinggi yang bertugas menyelenggarakan pelaksanaan pemerintahan serta kepolisian.

Leonard D. White (1958)

Leonard D. White menyatakan bahwa Administrasi merupakan sebuah mekanisme yang umum pada seluruh usaha-usaha sebuah kelompok baik pada usaha umum ataupun usaha pribadi.

Wiliam H. Newman (1963)

William H. Newman mengatakan bahwa administrasi yaitu pembimbingan, leadership, dan pemantauan usaha-usaha sebuah kelompok individu untuk menggapai pencapaian dan tujuan bersama.

Ulbert

berdasarkan  pendapat Ulbert, pada artian sempit administrasi diartikan sebagai penyusunan dan penulisan data serta informasi dengan teratur baik internal maupun eksternal demi tujuan untuk menyajikan keterangan serta membantu untuk mendapatkan kembali data tersebut baik sebagian ataupun semuanya.

Pengertian administrasi secara sempit menurut Ulbert ini lebih populer diketahui dengan sebutan Tata Usaha.

W.H. Evans

Berdasarkan pernyataan W. H. Evans, administrasi yakni fungsi yang berkaitan dengan manajemen dan pengarahan semua tahap operasi perusahaan tentang pengolahan bahan keterangan, komunikasi, dan memori organisasi.

William Lefingwell & Edwin Robinson

pengertian administrasi menurut para ahli
findagrave.com

Administrasi termasuk cabang ilmu manajemen yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan, dan dimana pekerjaan itu harus dilakukan.

Arthur Grager

Administrasi ialah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi

George Terry

Administrasi merupakan perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Simon

Administrasi sebagai kegiatan kelompok yang mengadakan kerjasama guna menyelesaikan tugas bersama.

Demikian artikel mengenai pengertian administrasi menurut para ahli, semoga bisa bermanfaat. Salam.

Tinggalkan komentar