Pengertian Cerita Rakyat Menurut Para Ahli Lengkap dengan Jenis-jenis dan Contohnya

PENGERTIAN CERITA RAKYAT – Adalah cerita sejak tempo doloe yang berkembang di kalangan masyarakat secara turun-temurun yang disampaikan secara lisan. Oleh karena itu cerita rakyat kerap kali disebut sebagai sastra lisan.

Pengertian Cerita Rakyat Menurut Ahli dan Ciri-cirinya

pengertian cerita rakyat
aramdyanti.blogspot . com

Cerita rakyat merupakan sebuah kisah yang diangkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata, dibarengi dengan pesan moral yang mengandung makna kehidupan dan tata cara dalam berinteraksi dengan makhluk. Mengenai cerita rakyat, terdapat beberapa pengertian yang dikemukakan oleh para ahli antara lain:

Suripan Sadi Hutomo (1991)

Menurut Suripan cerita rakyat adalah cerita yang diwariskan secara turun temurun dari generasi lama ke generasi baru secara lisan.

Cerita rakyat bisa diartikan sebagai wujud ekspresi suatu budaya yang ada di masyarakat melalui tutur yang mempunyai hubungan secara langsung dengan berbagai aspek budaya serta susunan nilai sosial masyarakat itu sendiri.

Sisyono, dkk

Cerita rakyat merupakan salah satu karya sastra yang berwujud cerita yang lahir, hidup, dan berkembang di masyarakat tradisional yang disebarkan secara lisan, mengandung survival, sifatnya abonim, dan disebarkan diantara kolektif khusus dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Ciri-ciri Cerita Rakyat

  • Bersifat lisan.
  • Isi dan bentuknya bersifat statis.
  • Tanpa pengarang (anonim).
  • Milik bersama (bersifat komunal).
  • Mencerminkan aturan-aturan dalam kehidupan.
  • Cerita seputar kerajaan (istana sentris).

Jenis-jenis Cerita Rakyat

pengertian cerita rakyat
kakakpintar . com

Dalam pelajaran bahasa Indonesia setidaknya ada 5 macam jenis cerita rakyat yang masing-masing berbeda tetapi ada kesamaan di dalamnya, alias mirip-mirip. Untuk lebih jelasnya kita simak penjelasan berikut.

Dongeng

Dongeng adalah bentuk sastra lama yang menceritakan tentang suatu kejadian luar biasa yang penuh dengan khayalan (fiksi) dan dianggap tidak benar-benar terjadi. Fungsi dongen yaitu untuk menyampaikan moral (mendidik) dan menghibur.

Legenda

Legenda adalah cerita prosa rakyat yang dianggap benar-benar terjadi oleh yang mempunyai cerita tersebut. Sebab itulah legenda kerap dijadikan sebagai “sejarah” kolektif.

Mitos

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata mitos diartikan sebagai cerita suatu bangsa tentang dewa dan pahlawan zaman dulu, mengandung penafsiran tentang asal-usul semesta alam, manusia, dan bangsa tersebut mengandung arti mendalam yang diungkapkan dengan cara ghaib.

Pengertian mitos/mite adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan suatu kisah yang berlatarkan masa lalu.

Fabel

Pengertian fabel adalah sebuah cerita yang menceritakan kehidupan hewan yang berprilaku seperti manusia. Fabel merupakan cerita fiksi atau khayalan belaka alias fantasi.

Hikayat

Hikayat adalah sebuah karya sastra lama Melayu berbentuk prosa yang berisi cerita, undang-undang, silsilah yang sifatnya rekaan, biografis, keagamaan, historis, atau gabungan dari sifat-sifat yang ada. Dibaca untuk menghibur, menaikkan semangat jiwa dan jiwa.

Unsur Instrinsik Cerita Rakyat

pengertian cerita rakyat
youtube . com

Unsur intrinsik dalam suatu cerita rakyat ini setidaknya ada 7 macam antara lain yaitu:

  1. Tema, merupakan pokok dari pemikiran yang menjadi jiwa dan dasar pada suatu cerita.
  2. Alur/Plot, adalah rangkaian peristiwa yang dibuat dan dijalin secara teliti guna membentuk suatu cerita dalam hubungan sebab akibat. Pada dasarnya, alur dibedakan menjadi alur maju dan mundur.
  3. Setting/Latar cerita, merupakan gambaran mengenai suasana, tempat, dan waktu ketika terjadinya peristiwa tersebut, latar cerita ini meliputi:
    • Waktu (dahulu kala, siang, tahun … dan sebagainya)
    • Tempat (di rumah, di taman, di kantor dll).
    • Suasana (sepi, sedih, gaduh dll).
  4. Penokohan, meliputi penciptaan, penentuan, citra/gambar (biasa berupa gambaran sifat atau watak tokh/pelaku).
  5. Sudut pandang, adalah bagaimana cara pandang si pengarang ketika menceritakan suatu cerita.
  6. Gaya bahasa pengarang.
  7. Amanat, biasanya berupa gagasan yang mendasari cerita, serta mengandung pesan dan nasihat yang ingin disampaikan oleh si penulis/pengarang kepada pembaca.

Sekian pembahasan mengenai pengertian cerita rakyat, semoga kita dapat mengambil hikmah dari apa-apa yang telah kita baca dan semoga setelah membaca artikel ini, kamu mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan mendapat nilai memuaskan di sekolah aamiin.

Tinggalkan komentar