in

Sumber – Sumber dan Pengertian Devisa

Maxmanroe.com

PENGERTIAN DEVISA – Pada artikel kami kali ini akan membahas pengertian devisa. Pasti anda yang sedang membaca artikel ini sedang bertanya-tanya apa itu yang dimaksud dengan devisa. Nah!! langsung saja mari kita bahas pengertian devisa dibawah ini.

Penjelasan Devisa

Kompasiana.com

Devisa adalah seluruh barang yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah yang mencakup internasional. Adapun bentuk devisa atau pembayaran yang sah adalah mata uang seperti euro, dollar dan mata uang yang lainnya, selain mata uang emas, wesel dan lainnya bisa menjadi devisa.

Sumber-Sumber Devisa Pada Suatu Negara

Kompasiana.com

Devisa memiliki sumber-sumber dan setiap negara memiliki devisa yang berbeda-berbeda tapi ada beberapa sumber devisa yang sama salah satunya adalah.

Kegiatan Ekspor Barang

jatimurah.com

Bagi negara yang memakai sistem ekonomi yang terbuka seperti Indonesia, kegiatan ekspor ini adalah merupakan andalan yang paling bagus untuk mendapatkan devisa. Semakin banyak suatu negara men-ekspor barang maka pemasukan devisa negara itupun akan terus meningkat.

Menyelenggarakan Jasa-Jasa

Maxmanroe.com

Bagi negara yang memiliki sumber daya alam yang sangat sedikit, maka biasanya negara tersebut akan menyelenggarakan jasa-jasa untuk meninggkatkan devisa. Kegiatan tersebut bermacam-macam diantaranya adalah, bandar udara, jasa pengiriman barang ekspor dan impor dan lain-lainnya.

Pariwisata

indonesia.tripcanvas.co

Sumber devisa yang selanjutnya adalah lewat pariwisata yang didapatkan dari para turis yang datang dari mancanegara maupun turis yang domestik. Dengan seringnya para turis khususnya turis luar negeri yang sering berwisata ke negara tersebut maka devisa negara tersebut akan terus meningkat.

Pinjaman Luar Negeri

tunaikita.com

Pinjaman atau bantuan yang diberikan luar negeri adalah salah satu yang dapat menambah devisa negara, dan khusus negara-negara yang sedang berkembang. Negara-negara tersebut biasanya sangat bergantung kepada bantuan dari luar negeri. Pinjaman tersebut biasanya untuk inport barang.

Sekian penjelasan dari kamu semoga dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Jika ada saran anda bisa mengomentari nya dibawah ini. Jika anda ingin informasi yang lainnya anda bisa membaca artikel kami yang lainnya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kapak Persegi

Kumpulan Logo OSIS SMA, SMP, dan SD