Pengertian Gempa Bumi dan Jenis-jenisnya

PENGERTIAN GEMPA BUMI – Gempa bumi adalah salah satu bencana alam yang cukup sulit untuk diprediksi. Oleh karena itu, setiap orang harus mampu melakukan tindakan yang tepat ketika gempa bumi terjadi. Mari kita bahasa terlebih dahulu pengertian gempa bumi itu sendiri.

Pengertian Gempa Bumi

sumber: cnn.com

Gempa bumi adalah terjadinya pergerakan atau pergeseran lapisan pada lempengan bumi yang berada di dasar. Atau bisa juga didefinisikan dengan getaran atau goncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan lempengan bumi yang berasal baik dari dasar atau dari bawah permukaan bumi dan bisa juga terjadi karena adanya letusan gunung api.

Jenis-jenis Gempa Bumi

sumber: bordermail.co.au

Berdasarkan dari faktor penyebabnya, gempa bumi dapat dibedakan menjadi gempa bumi tektonik, gempa vulkanik, gempa runtuhan / terban dan gempa buatan.

  1. Gempa bumi vulkanik (Gunung Api) adalah sebuah gempa bumi yang terjadi diakibatkan oleh adanya aktivitas magma gunung api yang tengah bergejolak. Fenomena ini biasanya terjadi sebelum gunung berapi meletus. Gempa ini juga terkadang digunakan sebagai indikator para penduduk di kaki gunung untuk segera mengungsi meninggalkan tempat tinggal mereka.
  2. Gempa bumi tektonik adalah Gempa yang diakibatkan dari aktivitas tektonik, yaitu pergeseran yang terjadi pada lempengan tektonik secara mendadak dengan kekuatan goncangan yang beranaragam. Sesuai dengan besar pergeseran, dan letak terjadinya pergeseran lempengan.
  3. Gempa bumi runtuhan adalah gempa bumi yang dijumpai di wilayah dengan letak geografis yang berkapur atau di wilayah tempat pertambangan. Gempa jenis ini jarang terjadi, dan apabila terjadi biasanya dalam kekuatan yang kecil.
  4. Gempa bumi buatan, siapa sangka bahwa ada orang yang menginginkan terjadinya gempa bumi. Hal ini memang benar adanya. Gempa bumi ini dilakukan oleh manusia dengan tujuan-tujuab tertentu, misalnya seperti getaran yang terjadi ketika memasang paku bumi, peledakan dinamit, dan berbagai macam ledakan buatan lainnya.

Demikianlah penjelasan kami tentang pengertian gempa bumi beserta jenis-jenis gempa bumi. Semoga dapat bermanfaat, dan menambahkan kita wawasan yang lebih luas. Apabila ada saran atau pertanyaan, silahkan tinggalkan di dalam kolom komentar di bawah ini. Wassalam.

Tinggalkan komentar