Pengertian Diskusi | Unsur & Berbagai Macam Diskusi

PENGERTIAN DISKUSIĀ – ialah salah satu wujud atau macam kegiatan (aktivitas) bicara dengan adanya pertukaran pikiran, gagasan, yang mana diskusi ini terdiri dari dua orang atau lebih dari dua orang secara lisan untuk mencari sebuah kesepakatan atau kepahaman gagasan atau pendapat.

Dengan berdiskusi bisa memperluas jangkauan, pengetahuan dan banyak pengalaman-pengalaman lainnya yang belum kita ketahui.

Sudahkah diantara kalian yang sudah memahami tentang pengertian diskusi? Jikalau diantara kalian belum ada yang begitu memahami dan mengerti tentang pengertian diskusi, maka satujam akan membuatkan artikel tentang pembahasannya yang bisa kalian baca dan kalian pahami tentang pengertian diskusi.

Yuk, langsung saja simak tulisan yang telah tertulis dibawah ini. Selamat membaca!

Penjelasan Diskusi

pengertian diskusi
informasibelajar.com

Diskusi dengan mencantumkan beberapa jiwa didalamnya, yang mana diskusi ini membutuhkan seorang pemimpin atau atau Leader yang bisa dikatan sebagai ketua diskusi. Tugas dari seorang ketua diskusi ialah untuk membuka diskusi dan menutup diskusi, membuat para anggotanya untuk menyampaikan gagasan, mengatasi dan menengahi anggotanya yang sedang berdebat, dan

dengan melibatkan beberapa orang disebut diskusi kelompok dimana dalam diskusi tersebut dibutuhkan seorang pemimpin yang disebut dengan ketua diskusi.

Tugas dari ketua diskusi adalah untuk membuka dan menutup diskusi, membangkitkan minat para anggota untuk menyampaikan gagasan, menengahi anggota yang berdebat, serta menyatakan kesimpulan dari hasil diskusi dengan semua anggotanya.

Pengertian Diskusi

pengertian diskusi
lembahilmu.com

Kata diskusi ini berasal dari kata latin, yang mana diskusi menurut kata lain itu adalah discutio yang mana artinya adalah saling bertukar pikiran satu sama lain. Akan tetapi, tidak semua metode yang memakai prinsip seperti pertukaran pikiran atau bisa disebut dengan sebuah diskusi seseorang.

Metode pertukaran pikiran ini bisa disebutkan dengan sebutan diskusi, didalam diskusi ini ada proses-proses perjalanannya dan ada juga sebuah hasil yang bisa digapai. Maka dari itu, didalam sebuah diskusi ini sangat membutuhkan sekali topik pembicaraan yang berguna untuk dijadikan sebagai bahan diskusian.

Unsur-Unsur Diskusi

pengertian diskusi
weblogask.blogspot.co.id

Diskusi ini memiliki Unsur-unsur diskusi yang mana unsur diskusi ini merupakan sebagai perangkat yang diperlukan untuk membantu pelaksanaannya suatu proses diskusi ketika diskusi sedang dimulai. Unsur-unsur diskusi tersebut ialah:

1. Moderator

Moderator adalah orang yang memiliki tugas untuk memimpin proses jalannya sebuah diskusi. Maka dari itu seorang moderator juga kerap disebut-sebut sebagai pempimpin atau ketua diskusi. Selain dijadikan sebagai pemimpin, moderator juga diharuskan menjadi penengah untuk para anggota diskusi yang sedang berdebat di dalam proses diskusi tersebut.

Maka dari itu, moderator ini ialah merupakan salah satu unsur-unsur yang begitu pentingnya di dalam sebuah diskusi.

2. Narasumber

Narasumber atau panelis ialah merupakan seorang yang memiliki tugas untuk mengasihi materi di dalam sebuah diskusi. Narasumber atau panelis dapat terdiri dari satu orang atau lebih dari satu orang.

Tugas dari seorang narasumber ini selain mengasihi materi kepada permasalahan diskusi, narasumber juga mempunyai tugas untuk membeberkan beberapa pilihan pemecah permasalahan tersebut, supaya para anggota diskusi bisa memahami arti sesunggunya tentang masalah yang diangkat.

Kemudian, narasumber juga harus siap untuk menjawab sebuah pertanyaan-pertanyan dari para peserta atau anggota diskusi yang melontarkan pertanyaan kepada narasumber.

3. Notulen

Notulen atau juga kerap dikatakan dengan notulis, yang mana notulis ini merupakan orang yang memiliki tugas untuk mencatat dengan keseluruhan jalannya diskusi dari awal dimulai hingga akhir. Seorang notulen selain ditugaskan untuk menulis sebuah jalannya diskusi, notulen juga harus bisa dan terampil dalam memahami informasi yang dikeluarkan oleh anggota diskusi, baik itu pertanyaan, sanggahan, ataupun pernyataan.

Tugas lain dari seorang notulen adalah haru bisa membuat hasil atau ringkasan dari diskusi yang telah dijalankan.

4. Peserta Diskusi

Anggota diskusi atau peserta diskusi ialah orang-orang yang ikut serta dalam sebuah diskusi. Anggota diskusi juga harus memperhatikan bagaimana tata tertib jalannya sebuah diskusi. Selain dari itu, seorang anggota diskusi juga dituntut untuk aktif dalam memberikan sebuah pikiran atau pendapat yang sangat berguna untuk pemecahan masalah yang ada didalam sebuah diskusi.

______________________________________

Baiklah teman-teman inilah postingan artikel yang membahas tentang pengertian diskusi dan dilengkapi oleh unsur-unsur lainnya. Terimakasih telah membaca, dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar