Pengertian Budaya Menurut Para Ahli, Unsur dan Ciri-cirinya

Kata budaya diambil dari bahasa sansekerta yakni ‘buddhayah’. Kata ini memiliki arti bahwa segala sesuatu yang ada hubungannya dengan akal serta budi manusia. Sedangkan secara harfiah, budaya merupakan cara hidup yang digunakan sekelompok masyarakat yang diturunkan dari generasi sebelumnya kepada generasi berikutnya.

Adapun perbedaan antara agama, politik, pakaian, lagu, bangunan, suku, bahasa, ataupun karya seni akan membuat terbentuknya suatu budaya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian budaya menurut para ahli serta unsur dan ciri-ciri budaya. Yuk, simak dengan seksama.

 

Pengertian Budaya Menurut Jensen dan Trenholm

tokopedia.net

Menurut Jensen dan Trenholm. Pengertian Budaya diartikan sebagai seperangkat norma, nilai, kepercayaan, adat-istiadat, aturan dan juga kode. Yang jika dilihat secara sosial mendefinisikan kelompok-kelompok orang, kemudian mengikat mereka satu sama lain serta memberi mereka kesadaran bersama.

Dalam pandangan Jensen dan Trenholm, pemahaman budaya ini menuntun kita untuk bisa mempersepsi dunia, bagaimana kita berpikir tentang diri kita sendiri serta hubungan kita dengan orang lain. Selain itu budaya juga menuntun kita bagaimana menetapkan serta mencapai tujuan, dan bagaimana mempertukarkan pesan.

Pengertian Budaya Menurut Geert Hofstede

lintasnews.com

Menurut Geert Hofstede, budaya adalah pemrograman bersama atas pikiran yang membedakan anggota-anggota suatu kelompok orang dengan kelompok lainnya. Geert menjelaskan jika nilai-nilai merupakan inti suatu budaya, sementara simbol-simbol adalah manifestasi budaya yang paling dangkal.

Sedangkan ritual-ritual dan pahlawan-pahlawan berada di antara lapisan luar yang tercakup dalam praktek-praktek yang dilakukan. Unsur-Unsur budaya ini sebenarnya terlihat oleh pengamat luar, namun maknanya tersembunyi serta makna aslinya terdapat dalam penafsiran orang dalam.

Pengertian Budaya Menurut Ki Hajar Dewantara

kemdikbud.go.id

Budaya yang ada di Indonesia sangat berpengaruh pada berubahnya kondisi alam yang ada di Indonesia dan perkembangan zaman dari masa ke masa. Hal tersebut terrnyata sesuai dengan pendapat seorang pakar dari Indonesia yakni Ki Hajar Dewantara.

Ki Hajar Dewantara menjelaskan bahwa budaya merupakan hasil perjuangan masyarakat terhadap zaman dan alam. Perjuangan ini membuktikan kejayaan dan kemakmuran hidup masyarakat dalam menghadapi kesulitan dan rintangan untuk bisa mencapai keselamatan, dan kebahagiaan di hidupnya.

Pengertian Budaya Menurut Edward T Hall

youtube.com

Edward T Hall menjelaskan bahwa budaya adalah komunikasi dan komunikasi adalah budaya. Ketika kita mulai berbicara tentang komunikasi, maka kita tidak bisa menghindari bicara tentang budaya. Budaya dan komunikasi berhubungan begitu erat dan dinamis. Inti budaya merupakan komunikasi, namun pada kenyataannya budaya yang tercipta juga bisa mempengaruhi cara berkomunikasi anggota budaya yang bersangkutan.

Pengertian Budaya Menurut Parsudi Suparian

shining-batu.com

Menurut Parsudi Suparian, budaya akan melandasi segala perilaku dalam masyarakat. Mengapa begitu? Karena budaya adalah pengetahuan manusia yang seluruhnya dipakai untuk mengerti dan memahami lingkungan serta pengalaman yang terjadi kepadanya.

Unsur-Unsur Budaya

deviantart.net

Unsur-unsur budaya terbagi ke dalam beberapa hal. Antara lain sebagai berikut.

  • Adanya perilaku-perilaku tertentu.
  • Adanya kebiasaan-kebiasaan.
  • Adanya kepercayaan.
  • Adanya adat istiadat.
  • Adanya tradisi.
  • Adanya gaya berpakaian.

Ciri-Ciri Budaya

eschasacici.wordpress.com

Ciri-ciri budaya terbagi ke dalam beberapa hal. Antara lain sebagai berikut.

  • Budaya bisa disampaikan dari orang ke orang, dari kelompok ke kelompok serta dari generasi ke generasi.
  • Budaya bukan bawaan, namun dipelajari.
  • Budaya berdasarkan simbol.
  • Budaya bersifat selektif, yakni merepresentasikan pola-pola perilaku pengalaman manusia yang jumlahnya terbatas.
  • Budaya bersifat dinamis, suatu sistem yang bisa berubah sepanjang waktu.
  • Berbagai unsur budaya saling berkaitan.
  • Etnosentrik.

Demikian sedikit penjelasan mengenai pengertian budaya menurut para ahli, unsur dan ciri-ciri budaya. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

2 pemikiran pada “Pengertian Budaya Menurut Para Ahli, Unsur dan Ciri-cirinya”

  1. Informasi yang sangat bermanfaat dalam pengerjakan tugas kuliah dan kampus. Bila sudi mampir ya ke PubiwayLiker.com Terimakasih.

    Balas

Tinggalkan komentar