Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli dan Contohnya dalam Kehidupan

Pengertian Apresiasi – Kita mungkin sering mendengar kata apresiasi dalam kehidupan sehari-hari. Dari segi makna kompleks, apresiasi dapat diartikan sebagai perhatian, dukungan, atau persetujuan terhadap suatu hal.

Berikut ini kumpulan pengertian apresiasi menurut para ahli yang akan memudahkan kalian memahami pengertian apresiasi secara menyeluruh. Kalian juga dapat membandingkan pengertian yang dikemukakan oleh para ahli dibidangnya.

Pengertian Apresiasi

menggunakan kata penghubung
ruangseni.com

Berikut ini beberapa contoh pengertian apresiasi yang dikemukakan oleh para ahli yang berasal dari luar negeri atau mancanegara. Silahkan bandingkan pengertian  yang mereka utarakan dan simpulkan pengertiannya sendiri.

  • Menurut John Dewey, apresiasi adalah menikmati sebuah kesenangan atau pengalaman terhadap sesuatu. Pengertian lain yang John Dewey kemukakan adalah bahwa apresiasi merupakan kesenangan dan pemahaman terhadap sesuatu. Pada kesempatan lain, ia juga mengembangkan pemahamannya bahwa pemanfaatan merupakan salah satu bagian terpenting dari apresiasi. Pemanfaatan itu bisa berupa kegiatan pengulangan dari pengalaman yang penuh makna.
  • Pengertian apresiasi menurut G.H Hardy, apresiasi adalah seseorang yang appreciate terhadap suatu hal. Maka orang tersebut menikmati hal tersebut.
  • Jarret, pengertian apresiasi adalah perhatian seseorang terhadap sesuatu yang bisa berupa ketertarikan, kesenangan, dan pemanfaatan terhadap sesuatu tersebut.
  • Menurut Alfred North Whitehead, pengertian apresiasi adalah proses pengapresiasian terhadap sebuah hal yang dilakukan oleh seseorang dalam sebuah kegiatan guna mendapatkan suatu hal, dan berpartisipasi di dalamnya dengan penilaian secara keseluruhan.

Pengertian Apresiasi Menurut Ilmuwan Indonesia

australia.com

Selain ilmuwan dan para ahli dari luar negeri, ilmuwan atau ahli bahasa di Indonesia juga ikut memberikan kontribusi dalam mendefinisikan apresiasi. Berikut ini pengertian apresiasi menurut para ahli asal Indonesia.

  • Menurut Aminuddin, pengertian apresiasi adalah pengenalan lewat perasaan atau juga kepekaan batin dan juga pemahaman, pengakuan terhadap nilai-nilai keindahan yang diungkapkan terhadap berbagai nilai keindahan yang diungkapkan oleh pengarang.
  • Menurut Tirta Wiraya, pengertian apresiasi adalah kemampuan seseorang dalam menentukan dan mengetahui tinggi rendahnya mutu atau kualitas sebuah karya sastra.
  • Syoyan Zakaria mengemukakan pendapat bahwa pengertian apresiasi adalah respon yang diberikan seseorang secara matang dan penuh dengan intisari yang dihasilkan dari pemahaman yang kritis terhadap nilai yang tinggi yang disebabkan oleh jiwa yang berkembang.
  • Effendi (1973) menyatakan bahwa apresiasi adalah sebuah aktifitas atau kegiatan untuk menggauli sastra yang diciptakan dengan ketulusan hati dan kesungguhan hingga dihasilkan karya yang menumbuhkan pengertian, kepekaan, kritis, penghargaan, dan kepekaan rasa yang cukup baik terhadap hasil cipta sastra.

Contoh Apresiasi

rebloggy.com

Dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa contoh apresiasi. Berikut ini beberapa contoh apresiasi yang dikecurutkan pada masalah seni.

1. Melihat Pertunjukan Seni

Pada tahap apresiasi yang paling dasar, ini dapat dilakukan oleh setiap lapisan masyarakat tanpa harus mempunyai rasa suka berlebih ataupun mempunyai skill tertentu. Mengapresiasi sebuah acara seperti pertunjukan seni adalah contoh apresiasi yang bisa dilakukan oleh semua orang sebagai cara untuk mendukung acara yang dilaksanakan.

2. Menyaksikan Pameran Seni Berbayar

Pada tahapan apresiasi selanjutnya adalah mengapresiasi sebuah acara yang membutuhkan dana untuk mengunjunginya. Ada banyak contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contohnya adalah menyaksikan pameran seni yang berbayar.

Hal ini menuntut orang yang mengunjungi pameran tersebut untuk mengeluarkan sejumlah uang. Ini juga merupakan bukti apresiasi melalui datangnya orang tersebut ke acara yang perlu membayar untuk memasukinya.

3. Mengkritisi Karya Seni yang Dilihat

Pada bagian apresiasi yang paling tinggi adalah memberikan opini kritis ataupun komentar terhadap karya seni. Apresiasi tingkat ini hanya bisa dilakukan oleh orang tertentu yang memiliki pemikiran kritis dan terbuka.

Tinggalkan komentar