Pengertian Akomodasi Beserta Jenis dan Contoh-contohnya

PENGERTIAN AKOMODASI – Hai sobat satujam! Tahukah anda apa itu pengertian dari akomodasi beserta jenis dan semua yang berkaitan tentangnya? Untuk anda yang belum tahu dan penasaran untuk memahami lebih lanjut mengenai akomodasi, terus baca artikel ini sampai tuntas.

Akomodasi mempunyai banyak sekali makna dan maksud yang berbeda-beda. Dan yang intinya, kita akan bahas tuntas mengenai penjelasan akomodasi dan semua yang terkait tentangnya dengan ulasan berikut ini.

Pengertian Akomodasi Menurut KBBI

Akomodasi
goodnewsfromindonesia.id

Diterangkan di dalam kitab KBBI mengenai akomodasi, akomodasi mempunyai banyak sekali makna yang berbeda antara satu dengan yang lain. Dan kita akan membahas satu persatu dari makna tersebut.

  • Akomodasi adalah suatu hal yang sudah disediakan untuk memenuhi/melengkapi kebutuhan, contohnya tempat penginapan atau tempat tinggal sementara bagi orang yang bepergian.
  • Akomodasi adalah  penyesuaian mata supaya objek yang berbeda menerima bayangan dengan jelas.
  • Akomodasi adalah  penyesuaian manusia dalam kesatuan sosial agar menghindari dan meredakan interaksi ketegangan ataupun konflik
  • Akomodasi adalah  penyesuaian sosial dalam interaksi antara pribadi dan kelompok manusia untuk meredakan pertentangan
  • Akomodasi adalah  kamar atau ruang tempat tinggal awak kapal atau penumpang kapal

Dan kita akan membahas mengenai poin yang pertama, yang mana bagi para wisatawan ataupun orang-orang yang bepergian dapat menginap di suatu tempat penginapan. Entah itu hotel ataupun rumah kost dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya kita simak penjelasan mengenai jenis-jenis akomodasi sebagaimana berikut ini.

Jenis-jenis Akomodasi Beserta Contohnya

Akomodasi
casaindonesia.com

Pada kesempatan ini, kita akan membahas jenis-jenis akomodasi yang poin pertama. Yaitu suatu hal yang sudah disediakan untuk memenuhi/melengkapi kebutuhan, contohnya tempat penginapan atau tempat tinggal sementara bagi orang yang bepergian. Akomodasi sendiri terbagi menjadi 3 jenis yaitu:

A. Akomodasi Komersil, yaitu suatu akomodasi yang didirikan hanya untuk mencari penghasilan/keuntungan yang besar.

B. Akomodasi Semi Komersil, yaitu akomodasi yang didirikan atau dibangun dan dikerjakan bukan hanya untuk tujuan komersil, namun juga untuk tujuan sosial (masyarakat yang dianggap kurang mampu).

C. Akomodasi Non Komersil, yaitu akomodasi yang didirikan dan dibangun tiada lain bertujuan untuk non komersil, yaitu tidak mencari keuntungan atau hanya bertujuan demi kesosialan masyarakat. Atau bisa disebut dengan bantuan yang diberikan secara cuma-cuma, tetapi khusus untuk kalangan tertentu dan dalam rangka tujuan tertentu.

Nah, itulah jenis-jenis akomodasi yang terjadi di zaman kita sekarang ini. Dan ketiga jenis tersebut juga masih terdapat jenis-jenisnya. Mari kita ulas semua jenis-jenis dari ketiga jenis akomodasi.

Akomodasi Komersil

Akomodasi
media-cdn.tripadvisor.com

Sebagaimana yang dijelaskan diatas bahwa akomodasi komersil adalah akomodasi yang didirikan dan disusun hanya bertujuan untuk mendapatkan profit atau mencari keuntungan yang besar. Adapun jenis dari akomodasi komersial adalah:

1. Hotel

Hotel merupakan salah satu dari akomodasi komersil yang disediakan sebagai tempat pelayanan serta penginapan dan juga tersedia padanya makan dan minum. Adapun suatu bangunan dikatakan hotel jika terdapat banyak atau sedikitnya jumlah kamar. Antara lain sebagai berikut penjelasannya :

a. Hotel Besar, yaitu jika hotel tersebut memiliki lebih dari 300 kamar.
b. Hotel Menengah, yaitu jika hotel tersebut memiliki lebih dari 100 kamar dan tidak sampai 300 kamar.
c. Hotel Sedang, yaitu jika hotel memiliki lebih dari 25 kamar namun, tidak melebih dari 100 kamar.
d. Hotel Kecil, yaitu jika hotel memiliki 25 kamar ataupun kurang dari itu.

2. Villa

Villa merupakan suatu bentuk akomodasi yang dibangun dan didirikan berbentuk rumah yang berada jauh dari perkotaan. Atau dibilang masih alami di suatu perbukitan ataupun yang masih jauh dari keramaian. Dengan dibangunnya villa di tempat yang masih sepi dan di perbukitan atau yang masih alami sekitarnya, anda bisa melihat keindahan alam sekitar.

Selain itu udara yang masih segar yang tak tercemar oleh asap-asap motor maupun zat kimia alin yang merusak tubuh anda.  Namun, penginapan di villa relatif lebih mahal dibandingkan biaya penginapan di hotel. Jika anda ingin menginap di villa anda menginap secara ramai-ramai dengan teman untuk sarana akomodasi.

Dan yang harus diketahui, villa juga menyediakan berbagai macam fasilitas yang sangat berkualitas yang bisa anda nikmati untuk liburan. Termasuk juga dilengkapi dengan kolam renang jika villa yang memang berbintang, jadi seakan rumah sendiri. Dari itu, banyak sekali pasangan yang baru menikah lebih memilih menginap di villa untuk menjalani bulan madu.

3. Bungalow

Bungalow merupakan salah satu jenis akomodasi komersial yang biasanya berlokasi di daerah pegunungan dan berbentuk rumah-rumah. Bungalow biasanya disewa oleh rombongan-rombongan, keluarga besar. Bungalow lebih tepatnya lagi disewa untuk liburan dan untuk istirahat.

Dan ada yang unik dari bungalow ini, struktur bangunan dan desainnya dibuat dengan gaya tradisional yaitu didominasi dengan kayu dan sebagainya. namun, bangunan tersebut terlihat cantik dan yang lebih enaknya lagi, harganya tak semahal seperti villa, relatif lebih murah.

4. Hostel

Hostel juga merupakan salah satu dari jenis akomodasi komersil yang suasana ataupun lingkungannya seperti asrama/pesantren. Yang mana penginap satu dengan yang lain harus saling berbagi, walaupun mereka tak saling mengenal.

Tarif penginapan di hostel relatif paling murah diantara harga-harga penginapan di atas. Karena, orang yang menginap di hostel hanya menjadikan akomodasi sebagai tumpangan tidur saja.

5. Cottage 

Salah satu jenis dari akomodasi komersil yang lain adalah cottage, cottage juga dibangun di daerah yang masih alami dan berada di lingkungan yang indah. Biasanya cottage dibangun di daerah dekat danau, pantai, ataupun taman hijau. Dari segi harganya pun lebih murah dari pada bungalow maupun hotel.

Walaupun harganya lebih murah tapi, fasilitas yang terdapat pada cottage tak kalah dari fasilitas yang terdapat di villa maupun hotel dan bungalow. Fasilitas yang terdapat pada cottage sangat memadai, dan itupun tergantung kelas dari cottage nya sendiri.

Akomodasi Semi Komersil

Akomodasi
imaniawan.id

Sebagaimana yang dijelaskan di atas bahwa akomodasi semi komersil merupakan salah satu jenis akomodasi yang didirikan dan dibangun bukan hanya semata-mata bertujuan mencari keuntungan.Namun, dibangun juga sebagai keperluan masyarakat dan orang-orang yang kurang mampu. Berikut contoh-contohnya:

1. Rumah Sakit/Puskesmas
2. Asrama Mahasiswa atau Pelajar
3. Pondok Pesantren
4. Graha Wisata Remaja
5. Rooming House, dan semacamnya.

Akomodasi Non Komersil

Akomodasi
salmanwangisekali.files.wordpress.com

Dan jenis akomodasi yang satu ini juga sama sebagaimana yang dijelaskan dia atas bahwa, akomodasi non komersil dibangun dan didirikan sama sekali tidak untuk mencari keuntungan sedikitpun.

Dibangunnya akomodasi tersebut melainkan untuk sosialitas masyarakat atau bisa disebut sebagai bantuan yang diberikan secara cuma dan untuk kalangan tertentu serta tujuan tertentu. Berikut contohnya:

1. Rumah Panti Asuhan
2. Rumah Panti Jompo
3. Pemondokan
4. Mess (instansi yang dimiliki oleh pemerintah/departemen), dan juga semacamnya.

Nah, itulah jenis-jenis dari akomodasi beserta contohnya yang sekarang bisa anda ketahui. Akomodasi dibentuk sebagaimana alasan-alasan dan keterangan yang terdapat di atas.

Sekiranya itu saja yang bisa kami paparkan untuk anda melalui tulisan ini, dan sekiranya penjelasan di atas bisa kita fahami, serta bisa menambah pengetahuan kita mengenai akomodasi dan bermanfaat untuk kita selama-lamanya.

Tinggalkan komentar