in

Pengertian, Ciri-Ciri, Macam-macam dan Prinsip Demokrasi

miung.com

PENGERTIAN DEMOKRASI – Demokrasi berasal dari bahasa Yunani yang diambil dari kata Demokratia yang berarti “kekuasaan rakyat”. Demokratia sendiri terdiri dari dua kata yakni demos yang mempunyai arti “rakyat” dan kratos yang mempunyai arti “kekuasaan atau kekuatan”.

Demokrasi mencakup kondisi budaya, ekonomi dan sosial yang memungkinkan dalam terjadinya praktik kebebasan politik baik secara bebas ataupun setara.

Secara umum pengertian demokrasi adalah bentuk pemerintahan yang setiap warga negara mempunyai hak yang setara dalam pengambilan suatu keputusan yang akan memberikan efek dalam kehidupan mereka. Demokrasi juga bisa diartikan sebagai bentuk kekuasaan tertinggi berada ditangan rakyat.

Dalam demokrasi, warga negara bisa diizinkan untuk berpartisipasi aktif secara langsung atau juga melalui perwakilan dalam melakukan perumusan, pengembangan serta pembuatan hukum.

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini kita sajikan paparan singkat mengenai seluk beluk sistem demokrasi. Semoga bermanfaat.

 

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

slideplayer.info
slideplayer.info

Beikut ini beberapa pengertian demokrasi menurut para ahli.

  1. Pengertian demokrasi menurut Abraham Linclon adalah sistem pemerintahan yang dibuat dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
  2. Pengertian demokrasi menurut Charles Costello adalah sistem sosial serta politik pemerintahan diri dengan kekuasaan pemerintah yang dibatasi oleh hukum serta kebiasaan untuk melindungi setiap hak perorangan warga negara.
  3. Pengertian demokrasi menurut Hans Kelsen adalah pemerintahan yang dilakukan oleh rakyat dan untuk rakyat. Adapun yang melakukan kekuasaan negara adalah wakil-wakil rakyat yang sudah terpilih. Rakyat sendiri sudah yakin, bahwa segala kepentingannya akan diperhatikan di dalam aturan yang dibuat oleh wakil-wakil rakyatnya dalam pelaksanaan kekuasaan negara.

Macam-macam Demokrasi

rondasiang.wordpress.com
rondasiang.wordpress.com

Demokrasi terbagi ke dalam beberapa macam, antara lain sebagai berikut.

a. Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Fokus Perhatiannya

  1. Demokrasi formal : Demokrasi yang berfokus di bidang politik tanpa mengurangi sedikitpun kesenjangan ekonomi.
  2. Demokrasi Material : Demokrasi yang berfokus di bidang ekonomi tanpa mengurangi sedikitpun kesenjangan politik.
  3.  Demokrasi Gabungan : Demokrasi ini gabungan dari demokrasi formal dan demokrasi material.

b. Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Penyaluran Kehendak Rakyat

  1. Demokrasi Langsung (Direct Democracy): Demokrasi yang secara langsung melibatkan rakyat untuk pengambilan keputusan terhadap suatu negara. Contohnya seperti pemilu.
  2. Demokrasi Tidak Langsung (Indirect Democracy): Demokrasi yang tidak secara langsung melibatkan seluruh rakyat suatu negara dalam pengambilan suatu keputusan. Contohnya seperti suatu keputusan yang dilakukan oleh wakil-wakil rakyat (DPR, DPD, DPRD)

Ciri-ciri Demokrasi

panmohamadfaiz.com
panmohamadfaiz.com

Ciri-ciri suatu negara yang memakai sistem demokrasi adalah sebagai berikut.

  1. Segala keputusan yang dilakukan pemerintah berdasarkan kehendak dan kepentingan rakyat.
  2. Memiliki ciri kontitusional, yakni mengenai kehendak, kekuasaan atau kepentingan rakyat yang dituliskan dalam suatu undang-undang negera.
  3. Memiliki ciri perwakilan, yakni ketika mengatur segala urusan negera, kedaulatan dan kekuasaan rakyat sudah diwakilkan kepada beberapa orang yang sebelumnya sudah dipilih oleh rakyat itu sendiri.
  4. Ciri pemilihan umum, yakni segala kegiatan politik dilakukan untuk memilih pihak yang akan menjalankan pemerintahan.
  5. Ciri kepartaian, yakni partai menjadi suatu media atau sarana sebagai bagian pelaksanaan sistem demokrasi.

Prinsip demokrasi

tifafoundation.org
tifafoundation.org

Prinsip umum sistem demokrasi antara lain sebagai berikut.

  1. Kebebasan diakui dan diterima oleh warga negara.
  2. Keterlibatan warga negara mengenai pembuatan keputusan politik .
  3. Kesamaan diantara setiap warga negara,
  4. Setiap warga negara mempunyai kesamaan dan kesetaraan dalam hak praktik politik.

Kelebihan dan Kekurangan Demokrasi

demokrasimati.wordpress.com
demokrasimati.wordpress.com

Kelebihan atau Keuntungan Sistem Demokrasi

  1. Kesetaraan hak membuat setiap masyarakat dapat ikut serta dalam sistem politik .
  2. Pemegang kekuasaan dipilih menurut suara dan keinginan rakyat.
  3. Mencegah terjadinya monopoli kekuasaan.

Kelemahan atau Kekurangan Demokrasi

  1. Kepercayaan rakyat bisa dengan mudah digoyangkan melalui pengaruh-pengaruh negatif. Contohnya media yang tidak netral dalam menyampaikan informasi.
  2. Kesetaraan hak dianggap tidak adil karena menurut para ahli, setiap orang mempunyai pengetahuan politik yang tidak sama.
  3. Konsentrasi pemerintah yang sedang menjabat akan berkurang ketika mendekati pemilihan umum berikutnya.

Demikian penjelasan singkat mengenai sistem demokrasi. Semoga bisa menjadi wawasan baru untuk kamu ya. Sekian dan terima kasih.

Membangun Demokrasi

membangun-demokrasi
www.dakwatuna.com

Dalam membangun demokrasi, negara Indonesia telah melewati masa transisi dari demokrasi semu (masa orde baru) ke demokrasi yang sesungguhnya. Dalam dekade terakhir negara ini banyak mengalami kemajuan dalam berdemokrasi.

Para pimpinan lembaga negara sepakat bahwa kunci sukses membangun demokrasi Indonesia adalah dengan memperkuat empat pilar kebangsaan,  yaitu:

  1. Pancasila
  2. UUD 1945
  3. NKRI
  4. Bhinneka Tunggal Ika.

Empat pilar tersebut merupakan pondasi negara ini. Perjuangan gigih dari founding father (Bapak pendiri) bangsa ini telah dicetuskan untuk membangun demokrasi. Dengan memperkuat empat pilar tersebut diharapkan agar para Pimpinan Lembaga Negara dapat mengatasi dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh bangsa ini.

Kita tentu mengharapkan kesemuanya dapat berjalan seimbang sehingga tercipta suasana yang harmonis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peraturan sebagus apapun kalau tidak ditaati dan dipatuhi, maka ia tetap tidak akan sempurna. Sedangkan peraturan yang sederhana tetapi ditaati dan dipatuhi, maka ia akan menjadi peraturan yang sempurna dan membawa kemaslahatan.

Negara sangat dibutuhkan untuk menciptakan pemerintahan yang bersih. Dengan memahami dan melaksanakan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang terangkum dalam empat pilar kebangsaan. Maka cukup dengan empat pilar tersebut bila semuanya menjalankan dengan baik dan tulus, maka dapat dipastikan Indonesia akan menjadi negara besar dan berdaulat penuh.

Dari banyaknya negara demokrasi modern saat ini, seluruh rakyatnya masih merupakan satu kekuasaan yang berdaulat namun kekuasaan politiknya dijalankan secara tidak langsung melalui perwakilan (DPR), hal ini yang disebut dengan demokrasi perwakilan. Konsep demokrasi perwakilan muncul dari ide-ide dan institusi yang berkembang pada abad pertengahan Eropa, era pencerahan (renaissance), dan revolusi Perancis dan Amerika Serikat.

Penyalahgunaan Demokrasi

 

bendera duit
politico.com

Demokrasi adalah suatu sistem yang ada dalam pemertintahan yang mana setiap warga negaranya memiliki hak dan kesempatan yang sama. Demokrasi tidak mengenal suku bangsa, tidak mengenal juga jenis kelamin dan tidak mengenal tentang golongan atau status sosial. Karena demokrasi berarti dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat.

Dalam sistem demokrasi rakyatlah sebagai pelaku utama yang menjadi penentu sebuah keputusan, tidak ada sebuah keputusan yang bisa diambil oleh pihak pemerintahan tanpa melibatkan campur tangan suara dari rakyat.

Demokrasi berasal dari bahasa yunani Demokratia ” kekuasaan rakyat” demokratia itu terdiri dari dua kata yaitu demos (rakyat ) dan kratos ( kekuasaan). Tujuan dari demokarasi itu sendiri adalah untuk membangun kedaulatan negara kepada rakyat dengan tujuan menghasilkan pemerintahan yang sah dan dikehendaki oleh mayoritas masyarakat.

Amerika adalah negara yang katanya paling demokrasi yang ada di dunia, dengan sistem tersebut pemerintahan Amerika Serikat menjadi negara dengan tingkat kebebasan yang tertinggi dalam hal apapun. Sebagai contohnya lihat saja kehidupan Amerika baik itu dari segi ekomoni, sosial, termasuk budaya yang ada di Amerika.

Dengan modal demokrasi yang telah sukses di dalam pemerintahannya. Amerika Serikat menyebarkan paham paham tersebut ke berbagai negara yang ada di seluruh penjuru dunia.

Ada yang berhasil mengadopsi sistem pemerintahan tersebut ada juga yang tidak berhasil atau malah tidak cocok untuk diterapkan pada  suatu negara.

Tidak ketinggalan dengan negara kita Indonesia pun telah lama menerapkan sistem pemerintahan yang terlihat seperti menuhankan rakyat ini. Apakah Indonesia berhasil menerapkan Demokrasi?  Sejauh ini terlihat berhasil secara sistem namun secara penerapan nya masihlah jauh dari kata dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat.

Kita ambil contoh penerapan demokrasi yang paling terlihat adalah pada saat pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah. Peristiwa itu lebih di kenal sebagai pesta demokrasi dalam rangka menentukan pemimpin yang akan memimpin negara atau kepala daerah.

Pada proses terjadinya pesta demokrasi tersebut banyak ditemukan berbagai macam penyelewengan-penyelewengan yang menjadi bukti bahwa sistem demokrasi sangatlah buruk untuk diterapkan.

Berikut beberapa penyelewengan yang sering terjadi pada Pesta Demokrasi yang ada di Indonesia.

Money Politik

Hal ini menjadi sebuah tradisi baru yang akan terus berlanjut mengiringi proses demokrasi dalam rangka menentukan pilihan terhadap calon calon pemimpin. Dengan memanfaatkan kondisi masyarakat yang kekurangan maka dengan mudah para orang yang mempunyai kepentingan terhadap seorang calon pemimpin akan memberikan sejumlah uang atau bahan pokok sebagai media untuk menukar atau membeli suara dari rakyat tersebut.

Intimidasi

Ini merupakan cara yang sangat berbahaya untuk dilakukan. Sebagai contoh terdapat beberapa oknum dari salah satu pihak calon pemimpin yang melakukan intimidasi terhadap warga agar menyerahkan suaranya untuk calon tersebut. Hal ini sangatlah tidak sesuai dengan peraturan pelaksaan pemilu.

Pendahuluan Saat Kampanye

Meskipun sudah dijelaskan dalam aturan proses pemilihan umum tentang berbagai aturan yang menyangkut proses pemilu berupa kampanya tapi hal ini termasuk penyelewengan demokrasi yang sering dilakukan. Berbaga cara ditempuh seperti pemasangan baliho, selebaran dan spanduk. Sering terjadi juga para bakal calon pemimpin mencuri start degan melakukan kunjungan ke berbagai daerah.

Kampanye Negatif

Kampanye negatif ini bisa timbul karena kurangnya sosialisasi bakal calon terhadap masyarakat. Hal ini disebabkan sebagian masyarakat masih sangat kurang terhadap pentingnya media informasi. Jadi mereka hanya “manut” dengan orang yang disekitar mereka yang merupakan panutannya. Kampanye negatif ini dapat mengarah dengan adanya fitnah yang dapat menghancurkan integritas dari daerah tersebut.  Selain itu juga terdapat isu-isu dengan tujuan menjatuhkan salah satu lawan politiknya.

Negara-negara Penganut Demokrasi

Negara penganut demokrasi
aljazeera.com

Demokrasi dapat diartikan sebagai bentuk sistem pemerintahan “dari rakyat, oleh rakyat dan juga untuk rakyat”.

Saat dulu, saat sistem pemerintahan begitu menyusahkan untuk semua rakyat, dimana rakyat tidak terlalu di perhitungkan sebagai pendukung sistem pemerintahan. Akan tetapi saat ini sejarah telah menuliskan bahwa demokrasi adalah sistem politik yang terbanyak penggunaannya di negara seluruh dunia karena memang sistem demokrasi merupakan sistem yang adil dan transparant. Sudah semakin banyak negara yang merubah sistem pemerintahan menjadi sistem demokrasi.

Indonesia sendiri merupakan negara yang menganut sistem demokrasi yang terbesar ke-3 di dunia. Hal ini karena demokrasi di hitung dari banyaknya rakyat yang dimiliki oleh suatu negara. Berikut ini kita akan merangkum negara-negara dengan sistem demokrasi terbesar di dunia:

  • India

India merupakan negara dengan sistem demokrasi yang mana populasi pendidiknya terbesar ke-2 di dunia, yang membuatnya menjadi negara demokrasi terbesar di dunia. Di India sendiri menggunakan sistem demokrasi liberal. Pemilihan umum terakhir di negara India pada tahun 2014 yang lalu, bisa kita bayangkan bagaimana suasana pemilu di negara dengan jumlah penduduk yang sangat banyak ini, akan tetapi pemilihan di India sangat aman dan berjalan lancar, sistem yang digunakan sangat efisien.

  • Amerika Serikat

Negara yang sering di sebut dengan Paman Sam ini merupakan negara yang menganut demokrasi tertua dan juga paling berpengalaman. Demokrasi yang berjalan di Amerika sampai saat ini sangat baik dan telah menjadikannya sebagai negara adikuasa, selain itu negara ini juga menjadi negara paling berpengaruh di dunia untuk saat ini. Jumlah pemilu di Amerika Serikat hingga mencapai lebih dari 250 juta jiwa, begitu besar antusias warga Amerika Serikat ini.

  • Indonesia

Negara kita Indonesia, semakin sukses saja di dalam melaksanakan pemilunya, terbukti pada pemilu terakhir di Indonesia berjalan dengan sangat aman, tertin dan juga lancar. Meskipun belum sepenuhnya bisa kita bilang bagus jika dibandingkan dengan negara India kita masih kalah di dalam sistem yang effisien. Akan tetapi di dalam pergerakan politik, setiap harinya semakin membaik. Jumlah suara dalam pemilu di tahun 2014 mencapai lebih dari 190 juta jiwa. Dan akan di perkirakan untuk pemilihan berikutnya jumlah suara akan terus meningkat mengingat banyaknya remaja yang sudah cukup umur.

  • Brazil

Negara Brazil merupakan negara yang paling besar dan penduduknya paling banyak di kawasa Amerika Selatan. Brazil mempunyai populasi penduduk hingga 200 juta jiwa dengan hak suara pemilu sampai dengan 140 juta jiwa. Di Brazil sendiri pemilihan umum dilaksanakan 4 tahun sekali, berbeda dengan di Indonesia yang pemilihannya di lakukan 5 tahun sekali.

  • Pakistan

Pakistan merupakan negara islam dengan populasi terbanyak nomor 2 di dunia setelah negara kita, negara Indonesia. Pakistan menjadi negara dengan sistem demokrasi terbesar ke 5 di dunia. Pada dasarnya negara ini mempunyai bentuk pemerintahan Republik Islam, akan tetapik di dalam pemilihannya pemerintah tetap menggunakan sistem demokrasi melalui pemilihan umum.

  • Nigeria

Nigeria merupakan negara yang terletak di benya Afrika bagian barat, Nigeria adalah negara di Afrika yang mempunyai populasi pendidik paling banyak. Negara ini sendiri mempunyai bentuk pemerintahan Republik Federal. Nigeria baru saja melaksanakan pemilihan umum terakhir pada tahun 2015 kemarin. Dimana pemilihan di Nigeria dilaksanakan bersamaan denga pemilihan presidan dan parleman dalam pemerintahan.

Contoh- contoh Penerapan/ pelaksanaan Demokrasi 

Contoh- contoh Penerapan/ pelaksanaan Demokrasi di Keluarga

Pelaksanaan demokrasi tidak hanya bisa digunakan didalam kegiatan bernegara saja akan tetapi demokrasi juga dapat digunakan didalam sebuah organisasi-organisasi contohnya di lingkungan keluarga, di lingkungan sekolah ataupun di lingkungan masyarakat. Penerapan atau Pelaksanaan budaya demokrasi dalam lingkungan keluarga disesuaikan dengan kebiasaan dan kesepakatan dari keluarga yang bersangkutan, contohnya :

  • Semua anggota keluarga berlaku adil tanpa pilih kasih
  • Semua anggota keluarga berhak diberikan kesempatan untuk memberikan saran dan kritik demi ketentraman dan kesejahteraan keluarga
  • Setiap anggota keluarga mengerjakan tugas rumah sesuai dengan perannya dalam keluarga
  • Setiap anggota keluarga saling menghormati dan menyayangi satu sama lain tanpa pilih kali
  • Melaksanakan rapat keluarga apabila diperlukan
  • Memahami setiap tugas dan kewajiban masing-masing
  • Menempatkan Ayah sebagai kepala keluarga
  • Menempatkan setiap anggota keluarga sesuai dengan kedudukannya
  • Memecahkan dan mengatasi permasalahan dengan jalan musyawarah dan mufakat.
  • Setiap masing-masing anggota keluarga saling menghargai perbedaan pendapat
  • Mendahulukan kepentingan keluarga (bersama) daripada kepentingan pribadi.        

Contoh-contoh Penerapan/pelaksanaan Demokrasi di Sekolah

demokrasi kemasyarakatan indonesia
2.bp.blogspot.com

Selain dilingkungan kecil seperti keluarga demokrasi juga bisa diterapkan dalam kegiatan di sekolah. Sebagai contoh :

  • Pemilihan organisasi di kelas dan di sekolah  dengan cara musyawarah
  • Pembagian tugas-tugas piket yang adil dan merata
  • Pelaksanaan upacara secara bergantian
  • Menghadiri acara-acara yang diadakan oleh sekolah
  • Komunikasi dan Interaksi yang lancar diantara guru dan siswa, serta orang di lingkungan sekolah.
  • Ikut berpartispasi dalam OSIS atau acara-acara yang diadakan OSIS
  • Ikut serta didalam kegiatan pemilihan ketua OSIS, ketua kelas, ataupun kegiatan yang lain yang sejenis.
  • Memberikan saran dan usul serta pesan kepada pihak sekolah agar dapat lebih maju dan berkembang.
  • Menulis sebuah artikel dan pendapat atau opini di majalah dinding yang ada di sekolah
  • Membayar SPP atau iuran wajib sekolah.
  • Hadir disekolah tepat waktu
  • Saling menghargai pendapat orang lain.

Contoh-contoh Penerapan/pelaksanaan Demokrasi di Masyarakat

bp.blogspot.com
bp.blogspot.com

Selain demokrasi dapat diterapkan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah, Demokrasi juga dapat dipakai di kehidupan bermasyarakat.

Contoh penerapan dalam kehidupan masyarakat antara lain :

  • Bersama-sama untuk saling menjaga kedamaian di lingungan masyarakat.
  • Pemilihan organisasi masyarakat melalui musyawarah
  • Berusaha mengatasi masalah yang timbul dengan pemikiran yang jernih.
  • Mengikuti kegiatan yang diadakan oleh masyarakat
  • Mengikuti kegiatan kerja bakti yang diadakan di lingkungan masyarakat
  • Bersama-sama memberikan usulan demi kemajuan masyarakat.
  • Saling tenggang rasa sesama warga
  • Menghargai pendapat orang lain
  • Memberi usulan dan juga kritikan, serta saran untuk kesejahteraan bersama
  • Mengimplikasikan dana untuk desa dengan cara yang benar
  • Ikut berpartisipasi didalam iuran masyarakat
  • Memecahkan masalah yang ada dengan cara musyawarah dan mufakat

Demokrasi Indonesia di Era Digital

pemilihan umum demokrasi
theatlantic.com

Indonesia telah menganut sistem demokrasi sejak merdeka sampai saat ini. Dimulai dari demokrasi terpimpinnya Soekarno, demokrasi pancasila yang digunakan Soeharto selama puluhan tahun menjabat menjadi presiden, hingga demokrasi ‘sesungguhnya’ yang mulai berjalan sejak rezim soeharto berakhir pada tahun 1998. Ditandai oleh diadakannya pemilu daerah maupun presiden yang dapat diikuti oleh rakyat secara serentak dan adil.

Perjalanan demokrasi di Indonesia yang begitu panjang tentu mengalami banyak cobaan. Namun kegigihan bangsa mampu melewati masalah-masalah demokrasi yang ada. Tak salah jika salah satu lembagai penelitian di Amerika bernama Freedom House mengumumkan bahwa Indonesia merupakan negara berkembang paling sukses dalam menjalankan sistem demokrasi.

Saat ini demokrasi Indonesia berjalan pada sebuah jaman baru, yaitu Era Digital. Era yang disebabkan oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat hampir dua dasawarsa ini. Tentu era digital ini mempengaruhi banyak bidang kehidupan, termasuk sistem demokrasi.

Menurut survey yang ditayangkan di Bloomberg TV Indonesia, menyatakan bahwa pengguna sosial media dan chatting platform di Indonesia, baik yang menggunakan Whatsapp, Line, Path, BBM, Instagram, Twitter, Facebook, dll mencapai 70 juta pengguna. Sangat besar bukan?

Pengguna internet atau yang disebut netizen ini dapat dengan mudah menerima informasi mengenai kinerja pemerintahan dan kebijakan-kebijakan pemerintah. Merekapun dengan mudah memberi masukan, kritikan bahkan hujatan tanpa filter apapun. Sekarang siapapun bisa berkomentar entah yang memang ahli dibidangnya maupun yang sama sekali tidak tahu apa-apa dan hanya ikut-ikutan saja.

Memang itulah salah satu dampak dari era digitalisasi, kebebasan. Tentu banyak juga dampak baiknya. Sebut saja beberapa instansi pemerintahan yang mulai aktif di media sosial seperti Twitter dan Youtube. Mereka memposting kegiatan, anggaran bahkan daftar belanja mereka. Tentu hal tersebut disambut hangat oleh masyarakat karena membuat semuanya lebih transparan.

Internet juga memiliki peran penting lainnya bagi badan pemerintahan, yaitu melalui dunia maya mereka bisa berkomunikasi dua arah dengan rakyat. Badan pemerintah mendapat masukan dari warga, sedangkan warga menjadi merasa lebih dekat dengan pemerintahan.

Saat ini sudah banyak akun media sosial dari badan-badan pemerintahan yang gaya bahasanya ‘muda’. Tentu hal ini menarik minat para pemuda-pemudi untuk mengikut perkembangan akun media sosial tersebut. Sangat berbeda pada era sebelum internet tersebar luas, dimana rakyat sama sekali ‘buta’ dengan kegiatan yang dilakukan pemerintah dan kesan pemerintahan yang kaku.

Tokoh politik pun sudah umum memanfaatkan media sosial untuk membangun branding diri. Tengok saja bagaimana hebohnya pilkada jakarta ketika Jokowi-Ahok maju sebagai calon pemimpin. Pemberitaan yang masif akan prestasi dan kesederhanaan beliau membulatkan hati ratusan ribu orang untuk berpartispasi dalam pemilu. Mulai dari seniman, musisi, aktor, pemuda, dll yang pada awalnya sangat antipati dengan yang namanya politik. Ya, sejak era digital dimulai, peningkatan pemuda dan pemudi yang menggunakan hak pilihnya meningkat sangat pesan. Tentu hal ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi sistem demokrasi di Indonesia.

Sebagai rakyat, sekarang kita mempunyai kekuatan yang tidak bisa dianggap remeh di dunia maya. Ada baiknya jika kita memanfaatkan kemudahan komunikasi ini dengan suatu tindakan yang baik. Seperti memberi saran dan masukan untuk pemerintahan agar lebih pro rakyat lagi, memberi kritikan bila kinerja pemerintahan sedang turun. Namun semua tetap harus dalam koridor kesopanan. Karena kita adalah manusia yang beradab, maka sampaikanlah perkataan maupun tulisan kita sebaik mungkin. Semoga demokrasi di Indonesia menuju ke arah yang semakin baik lagi kedepannya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

2 Comments

Leave a Reply
  1. menurut saya konsep demokrasi terpimpin kurang bagus karena hanya memfokuskan kekuasaan kepada satu orang saja, sehinga dapat menjadikan tindakannya sewenang-wenang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keindahan Pantai Pulau Pari indonesia

Pesona Keindahan Pulau Pari di Kepulauan Seribu

Si Dia Mengeluh Melulu? Jadilah Teman Curhat yang Baik Lewat 5 Langkah Ini