Pengertian Administrasi Perkantoran Beserta Karakteristiknya

PENGERTIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN – ┬átermasuk ke dalam sebagian besar dari literatur yang telah memakai istilah administrasi perkantoran dan manajemen. Hal ini telah dipertegas oleh PBB pada tahun 1969, bahwa keduanya adalah sama.

Walaupun istilah dari administrasi lebih banyak dipakai untuk hal-hal yang memiliki hubungan dengan negara saja. Sedangkan manajemen sendiri lebih banyak memiliki hubungan dengan suatu perusahaan.

Definisi Administrasi Perkantoran

Pengertian Administrasi Perkantoran
wikimedia.org

1. Gie

Manajemen perkantoran bisa juga diartikan sebagai perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian dalam suatu pekerjaan perkantoran. Dan juga pergerakan mereka yang tersusun agar bisa mencapai tujuan-tujuan yang sudah ditentukan lebih dahulu.

Hal ini bersangkutan dengan persebaran hidup data dan penjelasan perusahaan dari pembuatan dan melalui pemeliharaan, penyimpanan dan penyebaran.

2. Mills

Bagian dari langkah manajemen yang berkaitan dengan insting dan pelaksanaan prosedur yang akan dipakai untuk menentukan dan mengevaluasi program. Dari perkembangan kegiatan akan diatur dan dicek kembali berdasarkan target dan juga rencana.

Sehingga bisa disimpulkan pengertian administrasi perkantoran adalah rangkaian dari aktivitas merencanakan, mengorganisasikan,mengawasi, mengarahkan dan mengendalikan. Sehingga bisa menyelenggarakan secara tertib pada pekerjaan administrasi perkantoran agar menunjang pencapaian dan tujuan organisasi.

Karakteristik Administrasi Perkantoran

Pengertian Administrasi Perkantoran
solusibisnis.co.id

Administrasi perkantoran memiliki beberapa perbedaan dengan tata usaha. Ada beberapa faktor yang menjadi pembeda, mulai dari luas lingkup unit kerja dan jenis kerjaan sebagai tempat untuk pelaksanaan kegiatan. Berikut karakteristik atau ciri-ciri administrasi perkantoran:

a. Bersifat pelayanan (Service) untuk semua pihak

Hal ini bermakna jika pekerjaan kantor umumnya adalah pelayanan dan support akan kegiatan organisasi.

b. Merembes dan dilaksanakan dari semua pihak

Hal ini bermakna jika pekerjaan kantor berdampak untuk unit-unit lain yang akan hadir dan dilaksankan pada organisasi.

c. Hasil akhirnya menjadi informasi

Informasi adalah keterangan-keterangan yang berisi data yang dapat dipercaya dalam kepentingan pihak tertentu. Pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap suatu informasi yang ada di kantor lain, seperti pimpinan, pemegang saham, masyarakat, pemerintah, dan karyawan organisasi.

d. Bersifat memudahkan

Pekerjaan kantor merupakan alat katalisator yang memiliki bermacam-macam kegiatan dari setiap perusahaan dipersatukan.

Itulah Pengertian Administrasi Perkantoran beserta karakteristiknya. Semoga bermanfaat.