Pengertian APBN beserta Penjelasannya

Pengertian APBN – Sebagian besar dari kita pasti sudah sudah pernah dengar dengan istilah APBN. Mungkin pernah mengetahuinya di TV, Internet, atau pembahasan khusus di dalam sebuah forum atau diskusi khusus. Tetapi tahukan anda apa pengertian dari APBN itu sendiri.

Di kesempatan kali ini kami akan membahas dan menjelaskan mengenai APBN yang tidak asing lagi ditelinga kita. Pengertian dari APBN dan beberapa hal yang perlu Anda tahu mengenai APBN. Langsung saja kita simak pembahasannya di bawah ini:

Pengertian APBN

sumber: nusakini.com

APBN adalah singkatan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. APBN adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan negara Indonesia yang sudah disetujui oleh DPR atau Dewan Perwakilan Rakyat.

APBN itu sendiri berisi akan daftar sistematis yang terperinci dan memuat rencana penerimaan dan pengeluaran negara di sepanjang satu tahun anggaran antara 1 Januari sampai 31 Desember. Dengan APBN ini, perencanaan negara yang sedang menjadi wacana akan direalisasikan.

Tetapi hal itu tidak bisa terjadi dengan mudah begitu saja kecuali apabila semua pihak yang terlibat di dalamnya melakuakn tugasnya secara transparan dan mengedepankan kejujuran di setiap pelasanaan program yang sudah di rencanakan.

Pembentukan tim perencana dan tim pelaksana ini tentunya memerlukan proses yang ketat dengan para kandidat tim pelaksana yang kompeten dan profesional. Demikian pula dengan tim pengawasnya. Hal ini tentu saja memerlukan tim pemilih yang profesional pula.

Dengan adanya kerjasama yang apik antara tim perencana, tim pelaksana, dan tim pengawas, diharapkan APBD dapat mengalir ke tempat yang seharusnya, dan pembangunan negara lebih terukur dan terarah.

Penggunaan APBD yang baik sangatlah krusial di dalam pembangunan negara secara beksesinambungan. Semua pihak harus bersatu bahu membahu demi terciptanya negara yang maju dengan kesejahteraan penduduknya yang semakin meningkat.

Demikianlah pembahsan kami mengenai pengertian APBN. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan gambaran seperti apa APBN, dan bagaimana seharusnya APBN ini dipergunakan. Sehingga penyelewengan dana dapat dihindari. Silahakn tinggalkan kriktik dan saran di dalam kolom di bawah ini.

Tinggalkan komentar