Sejarah Dan Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Demokrasi merupakan sebuah bentuk sistem atau mekanisme pemerintahan yang mana di dalam negara tersebut ada upaya untuk mewujudkan rakyat yang mempunyai kedaulatan atau negara yang dijalankan oleh pemerintah yang berada pada negara.

Demokrasi secara etimologi berasal dari bahasa yunani yaitu demos yang artinya rakyat dan kratein yang artinya pemerintahan atau kekuasaan. jadi kesimpulan dari arti demokrasi adalah pemerintahan atau kekuasaan dari rakyat.

Sejarah Demokrasi

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli
jarangdiskusi.wordpress.com

Demokrasi yang merupakan sistem pemerintahan telah difungsikan semenjak zaman yunani kuno. Kondisi yang ada di peradaban yunani pada saat itu. rakyatinya secara keseluruhan turut aktif terjun langsung untuk membicarakan segala permasalahan yang ada di pemerintahan.

Demokrasi seperti itu dikenal sebagai demokrasi langsung. Setelah begitu lama tertidaur, akhirnya diawali pada masa renaissance, demokrasi bangkit lagi dari tidurnya berkat adanya beberapa pertimbangan diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Munculnya akan perasaan yang didasari oleh ketidaksukaan dengan sistem pemerintahan oligarki yang mana pemerintahan itu cuma dijakankan oleh beberapa orang yang berikuasa daripada golongan atau kelompok tertentu. Kemudian sekelompok kecil rakyat ini yang selalu melakukan hal yang sesuai dengan kemauannya sendiri.
  2. Adanya pengaruh dari poltik dan sosial yang mempunyai keinginan sebuah persamaan hak.
  3. Adanya keinginan guna menghadirkan perkembangan dan solusi yang mereka inginkan adalah terbentuknya demokrasi.

Kemudian adapun mengenai seorang pelopor yang sudah memperjuangkan akan lahirnya demokrasi yaitu John Locke, J.J Rousseau dan Montesquieu. Ternyata pada perkembangan selanjutnya, demokrasi semakin banyak dibutuhkan menjadi sebuah sistem pemerintahan dari berbagai negara di dunia karena alasannya demokrasi sukses menyentuh ruang-ruang akan kefitrahan manusia sehingga sistem ini bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.

Demokrasi memberikan sebuah kesempatan di dalam melakukan perubahan, agar selalu bisa menjawab akan persoalan yang ada di masyarakat dan perubahan akan terus dialami bersamaan dengan berjalannya waktu.

Budaya demokrasi adalah sebuah penerapan dari adanya nilai-nilai demokrasi yang sudah terbentuk jaminan bahwa perubahan yang ada didalam demokrasi terap akan mengarah terhadap tujuan dalam mewujudkan akan masyarakat juga negara yang demokratis.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli
lutfichakim.com

Pengertian demokrasi secara umum ialah sebuah rangkaian sistem yang ada dalam pemerintahan dengan melibatkan rakyat dalam sistem kepemerintahannya. Meski seperti itu, ternyata pengertian demokrasi memiliki banyak tafsiran menurut para ahli akan demokrasi.

Nah berikut beberapa pengertian demokrasi menurut para ahli:

  1. Pengertian demokrasi menurut Abraham Lincoln demokrasi merupakan sebuah rangkaian sistem yang memosisikan pemerintahan itu asalnya dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
  2. Pengertian demokrasi menurut Hans Kelsen. Demokrasi merupakan sebuah sistem pemerintah yang mana disetiap keputusan yang diambil pemerintah dengan langsung ataupun tidak langsung itu atas dasar hasil dari kesepakatan kebanyakan orang yang sudah dipilih oleh rakyat untuk menjadi wakil rakkyat.
  3. Pengertian demokrasi menurut Sidney Hook. Demokrasi merupakan sebuah sistem pemerintahan yang mana disetiap keputusan yang diambil pemerintah dengan melalui cara langsung atau tidak langsung itu semua atas dasar hasil kesepakatan bersama yang diberikan dengan babas untuk rakyat dewasa.

Berdasarkan berbagai macam demokrasi yang ada di atas, maka kita bisa menyimpulkan ada beberapa ciri demokrasi yaitu sebegai berikut:

  1. Memiliki jaminan akan kekuasaan yang sudah disepakati bersama.
  2. Memiliki jaminan akan kemerdekaan pada setiap warga negara untuk bisa beroprasi dan berkumpul.
  3. Memiliki akan jaminan HAM
  4. Memiliki kekuasaan atas pemerintahan yang sudah dikendalikan oleh rakyat dengan adanya utusan-utusan yang sudah dipilih oleh rakyat.
  5. Memiliki persamaan atas kedudukan dan jugaperlakian kepada semua warga negara yang ada pada hukum.

Kemudian adapun prinsip-prinsip yang terdapat pada demokrasi yang harus kita pelajari adalah sebagai berikut:

  1. Adanya jaminan HAM
  2. Adanya persamaan ketika dihadapan hukum
  3. Aturan atau konstitusi akan membatasi kekuasaan yang ada pada pemerintah.
  4. munculnya kebebasan pers
  5. Kebebasan dalam melontarkan pendapat
  6. Munculnya pemilu yang jujur, adil dan sesuai dengan aspirasi rakyat
  7. peradilan yang dilakukan dengan jujur dan adil juga tidak ada keberpihakan kemanapun.

Demikianlah informasi mengenai pengertian demokrasi menurut dari para ahlinya, semoga informasi tentang pengertian demokrasi dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan wawasan mengenai pengertian demokrasi

Tinggalkan komentar