Pengertian Atmosfer Beserta Sifat dan Manfaatnya bagi Kehidupan di Bumi

PENGERTIAN ATMOSFER – Apa yang sobat satujam tahu Jika mendengar kata atmosfer? Ya mungkinsebagian kita ada yang menjawab lapisan selimut bumi. Jawaban tersebut tidak salah, atmosfer sendiri merupakan lapisan – lapisan yang berada di luar angkasa yang fungsinya itu menjadi pelindung bumi dari berbagai macam benda-benda asing yang beretebaran di luar angkasa.

Istilah atmosfer sering dipakai para akademisi atau para praktisi di bidang ilmu fisika dan juga geografi. Istilah atmosfer pastinya sudah sangat melekat sekali bagi mereka. Namun, mungkin bagi kita istilah tersebut belum familiar di teling kita. Langsung saja yuk kita simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Atmosfer

Pengertian Atmosfer
langitselatan.com

Atmosfer adalah lapisan gas pelindung yang terdapat sebuah planet, lapisan gas ini ada mulai dari permukaan planet hingga jauh di luar angkasa. Di Bumi sendiri, atmosfer berada dari ketinggian 0 km di atas permukaan tanah, hingga ketinggian 560 km dari atas permukaan Bumi.

Ada beberapa lapisanyang terdapat pada atmosfer, dan tiap lapisan itu memiliki nama sendiri yang diambil menurut fenomena yang ada di lapisan tersebut. Dan untuk Transisi antara lapisan berlangsung secara bertahap.

Penelitian mengenai atmosfer ini, pada awalnya hanya untuk mengatasi masalah cuaca, fenomena pembiasan sinar matahari ketika terbit dan tenggelam, serta juga bersinarnya bintang.

Malalui penggunaan peralatan yang sensitif, yang dipasang di luar angkasa, sekarang dapat kita peroleh pemahaman yang lebih menganai atmosfer. Diantaranya ialah;

Atmosfer Bumi tersusuan atas nitrogen (78.17%) dan oksigen (20.97%), dengan sedikit argon (0.9%), karbondioksida (variabel, tetapi sekitar 0.0357%), uap air, serta gas lainnya. Atmosfer melindungi kehidupan yang ada di bumi melalui penyerapan radiasi sinar ultraviolet dari Matahari serta membantu meminimalkan suhu ekstrem baik itu siang dan malam. Dan 75% dari atmosfer terdapat dalam 11 km di permukaan planet.

Atmosfer tidak memiliki batas mendadak, namun agak menipis seiring dengan bertambahnya ketinggian, tidak diketahui batas pasti antara atmosfer dan angkasa luar.

Sifat-sifat Atmosfer

Sifat-sifat Atmosfer
langitselatan.com

Secara umum, terdapat tiga jenis gas yang membentuk atmosfer, diantaranya ialah;

1. Udara kering. Yaitu berupa gas tanpa air serta terkandung aerosol yang sebanyak 96% dari volume atmosfer. Terdapat dua Udara kering yaitu gas utama dan gas penyerta.

2. Uap air. Kandungan uap air pada atmosfer tidak sama pada setiap wilayah bumi.

3. Aerosol. Yaitu berupa partikel halus berasal dari bahan padat yang ada di bumi dan mempunyai massa ringan, sehingga bisa tertiup naik ke lapisan atmosfer. Bahan-bahan ini diantaranya adalah debu, garam, abu, asap, dan mikroorganisme.

Fungsi dan Manfaat Atmosfer

Fungsi dan Manfaat Atmosfer
lembahilmu.com

Ada beberpa fungsi yang yang dimiliki Atmosfer untuk kehidupan di bumi. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menjaga temperatur bumi. Dengan tidak adamya atmosfer, temperatur bumi di siang dan malam hari bisa berubah drastis. Temperatur siang bisa jadi sangat tinggi sekali dan temperatur malam bisa jadi rendah sekali. Dengan adanya Atmosfer tentunya temperatur dapat terjaga, dan antara siang malam temperaturnya tidak terlalu jauh berbeda.

2. Menyaring sinar matahari. Pada sinar matahari didalamnya terkandung radiasi ultraviolet yang sangat berbahaya untuk kehidupan makhluk hidup di bumi.

3. Melindungi bumi dari berbagai benda angkasa yang jatuh ke bumi disebabkan tarikan gaya gravitasi.

4. Sebagai sumber gas dan uap pembuat hujan.

5. Sebagai pemantul gelombang radio yang dipakai pada proses telekomunikasi.

6. Untuk bernapas bagi makhluk hidup.

Atmosfer terdiri atas gas-gas yang sifatnya mudah memampat dan mengembang. Atmosfer dapat terus berada di seputar bumi karena tarikan gravitasi bumi. Ketinggian lapisan atmosfer senantiasa berubah-ubah seiring perubahan waktu dan musim.

Tinggalkan komentar