Pengertian Demokrasi Pancasila Menurut Para Ahli dan Ciri-cirinya

Pengertian demokrasi pancasila pada umumnya adalah suatu pengetahuan demokrasi yang mengambil sebuah sumber dari falsafah hidup atau pandangan hidup warga Indonesia yang digali berdasarkan kepribadian masyarakat Indonesia itu sendiri. Dari falsafah hidup itu, kemudian bakal muncul menjadi dasar falsafah negara yang dikenal dengan pancasila yang tertera, tercermin dan terkandung dalam pembukaan UUD 1945.

Pengertian Demokrasi Pancasila Menurut Para Ahli

Pengertian Demokrasi Pancasila
tommysyatriadi.blogspot.com
  • Pengertian pancasila menurut Prof. Dardji Darmo Diharjo ialah paham demorasi atas dasar sumber dari filsafah dan kepribadian hidup warga Indonesia, yang penerapannya seperti apa yang ada pada ketentuan-ketentuan pembukaan Undang-undang Dasar 1945.
  • Pengertian pancasila menurut GBHN di thn 1978 dan 1983 ialah pembangunan politik yang diarahkan dengan tujuan lebih memantapkan perwujudan sebuah demokrasi pancasila. Dalam rangka guna memantapkan stabilitas politik yang dinamis dan juga pelaksanaan sebuah mekanisme pancasila, maka dari itu dibutuhkan pemantapan dalam kehidupan konstitusional, kehidupan demokrasi dan juga tegaknya hukum.
  • Pengertian demokrasi pancasila menurut Kansil yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan, yaitu kalimat yang terangkai pada sila ke-4 dari sebuah dasar negara yaitu pancasila dan yang tertulis dalam alinea ke-4 pada pembukaan Undang-undang Dasar 1945.
  • Pengertian pancasila menurut Profesor Notonegoro ialah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah dalam permusyawaratan/perwakilan yang atas dasar ketuhanan Yang Maha Esa, berkemanusiaan yang adail dan beradab, juga mempersatukan bangsa Indonesia dan berkeadilan sosial untuk seluruh rakyat Indonesia.
  • Pengertian pancasila menurut Ensiklopedia Indonesia ialah meliputi bidang-bidang politik, ekonomi dan sosial dan juga dalam penyelesaian akan masalah nasional yang sejauh mungkn berusaha untuk mendapatkan kata mufakat.

Ciri-Ciri Demokrasi Pancasila

Pengertian Demokrasi Pancasila
pengertian-isp.blogspot.com

Prinsip yang terdapat terhadap demokrasi pancasila sedikit beda dengan sebuah prinsip demokrasi secara umumnya. Ciri-cirinya ialah sebagai berikut:

  • Pemerintah berjalan sesuai dengan konstitusi
  • Adanya pemilu dengan cara terus menerus
  • Adanya sebuah penghargaan atas sebuah hak asasi manusia (HAM) dan juga perlindungan hak minoritas
  • Merupakan wujud kompetisi dari berbagai ide dan cara dalam menyelesaikan masalah
  • ide yang peling baik akan diterima daripada suara terbanyak.

Tinggalkan komentar