Pengertian Bios

PENGERTIAN BIOS –┬áBasic Input atau Output system atau yang biasa dinamakan dengan Bios adalah suatu program yang tertulis dengan menggunakan bahasa assembly yang memiliki tugas untuk mengontrol fungsi dari hardware atau perangkat keras yang terdapat pada komputer. BIOS beda dengan OS yang ada pada harddisk, umumnya BIOS terletak pada chip memori flash atau ROM yang bahannya terbuat dari Complementary Metal-O Semiconductor ata disingkat dengan nama CMOS.

BIOS mempunyai beberapa pekerjaan penting seperti memuat sistem operasi yang biasa disebut booting. BIOS juga bekerja untuk dapat menyediakan intruksi pada mikroporsessor untuk dapat menghidupkan komputer. Salah satu yang ditugaskan oleh BIOS kepada mikroprosesor yaitu Power On Self tesy atau POST yang berfungsi untuk mengetes status sistem pengoperasian hardware yang ada pada komputer.

Tugas lainnya yang diberikan BIOS kepada mikroprosesor yaitu melakukan aktivitas chip BIOS ppada beberapa macam bagian lain pada komputer selerti kartu grafis dan SCSI, mengelola dan memeriksa peripheal komputer melewati rutinitas tingkat yang rendah selama proses startup tetap berlangsung.

Fungsi BIOS pada Komputer

http://agussale.com/apa-itu-bios-dan-apa-fungsi-bios-pada-komputer

Salah satu pekerjaan utama yang dilakukan oleh BIOS yaitu mengontrol tahapan awal proses startup sekalian memastikan OS telah dimuat melewati memory. Selain itu, Bios juga bekerja untuk melakukan beberapa hal sebagai berikut:

1. Menjalankan Perintah Power On Self Test (POST)

Salah satu langkah yang harus kita perbuat sebelum menginstall OS pada komputer yaitu melakukan beberapa pengecekan terhadap perangkat yang ada pada komputer. Selain itu BIOS juga bisa memberikan informasi terkait spesifikasi perangkat keras yang ada pada motherboard.

2. Mengatur Konfigurasi Dasar pada Komputer

Biasanya Bios mengontrol konfigurasi terhadap perangkat lain melalui fungsi yang mereka miliki masing-masing. Pengaturan terhadap konfigurasi ini umumnya digunakan oleh beberapa orang seperti gamer untuk dapat meningkatkan perfoma yang dimiliki komputer.

3. Memberikan Informasi Dasar pada Komputer

Selain melakukan perintah POST dan mengontrol konfigurasi dasar yang ada di komputer, BIOS juga bekerja memberikan informasi dasar terkait bagaimana interaksi tiap-tiap perangkat penting yang ada pada komputer seperti memory dan drive yang bekerja untuk memuat OS.

Tinggalkan komentar