Pengertian COD Menurut Para Ahli Beserta Ciri-Cirinya

Pengertian COD -Lewat kegiatan jual beli bisnis online untuk produk-produk tertentu, terdapat sebuah istilah yang kerapkali kita dengar yaitu : Cash on Delivery atau disingkat COD. Terus apa itu Cash on Delivery (COD) tersebut? Baiklah di bawah ini kami akan paparkan buat kamu supaya tidak terjebak perangkap mulut buaya para penipu jual beli online.

Pengertian Layanan Cash on Delivery (COD)

pengertian cod
via blogspot.com
Berdasarkan akar kata “cash” dan “delivery“, sebetulah telah dapat kita simpulkan bahwa pengertian COD ialah jenis layanan yang mana konsumen atau pembeli setuju dengan penjual untuk membayar saat barang yang dibelinya sampai ke alamat pengiriman. Alamat tersebut dapat alamat rumah maupun alamat kantor yang mana biasanya Anda sedang berada di lokasi tersebut. Sehingga tidak ada istilah “membeli kucing dalam karung”. Ketika barang telah sampai ke alamat kita, usai kita buka, kita cek dan mengetes dan cocok berdasarkan yang diiklankan, maka baru kita membayar harga barang itu.

Seluruh perusahaan (toko) yang resmi dan legal tidak akan pernah menolak sistem layanan COD. Sebab COD tak sama sekali merugikan mereka. Malahan toko dan perusahaan yang tidak menerima sistem COD, kemungkinan besar adalah toko atau perusahaan penipuan. Anda patut berhati-hati! sebab mereka biasanya tidak mempunyai barang tersebut sehingga bagaimana bisa diantar? tentu saja mereka membuat karangan cerita ini dan itu.

Jangkauan Layanan COD

Walaupun COD termasuk salah satu alternatif transaksi yang paling bagus buat bisnis online, namun terdapat beberapa pengecualian yang patut diketahui.

Pertama, COD tidak dapat melayani semua wilayah. Perihal tersebut telah jelas sebab mana mungkin barang dari kota Depok diantarkan langsung ke tempat tinggal Anda di Palembang. Memangnya Anda bersedia bayar tiket pesawat PP Depok – Palembang? pastinya tidak bukan? sehingga layanan COD pada umumnya terbatas untuk suatu wilayah. Contohnya: COD hanya cuma Jakarta, COD cuma Jakarta Selatan,  COD hanya untuk Yogyakarta, khusus COD wilayah Surabaya dan seterusnya.

Kedua, COD biasanya dikenai tambahan suatu ongkos kirim . Hal tersebut biasa, sebab lokasi Anda telah memasuki wilayah yang berada di luar jangkauan layanan COD toko maupun perusahaan tersebut. Misalnya: suatu perusahaan berada di Malang dengan memberikan layanan COD Malang.

Demikianlah pengertian COD, semoga kita lebih memahami lagi tentang pengertian COD tersebut.

Tinggalkan komentar